24

AKHIRNYA SISWA DESAKU BISA KE JAKARTA (+10)

mokhamad subakri May 20, 2015

“Anak-anak, siapa yang ingin ke Jakarta?”, sebuah pertanyaan yang ku ucapkan sambil melangkahkan kaki ke dalam kelas. Sebagian besar kita mungkin bertanya kenapa tidak mengucapkan salam dulu. heeeeee …… jawabanya, hal yang biasa pasti menghasilkan hal yang biasa. Untuk itu kenapa tidak pakai yang luar biasa? **

Sepontan anak-anak kaget, “sayaaaaaaaaaa”, segera kata itu membahana kelas. “heeeee …. syaratnya kalian harus ikut lomba cerpen, pantun, syair, dan mendongeng. Ada yang masih mau ikut ke Jakarta” sebagian besar masih mengangkat tanggannya.

perjalanan menuju tempat pengambilan gambar, indah bukan?

perjalanan menuju tempat pengambilan gambar, indah bukan?

Mulai saat itu kelas yang lain pulang, kami tetap bertahan di kelas untuk latihan persiapan tersebut. kira-kira 2 minggu kami berlatih, sudah terpilih 5 siswa cerpen, 3 pantun, 3 syair, dan 1 mendongeng.

Kami berlompat-lompatan di antara pematang kebun yang ada di Desa Jambekumbu untuk segera sampai di bentang alam desa yang simponi.

salam semangat pelajar dengan kata-kata, “SALAM SEMANGAT, BAGI PEMUDA-PEMUDI PELAJAR INDONESIA”.

salam semangat pelajar, “SALAM SEMANGAT, BAGI PEMUDA-PEMUDI PELAJAR INDONESIA”

Sampailah di tempat yang diidamkan. Mulailah satu persatu siswa kami unjuk gigi menampilkan talentanya. Dengan kamera saku, proses pengambilan gambar dan video selesai sekitar 2 jam. Ya … keburu deadline hari senin harus segera dikirim ke Jakarta.

Inti dari kegiatan ini sebenarnya melatih anak-anak untuk berLITERASI. Memahamkan bahwa siswa cerdas bukan hanya di matematika, ipa, atau olah raga saja. Kegiatan menulis, membaca, bersyair, mendongeng, dan pantีun adalah kecerdasan lain yang harus juga dikembangkan.

ิBersyair hasil karya siswa-siswi_penuh penghayatan

ิBersyair hasil karya siswa-siswi_penuh penghayatan

Tujuan yang lain adalah kami sengaja menyebarkan salam semangat pelajar dengan kata-kata, “SALAM SEMANGAT, BAGI PEMUDA-PEMUDI PELAJAR INDONESIA”. Kata-kata ini kami ulang di video, mudah-mudahan suata saat kami bisa menguploadnya di sini.

Imas siwa kelas V, ikut lomba mendongeng dengan judul ASAL-USUL NAMA DESA JAMBEKUMBU

Imas siwa kelas V, ikut lomba mendongeng dengan judul ASAL-USUL NAMA DESA JAMBEKUMBU

Setelah file dalam CD dikirim ke Jakarta. Ditunggu beberapa bulan ternyata tak ada kabar, bahkan sampai sekarang tak ada kabar juga. Panitia di Kantor Kemdikbud juga tidak memberikan balasan kalau kiriman kami sudah sampai atau belum.

Allah Maha Pengasih. Beberapa bulan yang lalu, saya diundang KSGN untuk mengisi acara di Jakarta. Menjadi pembicara bersama Pak Dedy (juara Guraru Award) dan Bu Amiroh Adnan (juara Guraru Award) berbagi tentang dunia blogger. Dan sebagai pelipu lara video anak-anak tadi kami putar di pembukaan presentasi kami ke peserta Kopdar Guru Bloger Se Indonesia. Sorak-sorai dan tepukan tangan peserta sebuah penghargaan besar bagi kami guru desa. Andai anak-anak melihatnya, pastilah mereka bangga. Akhirnya siswa saya bisa datang juga ke Jakarta meskipun hanya videonya 😉

pengisi-acara

foto kegiatan kopdar blogger guru indonesia di sini juga video anak-anak membuat “penonton begembira”

Kerja keras anak-anak dalam mendalami dunia literasi akhirnya diberi hadiah oleh Allah dengan menjuari di beberapa kegiatan lomba, baik tingkat kabupaten maupun tingkat propinsi. Kejuaran itu bisa dibaca  di sini, di sini, di sini, di sini, di sini, dan yang lainnya bisa dibaca di www.ayomendidik.wodrpess.com. Ternyata dengan kerja keras  siswa desa juga bisa berprestasi.

Jika ingin tahu profil SD kami, ini dia. Simak yuuk 🙂 trims udah menonton 🙂

 SALAM SEMANGAT BAGI GURARUES INDONESIA

********************************************

guraru

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

guraru

********************************************

ANIMASI AYO MENDIDIK DINAS TERKAIT

Comments (24)

  1. Keren pak, dan inspiratif. 🙂
    Dengan Mendidik kita sebagai guru memperoleh banyak pengalaman berharga yang tak ternilai.

    Kunjungi juga artikel saya, semoga bermanfaat 🙂
    Mengajar Unik dengan Sulap
    http://guraru.org/guru-berbagi/cara-mengajar-yang-unik-dengan-sulap-edukatif/

    Mengajar kreatif menggunakan boneka Puppet
    http://guraru.org/guru-berbagi/mengajar-menggunakan-puppet-edukasi/

    Kegiatan Mengajar yang Menyenangkan
    http://guraru.org/guru-berbagi/kegiatan-menyenangkan-dalam-pembelajaran-bahasa-inggris/

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar