0

ANALISIS TEORI BEHAVIORISME DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 (0)

Elisa Kristiyanti April 26, 2021
Sumber Belajar (Buku)

Implementasi kurikulum dilengkapi dengan buku siswa dan pedoman guru yang disediakan oleh pemerintah. Strategi ini memberikan jaminan terhadap kualitas isi/bahan ajar dan penyajian buku serta bahan bagi pelatihan guru dalam keterampilan melakukan pembelajaran dan penilaian proses serta hasil belajar peserta didik. Sesuai dengan teori behavioristik yang menekankan pada penambahan pengetahuan, pembelajaran dalam Kurikulum 2013 mengikuti urutan kurikulum secara ketat, sehinga aktivitas belajar lebih banyak didasarkan pada isi buku teks / buku wajib. Buku kurikulum 2013 butuh penyempurnaan untuk menjadikan buku kurikulum 2013 menjadi bahan ajar yang berkualitas untuk pembelajaran berbasis kompetensi sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum 2013.

KESIMPULAN

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum terdahulu. Bangga dengan pemerintah yang terus mengembangkan kurikulum untuk kemajuan pendidikan, tidak ada yang salah dengan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memiliki banyak kemajuan dibanding kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 menggunakan dasar dari teori belajar behaviorisme dan teori belajar konstruktivisme. Beberapa bagian dari kurikulum 2013 sudah berdasarkan teori behavioristik, yaitu dengan adanya penilaian perilaku dalam KI 1 (spiritual) dan KI 2 (sosial), dan juga penilaian yang meliputi penilaian praktek, produk, proses dan pengamatan. Di lapangan banyak kekurangan yang didapatkan salah satunya adalah karena ketidaksiapan, kurikulum 2013 harus terus dievaluasi dan terus dibenahi dengan menetapkan pembelajaran yang relevan dengan kondisi yang dihadapi pada setiap masanya.

DAFTAR PUSTAKA

  • Amri, Sofan.2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.
  • Cahyo, Agus N. 2013. Paduan Aplikasi Teori – Teori Belajar Mengajar : Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta : DIVA Press.
  • Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT. Dian Rakyat.
  • Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan : Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta : AR – RUZZ MEDIA.

1 2 3 4 5

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar