0

AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM MENGURUTKAN BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN DI SEKOLAH PERBATASAN (0)

NIKEN EKA PRIYANI, S.Pd, M.Pd , Gr. October 20, 2020

Pembelajaran matematika dapat dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi mengajar dan sekaligus melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran diharapkan dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi serta memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat dan minat. Sehingga akan dicapai suatu hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Keberhasilan dalam suatu pembelajaran dapat ditentukan oleh ketuntasan siswa dalam menguasai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan sangat dibutuhkan agar siswa dapat mencapai tujuan yang ditetapkan secara optimal. Di samping itu pembelajaran yang efektif juga dipengaruhi oleh lingkungan belajar, hubungan sosial dan emosional antar siswa dan antara siswa dengan guru. Aktivitas adalah keterlibatan dalam bentuk fisik, mental dan emosional dalam kegiatan memproses pembelajaran yang diarahkan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan sikap dan nilai guna menunjang keberhasilan siswa (Dimyati dan Mudjiono, 2013: 115).

Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah metode bermain. Bermain adalah aktivitas yang menyenangkan dan merupakan kebutuhan yang sudah melekat pada diri setiap anak. Melalui metode bermain diharapkan dapat menarik minat, perhatian dan dapat mengembangkan pengetahuan siswa. Selain itu anak akan lebih paham dalam menerima pelajaran, karena dalam bermain anak terlibat langsung dan berperan aktif dalam pembelajaran. Menurut Tedjasaputra (2001:39), ada beberapa macam manfaat bermain, antara lain : 1) Manfaat bermain untuk perkembangan aspek fisik, 2) Manfaat Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 12 ISSN 2354-614X 29 bermain untuk perkembangan aspek motorik kasar dan motorik halus, 3) Manfaat bermain untuk perkembangan aspek sosial, 4) Manfaat bermain untuk perkembangan aspek emosi atau kepribadian, 5) Manfaat bermain untuk perkembangan aspek kognisi, 6) Manfaat bermain untuk mengasah ketajaman penginderaan, 7) Manfaat bermain untuk mengembangkan keterampilan olahraga dan menari, 8) Pemanfaatan bermain oleh guru, 9) Pemanfaatan bermain sebagai media intervensi.

Siswa Kelas 1 SD Negeri 29 Idai Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat setelah melaksanakan pembelajaran matematika mengurutkan bilangan melalui metode bermain ternyata hasil belajar yang didapatkan dapat meningkatkan aktivitas peserta didik serta anak menjadi senang dalam belajar matematika sehingga suasana yang didapatkan adalah susasana pembelajaran yang menyenangkan serta tidak membosankan. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga diharapkan ke depan metode ini dapat terus dimanfaatkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar siswa juga.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar