0

Aktivitas Kebugaran Jasmani (0)

oloan February 17, 2021

Kebugaran Jasmani adalah kemampuan tubuh dalam menyesuaikan beban fisik yang diterima karena melakukan kegiatan sehari-hari. Makin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, makin bagus pula kemampuan kerja fisiknya.

Untuk mempunyai tingkat kebugaran jasmani yang bagus, perlu melakukan latihan. Jadi, latihan kebugaran jasmani merupakan satu di antara aktivitas olahraga yang banyak dilakukan.

Jika dilakukan dengan rutin, latihan kebugaran jasmani akan membantu menjaga daya tahan dan fisik. Tak hanya itu, dengan melakukan latihan Kebugaran Jasmani, kamu juga bisa melatih keseimbangan otot dan membakar kalori lebih cepat.

Jadi, makin sering olahraga justru membuat seseorang menjadi tidak mudah lelah. Dengan latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuhmu bisa lebih meningkat.

Maka dari itu penting untuk mengetahui bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani. Nah, apa saja bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani?

A.UNSUR-UNSUR KEBUGARAN JASMANI

Sesungguhnya bergerak adalah kebutuhan dasar bagi manusia seperti halnya makan dan minum, karena dengan bergerak manusia mencapai beberapa tujuan seperti pertumbuhan fisik, perkembangan mental dan sosial.

Penyakit kurang gerak (Hipokinetik) adalah ditimbulkan karena ulah manusia itu sendiri, karena manusia itu ingin bisa hidup nyaman dan ringan, serta ditunjang oleh perkembangan teknologi.

Pada tahun, 1960-an, penyakit ini melanda beberapa negara seperti USA, Jepang, Jerman, dan Inggris. Beberapa gejala yang nampak seperti fisiknya tambah banyak lemak dan derajat kebugaran jasmani di bawah normal serta kecenderungan mengidap penyakit jantung dan paru-paru.

Suatu kenyataan menunjukkan selain untuk bekerja ada 4 tujuan manusia melakukan olahraga, yaitu :

1.Mereka yang melakukan kegiatan olahraga hanya untuk rekreasi

2.Untuk tujuan pendidikan

3.Untuk tujuan mencapai tingkat kebugaran jasmani tertentu

4.Untuk mencapai sasaran prestasi tertentu.

Pada saat ini ada 4 macam kelengkapan yang perlu dikembangkan jika seseorang ingin prestasi yang optimal, yaitu :

1.Pengembangan fisik (Physical Build-Up)

2.Pengembangan tehnik (Technical Build-Up)

3.Pengembangan mental (Mental Build-Up)

4.Kematangan juara.

1.Latihan Isokinetis

Latihan kontraksi isokinetis ini merupakan perpaduan dari latihan isometris dan isotonik. Contoh latihan isokinetis, adalah :

a.Push up

Tujuan :Gerakan/latihan push-up adalah untuk melatih kekuatan otot lengan

Caranya :Posisi tubuh telungkup di atas matras dengan badan keadaan lurus, kedua lengan lurus (telapak tangan menghadap ke lantai), pandangan ke depan.

Gerakan :Turunkan badan ke lantai dan siku di bengkokkan, kemudian luruskan siku kembali ke posisi semula. Lakukanlah sebanyak-banyaknya.

b.Sit-up

Tujuan :Latihan Sit-up adalah untuk melatih kekuatan otot perut

Pelaksanaan :Berbaring terlentang di atas matras, tangan berkaitan di belakang tengkuk, kedua lutut di tekuk membentuk sudut 900, telapak kaki diceraikan 30 cm, sedangkan orang lain membantu memegang dan menekan ke bawah pergelangan kaki, agar supaya kaki itu selalu melekat pada alas.

Gerakan :Bangun duduk dengan menyentuhkan kedua sikunya pada lutut.

Kemudian kembali kepada sikap permulaan sehingga punggung dan lengan melekat pada alas lagi. Gerakan ini dilakukan sebanyak-banyaknya.

c.Pull-up

Tujuan :Latihan ini adalah untuk melatih otot-otot lengan dari bahu

Pelaksanaan:Menggantung dengan telapak tangan menghadap ke depan.

Jarak antara dua tangan selebar bahu, lengan dan badan lurus, kaki rapat, kemudian angkat badan ke atas sehingga dengan melalui palang, kemudian kembali ke sikap semula. Tidak boleh mengayun kaki dan tidak boleh istirahat.

Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya…salam olahraga

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar