0

Aktivitas Senam Ritmik Volume 3 : Rangkaian Ayunan Lengan, Langkah Kaki, dan Anggota Tubuh Lainnya (0)

oloan February 17, 2021

Belakangan ini senam irama cukup populer. Senam Irama lebih identik dengan kaum hawa. Namun, di Jepang, senam irama juga dilakukan oleh kaum laki-laki. Senam Irama ialah senam dengan gerakan yang mengikuti irama. Irama yang mengiringi dapat berupa tepukan tangan, ketukan, nyanyian musik, dan lain sebagainya.

Senam irama dilakukan secara perorangan atau kelompok untuk memperlihatkan koreografi yang kental dengan akrobatik dengan atau tanpa alat bantu senam yang berupa bola, pita, tali, gada, dan simpai.
Senam irama pertama kali digagas oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada abad ke-18.

Pada awalnya, merupakan gerakan bebas. Lalu, Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau mengembangkan gerakan ini sehingga menjadi senam irama yang kita kenal sekarang.

Setiap gerakan senam irama diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan senam yang indah dan rapi. Seiring berjalannya waktu, senam irama banyak mengambil gerakan dari balet.

Senam irama atau senam ritmik ini sudah menjadi cabang olahraga yang dilombakan di berbagai ajang besar, seperti Olimpiade dan pertandingan skala internasional lainnya.

Bagi kamu yang tertarik dengan senam irama ini, ada baiknya lebih dahulu memahami pengertian, unsur-unsur, jenis, gerakan dasar, dan manfaat yang didapat.

1.Rangkaian Ayunan Lengan, Langkah Kaki, dan Anggota Tubuh Lainnya dengan Tali

a.Melingkar bawah dengan lompatan

1.Sikap awal

Berdiri dengan kedua kaki rapat, kedua ujung tali di tangan kanan di samping kanan badan.

2.Gerakan

Tali diayun rendah ke sebelah kanan badan. Sebelum tali mengenai lantai lompatlah ke depan atas dan teruskan gerakan melingkar itu (melompat dengan kaki kiri).

b.Melingkar ke samping dengan melangkah

1.Sikap awal

Berdiri dengan kedua kaki rapat, pegang ujung tali dengan dua tangan di depan bahu kanan.

2.Gerakan

Ayunkan tali dengan kedua tangan melingkar depan, melingkar belakang, melingkar samping kanan dan ganti ke samping kiri. Semua gerakan melingkar tersebut disertai dengan melangkah kaki ke depan atau sambil berjalan.

c.Lompat depan dasar

1.Sikap awal

Berdiri, tali di belakang, lengan datar ke samping

2.Gerakan

Melompat ke depan dengan dua kaki ketika tali berputar. Lompatan depan ini dapat divariasi dengan cara :

a)Melompat dengan tungkai dibuka di udara dan ditutup kembali

b)Melompat dengan tungkai dibuka dan menyilang di udara.

d.Hop ke depan atau ke belakang

1.Sikap awal

Berdiri, tali berada di belakang badan, lengan datar ke samping

2.Gerakan

Melangkah ke depan dengan kaki kanan sedangkan tali di atas kepala, hop di atas tali. Teruskan langkah hop. Pergantian kaki dapat dilakukan, atau dapat dilakukan pula dengan cara kaki dibuka ke depan atau ke belakang.

e.Hop ke samping

1.Sikap awal

Berdiri, tali berada di belakang badan, lengan datar ke samping.

2.Gerakan

Bergerak ke sebelah kiri. Ayun tali dan hop dengan kaki kanan menyilang ke kiri, langkah ke samping dengan kaki kiri dan lanjutkan sebaliknya.

f.Lari

1.Sikap awal

Berdiri, tali di belakang badan dan lengan datar ke samping badan.

2.Gerakan

Lakukan langkah leap (lompatan) disertai dengan putaran tali yang cepat, pada mulanya kanan dan berikutnya kiri bergantian sambil lari ke depan. Variasi dapat dilakukan dengan cara :

tiga langkah lari dan satu leap, atau tiga langkah lari dan satu leap, atau tiga langkah lari dan satu leap sambil menoleh ke samping badan.

g.Lompatan split

Berdiri, tali di belakang badan, lengan ke samping lakukan lompatan biasa seperti nomor 1 (satu), dan pada lompatan ketiga lakukan split ke udara.

Sekian materi Senam Ritmik..sampai jumpa lagi…salam olahraga

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar