1

A BLESSING IS DISGUISE (0)

lela siti sopiah October 16, 2020

oleh Lela Siti Sopiah, S.H.I.

Corona oh corona, kapankah engkau berlalu? Saya merasa miris dengan pendidikan sekarang. Anak-anak tidak ada aktivitas, bangun tidur dan main semaunya. Tidak ada kedisiplinan. Ibu-ibu bertambah lagi kerjanya merangkap menjadi guru. Kalau yang mempunyai ART ( Asisten Rumah Tangga), ya tidak ada masalah. Meski tetap saja mengajari anak sendiri sangat sulit, apalagi ibu-ibu yang setelah sibuk berurusan dengan cucian baju, piring dan beres-beres rumah. Di kala badan sudah lelah, ditambah harus membimbing belajar anak, belum lagi kalau sama ibunya sikap anak berbeda dengan belajar bersama gurunya. Lengkap sudah, tak heran kalau ada orangtua yang sampai tega membunuh uanaknya. Untuk itulah perlu kerjasama antara suami istri dalam pembelajaran jarak jauh ini.

Saya seorang guru taman kanak-kanak. Pembelajaran daring (dalam jaringan) sangatlah tidak sesuai untuk anak usia dini. Mengenalkan konsep bilangan dan mengenalkan huruf mempunyai tantangan tersendiri, berbeda halnya dengan anak SMP dan SMA. Tapi karena keadaan, resiko tatap muka juga tinggi dan pastinya orang tua tidak akan mengizinkan melihat kondisi sekarang yang makin kesini makin banyak yang terinfeksi covid -19.

Semua guru pastinya putar otak menyajikan pembelajaran yang menyenangkan selama Belajar Di Rumah (BDR)  ini. Smartphone dan laptop menjadi primadona dalam pembelajaran daring ini. Tak dipungkiri memang untuk keberlangsungan pembelajaran kedua perangkat tersebut sangat membantu dan dibutuhkan sekali saat pandemi ini.

Saya yang tidak suka dan tidak percaya diri tampil didepan kamera, dikarenakan bagian dari profesional sebagai guru, mau tidak mau harus menjalani shooting bak para vlogger. Supaya anak-anak mengenal gurunya. Semua seminarpun dilakukan via kedua teknologi ini.

Tak perlu mengeluhkan keadaan yang sekarang. Tak ada gunanya mengeluh, tak akan selesai dan hilang masalah dengan sebuah keluhan. Yang seharusnya kita lakukan sekarang bersinergi dengan keadaan, belajar lagi dan lagi tentang berbagai aplikasi yang bisa memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan. Buat berbagai macam video yang menarik,  tentunya dipikirkan juga pembelajaran yang menarik dan memudahkan peserta didik selama pembelajaran jarak jauh ini atau BDR.

Mari rekan guru semua, kita jadikan keterbatasan ini menjadi tantangan. Bukan menyalahkan keadaan. Ternyata corona membawa berkah juga. Terutama untuk saya yang gaptek supaya melek teknologi. A blessing is disguise. Kita bisa!! Semangat!!

#WritingCompetition

#NewNormalTeachingExperience

Comments (1)

  1. Selamat Sore 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar