12

Aero Modelling Masuk Sekolah Desa, Mengapa Tidak? (+4)

Umar Tholib May 18, 2015

Setelah melihat kejuaraan aero modelling di berbagai daerah dari tingkat lokal hingga setaraf nasional, dewan guru beserta kepala sekolah mendiskusikan bagaimana bila kegiatan aero modelling dimasukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Begitu diumumkan lewat musyawarah, ternyata antusias wali murid begitu luar biasa dan intinya menyambut baik apa yang menjadi keinginan sekolah.

Aeromodelling adalah suatu kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi dan olah raga. Kegiatan ini umumnya digemari oleh peminat ilmu pengetahuan dan teknologi secara perorangan ataupun yang tergabung dalam organisasi sosial kemasyarakatan, yang digunakan untuk menyebarluaskan minat kedirgantaraan di bidang aeromodelling seperti Pramuka melalui kegiatan SAKA (Satuan Karya) Dirgantara, Karang Taruna, UKM (Unit kegiatan Mahasiswa) di kampus-kampus serta perkumpulan-perkumpulan olah raga kedirgantaraan.

Para peminat aeromodelling yang ingin memulai kegiatan ini dapat berkunjung atau menghubungi perkumpulan aeromodelling setempat atau yang terdekat untuk mendapatkan informasi-informasi dan bimbingan teknis. Disamping itu dapat juga diperoleh melalui massa baik cetak dan elektronik tentang kedirgantaraan pada umumnya dan aeromodelling pada khususnya.

Apabila sudah didapat perkumpulan aeromodelling setempat, para peminat sedapat mungkin meyempatkan diri untuk menyaksikan peragaan penerbangan aeromodelling pada acara-acara latihan, demonstrasi dan pameran kedirgantaraan. Setelah itu biasanya peminat dapat menentukan jenis penerbangan model yang mana paling diminati, apakah yang bermotor atau tidak , terkendali atau tidak, Radio Control atau Control Line tentunya sesuai dengan kemampuan pengadaan bahan dan peralatan yang diperlukan.

aero 1

aero 2

Pada dasarnya peminat aeromodelling ini secara alami terbagi dalama 3 kategori:

  1. mereka yang tergabung dalam kategori aeromodelling hanya untuk bersenang-senang (fun)
  2. aeromodelling sebagai sarana menimba dan memperdalam ilmu pengetahuan serta
  3. aeromodelling sebagai sarana pencapaian prestasi olah raga kedirgantaraan.

Pada umumnya kategori dua yang terakhir saling berhubungan erat dan konsisten dalam menjalankan kegiatan ini. Kegiatan aeromodelling tidak semata-mata mempersiapkan remaja untuk berprofesi dalam dunia dalam dunia penerbangan karena ada 2 pengaruh sosial yang pertama yaitu melatih ketekunan, kesabaran dan ketelitian serta menikmati keindahan , kedua mendapatkan nilai tambah/bekal untuk berkarier di dalam dunia penerbangan. (wikipedia)

aero 3

aero 4

ย Saat ini lembaga kami sudah memiliki beberapa remote controler untuk digunakan pada beberapa pesawat buatan siswa, itupun didapatkan dari sumbangan sekolah dan urunan anak-anak penggemar aeromodelling. Harga remote control lengkap satu set paling murah sekitar 700 ribu.

Semoga nanti siswa dapat mengembangkan ketrampilan ini dengan bahan-bahan bekas disekitar lingkungan sekolah

โ€œArtikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10โ€

01

Tagged with:

Comments (12)

  1. @Muhammad Qoimussadad: senada dengan bapak Philipus Sarono perkiraan biaya segitu, dan inipun bisa digunakan bergonta ganti pada beberapa pesawat…
    tapi intinya sebagai pengenalan pada siswa yaitu bagaimana bereksperimen dulu yaitu membuat pesawat tanpa motor/engine yang dapat terbang lama diangkasa

  2. kaget saja sy membaca komentar di atas karena ada bu ETNA … legenderasi GURARU …. beliau sudah aktif lagi …. eh ternyata lihat tanggalnya baru tahu heeeeee ……. ๐Ÿ™‚
    ==================================
    salam buat pak iksan juga …. ๐Ÿ™‚
    vote ๐Ÿ™‚

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar