0

ANALISIS TEORI BEHAVIORISME DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 (0)

Elisa Kristiyanti April 26, 2021

Ukuran perilaku merupakan ukuran – ukuran yang dijadikan sebagai patokan atau standar untuk mengukur perubahan perilaku peserta didik selama atau setelah mengikuti proses pembelajaran. Teori behaviorisme menekankan pada pengukuran, tetapi teori ini tidak menjelaskan bagaimana cara mengukur tingkah laku yang tidak dapat diamati. Kurikulum 2013 dilihat dari idealnya sangat baik, tetapi butuh kesiapan yang matang dalam implementasinya.

Evaluasi

Penilaian dalam kurikulum 2013 dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematik dan terprogram dengan menggunakan tes dan non-tes dalam bentuk tertulis atau lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri. Penilaian hasil pembelajaran menggunakan Standar Penilaian Pendidikan dan Panduan Penilaian Kelompok. Kurikulum 2013 memiliki tuntutan bahwa guru harus dapat merancang dan melaksanakan kegiatan evaluasi pembelajaran dengan berbagai teknik.

Tujuannya adalah agar evaluasi pembelajaran mencakup ketiga domain, yaitu domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Sistem penilaian pada kurikulum 2013 sudah mengacu pada behavioristik, dengan adanya berbagai jenis penilaian yang dapat mengukur perubahan perilaku siswa dan menggunakan beberapa metode yang dapat membuat siswa lebih aktif belajar. Evaluasi belajar dari peserta didik diukur pada hal – hal yang nyata dan dapat diamati, tetapi dalam kurikulum 2013 ada beberapa penilaian yang dirasa tidak dapat langsung diamati dalam proses evaluasi untuk KI 1 dan KI 2. Oleh karena itu butuh sosialisasi yang lebih merata ke setiap pendidik.

1 2 3 4 5

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar