0

Aktivitas Kebugaran Jasmani Volume 3 : Kayang, Keseimbangan dan Tes Kebugaran Jasmani (0)

oloan February 20, 2021

1.Kayang – Bangun

Kayang dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu sikap tidur telentang dan berdiri. Dari sikap tidur telentang kedua kaki dibuka selebar bahu dan ditarik ke pinggul hingga kedua tumit mengenai pinggul. Bersamaan dengan itu kedua telapak tangan atau tangan dibungkukkan tepat di samping kedua telinga dengan telapak tangan menghadap ke lantai. Pusatkan pikiran, kemudian pinggul, badan diangkat ke atas, kedua tangan dan kaki harus lurus dan kepala atau pandangan ke arah kaki agar keseimbangan tubuh dapat dipertahankan.

Dari sikap berdiri, kedua kaki dibuka ± 2 x selebar bahu. Kemudian jatuhnya badan, kepala dan tangan hingga kedua tangan dapat bertumpu pada lantai. Pandangan ke arah kaki dan kaki dan tangan dekat. Untuk kembali ke sikap tidur dan berdiri adalah mudah. Hanya berusaha agar gerakan ini dapat dilakukan dengan rileks atau tidak kaku.

2.Keseimbangan

Latihan-latihan keseimbangan/balance adalah latihan yang untuk pembentukan sikap.

A.TES DAN PENGUKURAN KEBUGARAN JASMANI

Tingkat kebugaran jasmani seorang siswa dapat diketahui dengan cara melaksanakan tes dan pengukuran kebugaran jasmani. Terdapat beberapa petunjuk yang harus dicermati sebagai acuan dalam melaksanakan tes kebugaran jasmani, yaitu mepersiapkan pengorganisasian yang berisi tentang pedoman pelaksanaan bagi peserta tes dan pelaksanaan tes, prinsip-prinsip tes dan pengukuran serta prosedur pelaksanaan tes dan pengukuran hubungan jasmani.

Untuk mengetahui derajat kebugaran jasmani siswa-siswi sekolah, Pusat Kesegaran Jasmani Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1995) telah menyusun Tes Kebugaran Jasmani Indonesia untuk anak dan remaja dalam berbagai kelompok usia. Tes Kebugaran Jasmani tersebut terdiri dari beberapa tes yang merupakan suatu rangkaian (battery test) yang tidak terpisahkan. Rangkaian tes Kebugaran Jasmani, untuk usia 16 – 19 tahun (untuk siswa SMA) terdiri dari :

Tes Kesegaran Jasmani Indonesia untuk Siswa Sekolah Menengah Atas
Tes Kesegaran Jasmani Indonesia, terdiri dari lima butir tes, dengan rangkaian butir tesnya, yaitu :

1.Lari cepat (60 meter)

2.Angkat tubuh (pull-up / 30 detik untuk putri dan 60 detik untuk putra)

3.Cara memberi skor :

Skor hasil tes, yaitu : Jumlah angkatan tubuh yang dilakukan dengan benar selama (30 detik untuk putri dan 60 detik untuk putra). Setiap gerakan angkat tubuh yang tidak benar diberi nilai 0 (nol).

B.TES BARING DUDUK 60 DETIK

1.Tujuan :Mengukur kekuatan dan daya tahan otot perut

2.Alat / fasilitas: Lantai, palang tunggal, stopwatch, dan formulir pencatat hasil

3.Pelaksanaan :

a.Siswa berbaring di atas lantai / rumput, kedua lutut ditekuk kurang lebih 90 derajat

b.Kedua tangan dilipat dan diletakkan di belakang kepala dengan jari tangan saling berkaitan dan kedua lengan menyentuh lantai.

c.Salah seorang teman membantu memegang dan menekan kedua pergelangan kaki, agar kaki tidak terangkat.

d.Apabila ada aba-aba “ya”, siswa bergerak mengambil sikap duduk, sehingga kedua sikunya menyentuh paha, kemudian kembali ke sikap semula.

e.Lakukan gerakan itu berulang-ulang dengan cepat tanpa istirahat dalam waktu 60 detik.

4.Cara memberi skor :

Skor hasil tes yaitu jumlah baring duduk yang dilakukan dengan benar selama 60 detik. Setiap gerakan angkat tubuh yang tidak benar diberi nilai 0 (nol).

Demikian materi hari ini, sampai jumpa di materi berikutnya..Salam Olahraga

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar