0

Amalan di bulan Sya’ban (0)

@ahysholih March 19, 2021

By Muh. Aydi Syam
——- ๐Ÿ’ฅ

PUASA SYA’BAN
Bismillah โ€ฆ,

ุนู† ุฃุจูŠ ุณูŽู„ูŽู…ุฉูŽ ู‚ุงู„: ุณุฃู„ุชู ุนุงุฆุดุฉ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนู†ู‡ุง ุนู† ุตูŠุงู…ู ุฑูŽุณูˆู„ู ุงู„ู„ู‡ ๏ทบ ูู‚ุงู„ุช: ูƒุงู† ูŠุตูˆู…ู ุญุชู‰ ู†ู‚ูˆู„ูŽ ู‚ุฏ ุตุงู…ุŒ ูˆูŠููุทูุฑู ุญุชู‰ ู†ู‚ูˆู„ูŽ ู‚ุฏ ุฃูุทูŽุฑูŽุŒ ูˆู„ู… ุฃุฑูŽู‡ู ุตุงุฆู…ู‹ุง ู…ู† ุดูŽู‡ุฑู ู‚ูŽุทู‘ู ุฃูƒุซูŽุฑูŽ ู…ูู† ุตูŠุงู…ูู‡ ู…ูู† ุดูŽุนุจุงู†ูŽุ› ูƒุงู† ูŠุตูˆู…ู ุดูŽุนุจุงู†ูŽ ูƒูู„ู‘ูŽู‡ุŒ ูƒุงู† ูŠุตูˆู…ู ุดูŽุนุจุงู†ูŽ ุฅู„ู‘ูŽุง ู‚ู„ูŠู„ู‹ุง (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ: 1969 ูˆ ู…ุณู„ู…: 1156).
Artinya:
Dari Aby Salamah r.a. telah berkata, “aku menanya Aisyah r.a. tentang puasa Rasulullah Saw.” Beliau berkata, “Rasul Saw. berpuasa (beberapa hari) hingga kami berpikir beliau akan terus melakukannya. Kemudian Rasulullan Saw. tidak puasa (selama beberapa hari) dan kami mengira beliau tidak akan puasa lagi. Aku tidak pernah melihat beliau berpuasa hingga satu bulan kecuali saat Ramadan, dan aku tidak pernah melihatnya berpuasa sebanyak di bulan Sya’ban. Beliau pernah berpuasa di bulan Sya’ban sebulan penuh. Beliau juga pernah berpuasa hampir sebulan/tinggal sedikit harinya bulan Sya’ban yang tersisa” (HR Abu Daud).
——- ๐ŸŒพ
Penjelasan:
1) Hadis tersebut “shahih” menurut Imam al-Bukhary dan Imam Muslim serta diriwayatkan oleh beberapa muhaddits seperti Imam Aby Daud dengan redaksi yang sedikit berbeda.
2) Rasulullah Saw. jelas menunaikan puasa khusus di bulan Sya’ban sehingga tepatlah dinamai puasa Sya’ban kendati nama itu bukan dari beliau.
3) Nama puasa Sya’ban dimaksudkan supaya berbeda dengan puasa yang lain karena perbedaan nama adalah indikator perbedaan jenis.
4) Puasa Sya’ban adalah sunnah yang hukumnya sunnat.
5) Harinya tidak ditentukan, sepanjang bulan Sya’ban semua harinya mulia kecuali hari tertentu dengan kaefiat tertentu yang menyalahi sunnah.
Hari dan kaefiat yang menyalahi sunnah itu seperti apa? Ikuti “Lentera โ€ฆ” berikutnya!

ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆุงุจ
——-โœ๏ธ
Pesan Moral:
Tunaikanlah puasa sunnat di bulan Sya’ban sebagai sunnah Rasulullah Saw. dan sebagai tanda syukur kita kepada Allah Swt. karena masih diizinkan untuk berjumpa dengan bulan Sya’ban tahun ini sembari menanti datangnya bulan suci Ramadhan
—–๐ŸŒน
Bulan Sya’ban,
Bukan Ramadan.
Tunaikan puasa Sya’ban!
nantikan puasa Ramadan!


——– ๐Ÿค —

HARI JUM’ATNYA SYA’BAN
Bismillah โ€ฆ,

ุนู† ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ๏ทบ ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ู„ุง ูŠูŽุตููˆู…ูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฅูู„ุง ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ู ุฃูŽูˆู’ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ” (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ: 1849 ูˆู…ุณู„ู…: 1929).
Artinya:
Dari Abu Hurairah r.a. telah berkata, “aku telah mendengar Rasulullah Saw. bersabda, “janganlah sekali-kali ada seseorang dari kalian yang berpuasa pada hari Jum’at kecuali berpuasa sehari sebelumnya atau sehari setelahnya” (HR al-Bukhary: 1849 dan Muslim: 1929).
——- ๐ŸŒพ
Penjelasan:
1) Hadis tersebut “shahih” menurut Imam al-Bukhary dan Imam Muslim.
2) Rasulullah Saw. memuliakan hari Jumat lebih dari hari-hari yang lain sepanjang tahun, tidak terkhusus hanya pada bulan tertentu.
3) Indikator kemuliaan hari Jum’at, di antaranya adalah tidak boleh berpuasa hanya sehari saja pada harinya mesti dijemput oleh puasa pada hari Kamis atau diantar oleh puasa pada hari Sabtu.
4) Puasa yang dimaksud adalah puasa sunnat, bukan puasa wajib.
5) Untuk puasa wajib, seperti seseorang yang bernazar pada hari Kamis untuk berpuasa sehari pada keesokan harinya tatkala hajatnya tercapai, maka baginya tetap wajib menunaikan puasa sehari pada hari Jum’at besoknya tatkala hajatnya tercapai karena itu puasa wajib.
6) Kendati demikian, tetap dianjurkan untuk menghindari puasa nazar sehari pada hari Jum’at.
7) Larangan tersebut di atas berlaku untuk semua bulan sepanjang tahun, termasuk pada bulan Sya’ban.
Masih adakah hari yang lain selain hari Jum’at? Ikuti “Lentera โ€ฆ” berikutnya!

Catatan:
Kemuliaan hari Jum’at tidak berarti amalan mesti terpusat atau terkhusus pada malam/hari Jum’at kecuali ada dalil khusus dari Rasulullah Saw.

ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆุงุจ
——-โœ๏ธ
Pesan Moral:
Hindari larangan Rasulullah Saw., patuhi himbauannya, ikuti aturan mainnya! Semoga sempurna sunnahnya ditunaikan.


—–๐ŸŒน
Hari Jumu’at,
bukan hari Jum’at.
Maksudnya sama,
artinya yang tak sama.
——– ๐Ÿค —–

HARI TERAKHIR SYA’BAN
Bismillah โ€ฆ,

ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนู†ู‡ ู‚ุงู„: ู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ู ุงู„ู„ู‡ ๏ทบ: ู„ุง ุชูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูˆุง ุฑู…ุถุงู†ูŽ ุจูุตูŽูˆู…ู ูŠูˆู…ู ูˆู„ุง ูŠูŽูˆู…ูŽูŠู†ูุŒ ุฅู„ู‘ูŽุง ุฑูŽุฌูู„ูŒ ูƒุงู† ูŠุตูˆู…ู ุตูŽูˆู…ู‹ุง ูู„ู’ูŠูŽุตูู…ู’ู‡” (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ: 1914 ูˆู…ุณู„ู…: 1082).
Artinya:
Dari Abu Hurairah r.a. telah berkata, “Rasulullah Saw. telah bersabda, “janganlah kalian berpuasa sehari atau 2 hari mendahului Ramadan kecuali seseorang yang sudah menjalankan puasa (puasa rutin), maka hendaklah dia berpuasa” (HR al-Bukhary: 1914 dan Muslim: 1082).
——- ๐ŸŒพ
Penjelasan:
1) Hadis tersebut “shahih” menurut Imam al-Bukhary dan Imam Muslim.
2) Larangan berpuasa pada bulan Sya’ban selain sehari pada hari Jum’at, masih dijumpai larangan pada 2 hari terakhir bulan Sya’ban sebelum masuknya bulan Ramadan.
3) Larangan tersebut dikecualikan bagi mereka yang memenuhi salah satu dari 2 syarat berikut:
a) sudah pernah berpuasa sunnat Sya’ban sebelum pertengagan Sya’ban (nisfu Sya’ban), dan
b) melakukan puasa sunnat rutin seperti Senin-Kamis atau puasa Daud, lalu 2 hari minus Ramadhan bertepatan dengan jadwal puasa rutinnya, maka baginya tetap dibolehkan puasa.
ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆุงุจ
——-โœ๏ธ
Pesan Moral:
1) Janganlah ditunda bila sudah sempat untuk puasa sunnat sebelum nisfu Sya’ban!
2) Pilih hari yang paling tepat sesuai kesempatan!
3) Lakukanlah sebanyak-banyaknya sesuai kesanggupan!
ูˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู…ูุณุชุนุงู†ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู‡ ุงู„ุชู‘ููƒู„ุงู†ู
—–๐ŸŒน
Jangan ditunda!
selagi masih muda.
Perbanyak puasa!
Janganlah putus asa

PUASA SYA’BAN PLUS
SENIN – KAMIS

Bismillah โ€ฆ,

ุนู† ุฃุณุงู…ุฉ ุจู† ุฒูŠุฏ ู€ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ู€ ู‚ุงู„: ุฑุฃูŠุชู ุฑุณูˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนู„ูŠู‡ู ูˆุณู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠุตูˆู…ู ูŠูˆู…ูŽ ุงู„ุงุซู†ูŠู†ู ูˆุงู„ุฎู…ูŠุณู ูุณุฃู„ุชูู‡ู ูู‚ุงู„ูŽ: ุฅู†ู‘ูŽ ุงู„ุฃุนู…ุงู„ูŽ ุชูุนุฑูŽุถู ูŠูˆู…ูŽ ุงู„ุงุซู†ูŠู†ู ูˆุงู„ุฎู…ูŠุณูุŒ ูุฃุญุจู‘ู ุฃู† ูŠูุฑููŽุนูŽ ุนู…ู„ูŠ ูˆุฃูŽู†ุง ุตุงุฆู…ูŒ” (ุฃุฎุฑุฌู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ: 2436ุŒ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠ: 2358 ูˆ ุฃุญู…ุฏ: 21801).
Artinya:
Dari Usamah bin Zaid r.a. telah berkata, “aku telah melihat Rasulullah Saw. berpuasa pada hari Senin dan Kamis, maka aku menanyakannya, lalu beliau menjawab, “sesungguhnya amal-amal itu disetor pada hari Senin dan hari Kamis, maka aku senang amalku diangkat (disetor) sementara aku berpuasa” (H.Dk Abu Daud: 2436, al-Nasa’iy: 2358 dan Ahmad: 21801).
——- ๐ŸŒพ
Penjelasan:
1) Hadis tersebut “shahih” menurut Imam Ibnu Hajar al-Asqalani.
2) Rasulullah Saw. dikabarkan bahwa beliau rutin puasa Senin-Kamis sepanjang tahun di luar bulan Ramadan, termasuk pada bulan Sya’ban.
3) Dengan demikian, dipahami bahwa di antara puasa sunnat yang terbaik pada bulan Sya’ban adalah yang bertepatan pada hari Senin dan atau Kamis.

Masih adakah yang lain? Tunggu “Lentera โ€ฆ” berikutnya!
ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆุงุจ
——-โœ๏ธ
Pesan Moral:
Upayakanlah puasa sunatnya di bulan Rajab dan bulan Sya’ban bertepatan dengan hari Senin atau Kamis! Semoga sekali puasa dapat fadilah ganda, yakni fadilah bulan Rajab atau Sya’ban plus fadilah hari Senin atau Kamis.
ูˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู…ูุณุชุนุงู†ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู‡ ุงู„ุชู‘ููƒู„ุงู†ู
—–๐ŸŒน
Fadilah ganda,
Jangan ditunda!
Puasa Sya’ban,
sebelum Ramadan
——– ๐Ÿค ——-

PUASA SYA’BAN PLUS
AYYAMUL-BIDH

Bismillah โ€ฆ,
ุนู† ุนุจุฏุงู„ู„ู‡ ุจู† ุนู…ุฑูˆ ุจู† ุงู„ุนุงุต -ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡-
ุฃู†ู‘ ุงู„ู†ุจูŠู‘ -ุตู„ู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ู…- ุฃุฎุจุฑู‡ ู‚ุงุฆู„ุงู‹: ูˆุฅู†ูŽู‘ ุจุญูŽุณู’ุจููƒูŽ ุฃู†ู’ ุชูŽุตููˆู…ูŽ ูƒูู„ูŽู‘ ุดูŽู‡ู’ุฑู ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉูŽ ุฃูŠูŽู‘ุงู…ูุŒ ูุฅู†ูŽู‘ ู„ูƒูŽ ุจูƒูู„ูู‘ ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ุนูŽุดู’ุฑูŽ ุฃู…ู’ุซูŽุงู„ูู‡ูŽุงุŒ ูุฅู†ูŽู‘ ุฐู„ูƒูŽ ุตููŠูŽุงู…ู ุงู„ุฏูŽู‘ู‡ู’ุฑู ูƒูู„ูู‘ู‡ู” (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ: 1975).
Artinya:
Dari Abdullah bin Amru bin al-‘Ash r.a., “bahwasanya Nabi Saw. telah mengabarkannya seraya berkata, “sungguh cukuplah bagimu berpuasa 3 hari untuk setiap bulan, maka sungguh bagimu 10 kali lipat pada setiap 1 kebajikan. Olehnya itu, puasa tersebut adalah puasa sepanjang masa” (HR al-Bukhary: 1975).
——- ๐ŸŒพ
Penjelasan:
1) Hadis tersebut “shahih” menurut Imam al-Bukhary.
2) Rasulullah Saw. mengajarkan puasa 3 hari setiap bulan, tepatanya tanggal 13, 14, dan 15 untuk setiap bulan Qamariyah.
3) Fadilah puasa ini laksana puasa sepanjang tahun atau sepanjang masa. Oleh karena:
a) setiap kebajikan berlipat 10 kali,
b) 3 hari puasa, bernilai 30 hari,
c) 30 hari bernilai 1 bulan,
d) andai dilakukan setiap bulan, maka itulah arti puasa sepanjang tahun,
e) andai dilakukan setiap bulan dan setiap tahun, maka itulah arti puasa sepanjang masa.
4) Puasa 3 hari tersebut diistilahkan dengan “ayyam al-bidh” (hari-hari putih) setiap bulan purnama yang berlaku sepanjang tahun di luar bulan Ramadan, berarti termasuk bulan Rajab dan Sya’ban.
5) Dengan demikian, tentu lebih meningkat kemuliaannya andai puasa Rajab dan puasa Sya’ban itu disesuaikan waktunya dengan “ayyam al-bidh” atau puasa ini ditunaikan pada bulan Rajab atau Sya’ban.
ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆุงุจ
——-โœ๏ธ
Pesan Moral:
Upayakanlah puasa sunatnya di bulan Rajab dan bulan Sya’ban bertepatan dengan hari-hari putih (ayyam al-bidh)! Semoga sekali puasa dapat fadilah ganda, yakni fadilah bulan Rajab atau Sya’ban plus fadilah “ayyam al-bidh”.

—–๐ŸŒน
Fadilah ganda,
janganlah ditunda!
Puasa hari-hari putih,
moga hati selalu bersih.
Dalam sebulan ada 3 hari,
moga wajah kian berseri-seri.
——– ๐Ÿค

PUASA SYA’BAN
PLUS PUASA DAUD

Bismillah โ€ฆ,
ุฃูŽู†ูŽู‘ ุนูŽุจู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุจู’ู†ู ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุนูŽุงุตู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ
ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู‡ู ” ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ู:
ุฃูŽุญูŽุจูู‘ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู…ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุญูŽุจูู‘ ุงู„ุตููŠูŽุงู…ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุตููŠูŽุงู…ู ุฏูŽุงูˆูุฏูŽุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู†ูŽุงู…ู ู†ูุตู’ููŽ ุงู„ู„ูŽู‘ูŠู’ู„ู ูˆูŽูŠูŽู‚ููˆู…ู ุซูู„ูุซูŽู‡ูุŒ ูˆูŽูŠูŽู†ูŽุงู…ู ุณูุฏูุณูŽู‡ูุŒ ูˆูŽูŠูŽุตููˆู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุงุŒ ูˆูŽูŠููู’ุทูุฑู ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ: 1131).
Artinya:
Bahwasanya Abdullah bin Amr bin al-‘Ash r.a., beliau memberi kabar, “sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda padanya, “salat yang paling disenangi oleh Allah adalah salatnya Nabi Dawud dan puasa yang paling disenangi oleh Allah adalah puasanya Nabi Dawud. Beliau tidur separuh malam, kemudian salat di sepertiganya dan tidur lagi di seperenamnya, beliau puasa sehari serta berbuka sehari” (HR al-Bukhari: 1131).
——- ๐ŸŒพ
Penjelasan:
1) Hadis tersebut riwayatnya “shahih” menurut Imam al-Bukhary. Riwayat yang serupa juga ditemukan dalam berbagai kitab induk hadis.
2) Rasulullah Saw. menyebutkan puasa Nabi Daud As adalah sebaik-baik puasa di sisi Allah yang dilaksanakan secara berkesinambungan sehari puasa, sehari berbuka, sepanjang masa.
3) Puasa tersebut direkomendasikan oleh Rasulullah Saw. kepada umatnya untuk diikuti.
4) Waktu puasa Daud berlaku sepanjang tahun di luar bulan Ramadan. Berarti termasuk bulan Rajab dan bulan Sya’ban.
5) Puasa Daud di bulan Rajab dan bulan Sya’ban tentu fadilahnya lebih meningkat dari bulan-bulan yang lain.
ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆุงุจ
——-โœ๏ธ
Pesan Moral:
Pausa Daud bagi mereka yang mampu, amat afdal di sepanjang bulan Rajab dan bulan Sya’ban. Bagi yang menunaikan dalam 2 bulan ini, niscaya baginya fadilah ganda. Fadilah puasa Daud dan fadilah puasa bulan-bulan haram seperti bulan Rajab atau fadilah puasa Sya’ban.
ูˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู…ูุณุชุนุงู†ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู‡ ุงู„ุชู‘ููƒู„ุงู†ู
—–๐ŸŒน
Puasa Daud,
plus puasa Sya’ban.
Anak masih di Paud,
sudah puasa Ramadan.
——- ๐Ÿ’ฅ

PUASA SYA’BAN
PLUS QADHA’ RAMADAN

Bismillah โ€ฆ,
ุนู† ุฃุจูŠ ู‡ุฑูŠุฑุฉุŒ “โ€ฆ ู…ู† ุฃูŽุฏู’ุฑูŽูƒูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ
ูˆูŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุดูŽูŠู’ุกูŒ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ุถูู‡ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูู‚ู’ุจูŽู„ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุตููˆู’ู…ูŽู‡ู” (ุฑูˆุงู‡ ุฃุญู…ุฏ: 2/352).
Artinya:
Barang siapa yang berjumpa dengan bulan Ramahdan sementara ia masih memiliki tanggungan puasa Ramadhan tahun lalu yang belum ditunaikan, maka ibadahnya tidak akan diterima hingga ia mengqadhaโ€™nya. (HR Imam Ahmad: 2/352).
——- ๐ŸŒพ
Penjelasan:
1) Hadis tersebut riwayatnya “dha’if” (lemah) menurut Imam al- Albany dan “hasan” (sedang) menurut Imam al-Haitsamy.
2) Dalam riwayat tersebut, dijumpai penekanan untuk mengqadha’ puasa di bulan Sya’ban bagi mereka yang memiliki qadha’ puasa pada Ramadan tahun lalu yang belum sempat ditunaikan, mengingat bulan Sya’ban adalah kesempatan terakhir sebelumnya datangnya Ramadan.
3) Dengan ini dipahami bahwa ada nilai plus bila qadha’ puasa ditunaikan pada bulan Sya’ban terutama qadha’ puasa Ramadan pada tahun sebelumnya sehingga fadilah ganda bisa didapatkan.
4) Hal tersebut dimaksud bagi mereka yang belum sempat meng-qadha’ puasanya pada bulan-bulan sebelumnya.
5) Menunda qadha’ puasa Ramadan hingga bulan Sya’ban bukanlah perkara yang dianjurkan kendati punya nilai plus karena mempercepat menunaikan sangkutan kepada Allah justru itulah yang dianjurkan.
6) Bulan Syawal adalah bulan yang terbaik untuk mengqadha’ puasa Ramadan melebihi bulan-bulan yang lain karena dalam hal kebajikan, “lebih cepat lebih baik.”
7) Bulan Rajab dan bulan Sya’ban ini dimaksudkan bulan introspeksi diri bagi kaum Muslimin untuk menilik semua sangkutannya sebelum berjumpa dengan bulan suci Ramadan!
ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุงูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ูˆุงุจ
——-โœ๏ธ
Pesan Moral:
1) Upayakanlah puasa qadha’nya ditunaikan pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban andai belum sempat ditebus pada bulan-bulan sebelumnya! Semoga sekali puasa dapat fadilah ganda, yakni menebus qadha’ puasa plus fadilah puasa pada bulan Rajab atau Sya’ban.
2) Dalam hal “ihtiyath” (kehati-hatian), mengamalkan hadis dha’if dibolehkan oleh Jumhur Ulama, apatahlagi bila hadisnya tidak disepakati kedha’ifannya karena ada ulama yang menghakiminya “hasan” (kualitasnya di atas dha’if dan dibawah “shahih”).


—–๐ŸŒน
Fadilah ganda,
jangan lagi ditunda!
Qadha’ di bulan Sya’ban,
puasa Ramadan jadi aman.
——– ๐Ÿค ——-



No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar