10

ANIMASI POWTOON BELAJAR BAHASA INGGRIS LEBIH MENYENANGKAN (+7)

Erika Ambarita, S.Pd,MM May 20, 2015

 

               Kedua video animasi pembelajaran bahasa Inggris  di atas adalah karya dua orang peserta didikku  yang berbeda yang sudah membuat siswa saya di SMA Negeri 96 Jakarta lebih bersemangat lagi dalam belajar bahasa Inggris yang tadinya merasa bahwa belajar bahasa Inggris sangat menegangkan dan menakutkan, apalagi gurunya saya, yang sangat tegas ( kata sebagian peserta didik ).
               Adalah impian setiap guru ingin menjadikan peserta didiknya berhasil dan berguna kelak apabila mereka sudah menyelesaikan pendidikan yang sudah diampuh selama 3 tahun. Pembelajaran bahasa Inggris yang konventional sangatlah membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan, sehingga dari tahun ke tahun begitu sangat sulit untuk bisa menguasai Bahasa Inggris.
               Sekolah tempat saya mengajar SMAN 96 Jakarta menggunakan kurikulum 2013, yang mana pembelajaran berpusat pada siswa dan bersifat scientifik serta berteknologi. Sangat menantang sekali bukan? Siapa takut teknologi?
               Saya mengajar pada kelas  10 MIA 1 hingga 10 MIA 3 rata-rata para peserta didik sudah banyak yang memiliki handphone yang canggih dan laptop atau netbook yang sering dipakai untuk presentasi pelajaran. Saya pun tidak ingin menyia-yiakan kesempatan atas fasiltas yang mereka miliki.
               Pada suatu waktu saya mengajak peserta didik ke ruangan Lab Komputer untuk belajar bahasa Inggris. Saya ingin belajar bahasa Inggris menggunakan teknologi. Kemudian di dalam kelas saya menyuruh mereka untuk membentuk kelompok belajar yang terdiri atas 4 atau 5 orang putra dan putri. Seperti gambar berikut ini :
 20150331_072038 20150331_07183820150331_07205920150331_072051(1)
                Saya menugaskan mereka untuk membuat animasi pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan animasi Powtoon dengan satu materi bebas , yang sudah pernah mereka pelajari selama semester dua. Karena kurikulum 2013 berbasis keilmuan atau scientifik , saya tidak memberikan petunjuk bagaimana menghasilkan karya animasi pembelajaran. Namun peserta didik tidak patah semangat, mereka berdiskusi dan saya memonitor kegiatan mereka. Mereka sangat asik sekali menemukan cara dan akhirnya menciptakan hasil karya animasi yang bagus, kreatif dan menarik. Diperlukan 4 kali pertemuan masing-masing 90 menit sehingga dapat menghasilkan animasi pembelajaran dari Powtoon. Tentunya mereka juga melanjutkan diskusi mereka diluar jam pelajaran agar dapat segera dihasilkan suatu karya animasi yang menarik.
                   Tibalah mereka harus mempresentasikan hasil diskusi tiap kelompok. Sebagai instruksi awal saya menyuruh peserta didik untuk mempersiapkan kertas penilaian yang gunanya adalah mereka akan memberi penilaian atas kelompok lain  atas tugas animasi yang dipresentasikan. Tentu saja saya tetap mengajak mereka ke ruang komputer. Seperti gambar berikut ini :
20150423_111009(1) 20150424_111332(1)20150423_110807(1) 20150424_095115
20150423_113704
                 Bagi kelompok yang mendapatkan nilai terbaik saya berikan hadiah yaitu berupa tiket nonton drama pelajaran Bahasa Indonesia yang tiketnya saya peroleh dari ibu Wiwi sebagai guru bahasa Indonesia. Dan ini adalah salah satu hasil tugas kelompok animasi Powtton yang cukup menarik dan menginspirasi yang dibuat oleh kelas 10 MIA 2.

                  Karena peserta didik sudah mengerti bagaimana membuat animasi pembelajaran menggunakan Powtoon yang dapat di akses dengan gratis di internet melalui situs powtoon.com, maka kemudian saya menyuruh setiap anak membuat tugas akhir sebagai project yaitu animasi dengan tema bebas sesuai kehendak sendiri. Dan kedua contoh video di atas adalah tugas pribadi dan masih banyak lagi karya siswa yang lainnya. Bagi siswa yang mengerjakan secara pribadi saya menyuruh siswa yang mendapat nilai terbaik untuk menjelaskan bagaimana membuat animasi pembelajaran menggunakan Powtoon. Dan mereka sangat antusias untuk menjadi narasumber menjelaskan hasil karya mereka dengan menggunakan bahasa Inggris.
                 Bila seoarang Guru sangat kreatif dan mau terus belajar, maka tidak ada kata menakutkan atas pelajaran Bahasa Inggris. Dan pelajaran Bahasa Inggris pun akhirnya menjadi pelajaran yang mereka sukai dan semoga bisa bermanfaat bagi kehidupan mereka kelak di masa yang akan datang.
 Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”
Be A good Teacher

Comments (10)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar