7

Apa Profesi Anda? Saya Mampu Melakukannya… (+6)

Fifin Agustin May 18, 2015

Saya adalah seorang Event Organizer, mulai dari merencanakan, menyusun jadwal, membuat alat peraga, dan evaluasi proses pengajaran, harian, mingguan, triwulan, bahkan tahunan. Dan saya akan selalu siap jika dibutuhkan untuk menjadi MC dadakan dalam setiap event apapun.

Assembly KK

Saya adalah Fotografer, mengambil foto-foto proses belajar yang berharga untuk kebutuhan evidence dan laporan portfolio siswa.

Saya adalah Model sekaligus Penari, jika ada event, saya ada di barisan paling depan mengajarkan siswa gerakan menari untuk perform akhir tahun ajaran.

saya penari

Saya adalah Aktris sekaligus Stand Up Komedian, dalam ekspresi apapun, dalam mood seperti apapun, dalam kondisi bagaimanapun, saya harus bisa membuat siswa belajar dengan riang gembira.

Saya adalah Petugas Keamanan, menjaga keamanan siswa merupakan tugas utama, saat mereka di dalam kelas, saat bermain di playground, bahkan saat mereka cuci tangan atau buang air kecil dan besar di toilet.

Saya adalah Atlet, mengajarkan siswa cara berjalan dengan seimbang, berlari tanpa terjatuh, melompat, melempar, menangkap, menendang, merangkak bahkan berenang.

saya atlet

 

Saya adalah Suster, memastikan siswa makan makanan sehat, cuci tangan setelah berkegiatan dan sebelum makan, mengolesi anti nyamuk, mengolesi trombopop ketika mereka jatuh, mengolesi minyak telon saat mereka muntah atau merasa kedinginan, memeriksa kondisi kuku dan gigi mereka.

Saya adalah Pengacara, siap memberikan pembelaan ketika mereka kurang mendapat keadilan, perhatian, bahkan jika mereka kurang stimulus dari keluarga terdekat mereka.

Saya adalah Teknisi, ketika komputer nge-hang, ketika speaker tidak menyala, atau bahkan ketika pintu kamar mandi tidak bisa ditutup atau dibuka…. Saya bisa lho, membuatnya normal kembali.

Saya adalah Sekretaris sekaligus Akuntan, mengelola semua administrasi yang sudah dievaluasi, yang sedang berjalan dan yang dibutuhkan, menyusun report, membuat planner, menyusun budgeting karyawisata atau kebutuhan pembelajaran, menyusun dan mencatat peminjaman dan pengembalian buku, fotokopi lembar tugas, laminating gambar untuk bahan ajar, dan lain-lain.

Saya adalah Arsitek dan Desainer, menciptakan media ajar dari berbagai alat dan bahan yang ada di sekitar, mendesain untuk memajang karya siswa di depan kelas, membuat dekorasi kelas, bahkan membuat kostum untuk siswa jika ada event sekolah.

saya perancang busana dekor once upon a time dekorasi kelas Kd.2 pick-up card

Saya adalah Tukang kebun sekaligus Duta Lingkungan Hidup, mengajarkan siswa menanam dan merawat tumbuhan di taman sekolah, memberi contoh kepada mereka untuk membuang sampah pada tempatnya, dan selalu menjaga lingkungan sekitar mereka.

Menanam Pohon 2 menanam pohon 1

Saya adalah Jurnalis, mencari informasi mendalam tentang bagaimana karakter siswa, salah satu caranya menanyai orang-orang terdekat di keluarganya untuk mencari tahu sosial-budaya mereka, kemudian menyusunnya ke dalam sebuah laporan. Saya pun selalu mencari informasi terkini tentang dunia pendidikan dan menulis untuk newspaper sekolah.

Saya adalah Office Girl, setiap hari selalu berusaha menjamin kebersihan kelas, mengecek perlengkapan dan ketersediaan alat tulis di kelas.

Saya adalah Penterjemah, menterjemahkan bahasa siswa yang masih sangat terbatas kosa-katanya, berusaha untuk memahami apa keinginan mereka.

Saya adalah Musisi, bermain alat musik, menyanyi, membuat lagu secara spontan untuk menciptakan lingkungan dan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan.

saya musisi 1

saya musisi 2

 

Saya adalah seorang Ibu, menggendong siswa ketika mereka menangis, menemani mereka buang air kecil, membersihkan popok dan celana jika mereka buang air besar, mengajarkan mereka tentang apa yang baik dan benar untuk dilakukan, memberi mereka dorongan untuk menjadi mandiri, mengelus dada dan punggung mereka ketika mereka bersedih, mengajak mereka bermain bola, menyiapkan tempat makannya, memberikan pujian ketika mereka melakukan hal hebat, dan memberitahu mereka konsekuensi ketika mereka melakukan kesalahan, bahkan menahan emosi ketika mereka terlalu bersemangat dan membuat saya pusing tujuh keliling.

Saya adalah seorang Guru, dan saya (dituntut untuk) mampu menjalankan semua profesi… karena saya adalah Guru.

 

Salam Edukasi,

 

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

Comments (7)

  1. Sepakat pbu Fifin
    Seperti tulisan Prof.Dr. Mohammad Fakry Gaffar,M.Ed dalam opininya tentang menghargai pengabdian para guru yaitu “Peranan guru sulit tergantikan oleh profesi manapun”.
    kalau yang pekerjaan lainnya guru bisa melakukan

    vote vote vote

  2. Luarrrr biasa bu Fifin agustin, anda sosok guru yang all round, semuanya bisa. Inilah sosok Guraru yang patut dijadikan inspirasi. Semoga selalu semangat dalam menjalankan semua “profesi” yang ibu jalani.

    Saya Vote.Vote.Vote buat ibu…

    Salam kenal dari saya dan jika berkenan silahkan mampir ke artikel saya

    1. Artikel pertama
    http://guraru.org/…/asyiknya-setengah-hari-menjadi-mahasis…/
    2. Artikel kedua
    http://guraru.org/gur…/dari-blogger-datanglah-guest-teacher/
    3. Artikel ketiga
    http://guraru.org/guru-berbagi/ayo-berkreasi-dengan-sampah/
    4. Artikel keempat
    http://guraru.org/guru-berbagi/who-wants-to-be-a-teacher/
    5. Artikel kelima
    http://guraru.org/…/belajar-sejarah-sambil-bermain-film-ke…/
    6. Artikel keenam
    http://guraru.org/…/pembelajaran-kolaboratif-di-situs-purb…/
    7. Artikel ketujuh
    http://guraru.org/…/belajar-sejarah-lebih-asyik-dengan-ber…/
    8. Artikel kedelapan
    http://guraru.org/…/menulislah-setiap-hari-dan-buktikan-ap…/
    9. Artikel kesembilan
    http://guraru.org/…/ternyata-koran-bekas-pun-bisa-jadi-med…/

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar