0

ADHD? (0)

AfanZulkarnain February 23, 2021

Apakah anda pernah mengetahui penyakit ADHD?

ADHD alias Attention-deficit/hyperactivity disorder. Penyakit ini merupakan gangguan mental yang membuat penderitanya sulit fokus, hiperaktif, dan impulsif. Biasanya ADHD banyak dialami oleh anak-anak. Salah satunya keponakan saya.

Sejak balita, keponakan saya didiagnosa ADHD. Tergambar dari perilakunya yang cenderung hiperaktif dibanding teman-teman seusianya. Dia tidak bisa diam. Selalu bergerak. Namun seiring berjalannya waktu, juga karena rutin terapi, keponakan saya tumbuh layaknya anak lainnya. Ia tak lagi hiperaktif. Sekarang ia duduk di bangku SMP. Alhamdulillah, untuk akademis di sekolah, tergolong anak yang bisa diandalkan. Terutama di pelajaran berhitung.

Namun ternyata, saya membaca artikel di kompas, ADHD bukan hanya diidap oleh anak-anak, orang dewasa pun dapat alami gangguan serupa. Biasanya orang dewasa yang alami ADHD telah memiliki gejala sejak masa kanak-kanak. Namun baru terdiagnosa saat dewasa.

Adapun gejala ADHD tersebut bagi orang dewasa adalah :

  1. Sulit mengikuti arah
  2. Sulit mengingat informasi
  3. Sulit berkonsentrasi, terutama saat membaca
  4. Sulit mengatur tugas
  5. Sulit menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
  6. Sulit kendalikan amarah
  7. Tingkat percaya diri yang rendah
  8. Cepat berubahnya suasana hati
  9. Pelupa

Dari laman additudemag, ternyata penyebab orang dewasa alami ADHD dipengaruhi beberapa faktor

  1. Genetika dan keturunan. Orang yang memiliki anak dengan gejala ADHD kemungkinan besar juga alami hal yang sama. Namun peneliti masih belum menemukan gen tertentu yang bisa memicu ADHD
  2. Faktor lingkungan Ada satu riset yang menyebutkan stress, trauma atau paparan zat tertentu seperti timbal , dapat meningkatkan resiko ADHD
  3. Gangguan perkembangan Cedera otak atau peristiwa yang mempengaruhi sistem saraf pusat selama perkembangan, seperti kelahiran prematur atau penggunaan alkohol selama kehamilan, dapat meningkatkan kemungkinan ADHD.

Tokoh publik yang terungkap alami ADHD adalah vokalis band Maroon Five, Adam Levine. Pelantun sugar ini mengakui alami gejala ADHD sejak masih bersekolah. Ia sulit berkonsentrasi di sekolah dan cenderung hiperaktif pada segala kegiatan. Namun , sisi positifnya, perilaku hiperaktif tersebut sangat berguna bagi dirinya saat tampil di atas panggung. Banyak orang mengakui bahwa aksi panggung juri The Voice itu sangat atraktif.

Karena itulah, Adam Levine didapuk sebagai bintangiklan layanan masyarakat untuk sebuah inisiatif berjudul Own It, yang bertujuan memotivasi orang dewasa untuk bicara pada dokter jika didiagnosa ADHD dan berpikir mereka masih mengalami gejalanya.

Lewat gerakan tersebut, Adam Levine mengajak orang-orang untuk mengikuti kuis online di OwnYourADHD.com. Kuis ini dapat membantu seseorang mengenali gejala-gejala dan menentukan apakah orang tersebut harus konsultasi kepada dokter.

Bukan hanya Adam Levine, banyak tokoh-tokoh ternama yang ternyata juga alami gejala ADHD. Sebut saja Albert Einstein, Walt Disney hingga John F Kennedy.

Lantas bagaimana pengobatan ADHD?

Berdasarkan artikel dari Kompas.Com, perawatan terbaik untuk ADHD di usia dewasa adalah kombinasi terapi dan pengobatan.

Ada dua jenis obat utama yang digunakan untuk mengobati ADHD, yakni:

– Stimulan

Obat timulan terbagi dalam dua kategori utama yaitu methylphenidates dan amfetamin.

– Non stimulan

Obat non stimulan yang biasa diberikan kepada pasien ADHD antara lain atomoxetine, guanfacine, dan clonidine.

Sementara metode terapi yang bisa diberikan untuk pasien ADHD dewasa antara lain: terapi kognitif dan perilaku untuk meningkatkan harga diri, juga pelatihan relaksasi dan manajemen stres untuk menurunkan kecemasan dan stres.


Semoga artikel ini bermanfaat, juga teriring do’a semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar