0

Aktivitas Renang Gaya Dada (0)

oloan February 21, 2021

A.Renang Gaya Dada

Renang gaya dada sering pula dikatakan gaya katak, gerakan gaya ini pada umumnya sering dilakukan oleh anak-anak sekolah.

Dalam melakukan teknik renang gaya dada, teknik meluncur harus betul-betul dapat dikuasai dengan baik dan ini sangat penting sekali.

Untuk dapat melakukan renang gaya dada, teknik yang harus dikuasai adalah :

a.Teknik gerakan kaki

b.Teknik gerakan tangan

c.Teknik gerakan pernafasan

d.Teknik gerakan kombinasi

a.Latihan Teknik Gerakan Kaki

Latihan teknik gerakan kaki untuk renang gaya dada, dapat dilakukan di pinggir kolam.

Caranya adalah demikian :

Kedua tangan berpegangan pada pinggiran kolam, badan tertelungkup dan kedua kaki lurus ke belakang.

Gerakannya, kedua lutut ditarik ke samping dengan keadaan kedua tumit rapat. Kemudian kedua tumit dilepaskan, kedua kaki dibuka ke samping.

Dengan gerakan seperti mencambuk, kedua kaki itu secepat mungkin dirapatkan kembali dan pergelangan kaki tetap lemas. Dengan demikian kembali ke sikap semula dan pada waktu itu bila kedua tangan tidak berpegangan pada pinggiran kolam, tentu badan akan meluncur ke depan.

b.Latihan Teknik Gerakan Tangan

Latihan teknik gerakan tangan, dapat dilakukan pada kolam yang dangkal.

Caranya adalah demikian :

Sikap badan jongkok atau membungkuk hal ini tergantung keadaan dalam dangkalnya kolam. Kedua tangan sejajar bahu lurus ke depan, dengan kedua telapak tangan menghadap ke bawah ( ke dalam air ), jari-jari rapat.

Pada waktu akan digerakkan, sambil menekan air, kedua tangan tarik ke samping agak ke bawah air, kedua sikut tetap lurus. Pada waktu akan digerakkan, sambil menekan air, kedua tangan tarik ke samping agak ke bawah air, kedua sikut tetap lurus. Pada saat kedua tangan berada di bawah bahu, kedua sikut ditekuk sehingga membuat sudut + 45 derajat, dengan demikian kedua tangan berada di bawah dagu. Kemudian dengan segera luruskan kembali ke depan dan muka kita menghadap ke bawah air, berada di antara kedua tangan. Inipun bila keadaan badan mengambang akan meluncur ke depan.

c.Latihan Cara Mengambil Nafas

Cara mengambil nafas dilakukan pada waktu kedua tangan ditarik ke samping. Ke bawah air, dengan kedua telapak tangan dengan jari-jarinya rapat menghadap ke samping. Pada saat itu dagu diangkat ke atas permukaan air, pandangan ke depan. Pada waktu itulah kita mengambil udara (bernafas/mengambil nafas). Sedangkan pada waktu kedua tangan diluruskan kembali ke depan, bersamaan muka kita masukkan lagi ke dalam air dan nafas dikeluarkan.

d.Latihan Koordinasi Gerakan

Yang dimaksud dengan latihan koordinasi adalah gabungan dari gerakan kaki, tangan dan pernafasan. Caranya adalah demikian : Pada waktu badan kita meluncur, kedua tangan ditarik ke samping bawah, dagu diangkat untuk mengambil nafas, bersamaan dengan kedua kaki ditarik ke samping lututnya ditekuk kedua tumit rapat. Pada waktu kedua tangan berada di bawah bahu, kedua tumit dilepaskan, kedua kaki dibuka ke samping. Bersamaan dengan kedua tangan diluruskan ke depan, kedua kaki dengan gerakan mencambuk dirapatkan lurus ke belakang, muka menghadap ke bawah dan nafas dikeluarkan.

Demikianlah materi hari ini..Salam Olahraga

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar