8

Apa??? Viewer Youtube bisa Menurun Drastis??? (0)

AfanZulkarnain January 26, 2021

Tulisan ke-44 Tahun 2021

Penulis : Moch Afan Zulkarnain

Seorang teman tiba-tiba menghubungi saya. Dengan nada yang sedikit kalut dia berkata bahwa viewer videonya di youtube tiba-tiba menurun tajam. Dari awalnya sekian viewer namun sekarang hanya beberapa saja. Saya awalnya tak percaya, tapi setelah saya cek kembali videonya, benar adanya. Video tersebut mengalami penurunan viewer.

Ada apa gerangan?

Saya mencoba bertanya kepada beberapa teman. Saya juga browsing informasi di internet. Mungkin saya mendapatkan jawaban atas hal aneh itu.

Ternyata, usut punya usut, Youtube memiliki suatu perubahan aturan mengenai sistem perhitungan videonya. Perubahan itu disinyalir disebabkan oleh sejumlah pengguna, baik artis , label, institusi ataupun pengguna lainnya, yang didapati melakukan suatu kecurangan. Kecurangan tersebut umumnya dilakukan dengan menggunakanΒ botΒ .

Apa itu bot?

Bot adalah sistem yang biasanya digunakan untuk meningkatkan jumlah penonton dalam sebuah video dengan sengaja dalam maksud mendapatkan angka view yang tinggi secara instan.

Dikutip dari Youtube Help, pihak Youtube ingin memastikan bahwa penonton video di sosial media tersebut adalah benar-benar manusia dan bukan program komputer.

Biasanya, ada beberapa pihak yang menawarkan hal ini kepada masyarakat. Pengguna cukup membayar uang sekian rupiah untuk mendapatkan jumlah viewer yang diinginkan. Biasanya , pihak tersebut menggunakan bot dalam meningkatkan jumlah viewer.

Pada kasus suatu video yang viewernya sekian ribu misalnya. Bisa jadi video tersebut tak benar-benar ditonton oleh manusia. Bisa jadi menggunakan program komputer. Sistem dari Youtube kemudian akan memilah-milah mana penonton yang sebenarnya dan mana yang menggunakan robot. Namun proses pemilahan itu membutuhkan waktu. Apabila video tersebut terindikasi menggunakan bot, maka sistem Youtube akan mengeliminasi viewer hingga menemukan jumlah viewer sebenarnya dari video itu.

Sehingga wajar bila suatu video bisa alami penurunan viewer secara tajam.

Youtube adalah media sosial yang memberikan benefit bagi penggunanya yang telah mengunggah video. Semakin sering video tersebut ditonton masyarakat, makin banyak pundi-pundi rupiah yang didapatkan pengguna. Sehingga ada beberapa pihak yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan banyak viewer karena tergiur akan benefit yang diberikan.

Tentu, Youtube tidak mau rugi. Mereka memiliki sistem untuk mensortir penonton yang real dan yang menggunakan bot. Hanya saja perlu waktu untuk mensortirnya.

Untuk kasus teman saya, ternyata dia tidak mengetahui tentang bot. Mungkin ada seseorang yang menggunakan bot untuk menaikkan viewer video tersebut tanpa sepengetahuan teman saya ini. Ya sudahlah, teman saya sudah ikhlas menerima. Saya juga bersyukur, karena cerita dari teman saya tadi, membuat saya sedikit mengerti tentang peraturan di youtube.

Well, Youtube adalah ruang yang terbuka lebar bagi siapapun untuk berkarya dan tentu mendulang rupiah. Mari membuat konten-konten video yang kreatif sehingga membuat orang-orang tertarik menontonnya. Upayakan tidak menggunakan cara instan dalam meraih viewer,ya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Comments (8)

  1. Alhamdulillah pak. Subsciber akun saya memenuhi syarat monetasi. hanya kurang di jam tayang. efek menghapus beberapa video yang sempat viral (karena di klaim videonya).
    Cukop banyak faktor berkurangnya view dan subs setau saya.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar