1

7 Jenis Layanan Bimbingan Konseling Yang Wajib Kamu Ketahui (0)

Wahid Priyono, S.Pd. December 15, 2020

Berbagai jenis layanan perlu dilakukan sebagai wujud penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap sasaran layanan yaitu peserta didik. Jenis layanan tersebut perlu terselenggara sesuai dengan keempat bidang bimbingan yaitu bidang bimbingan pribadi, bidang bimbingan sosial, bidang bimbingan belajar/akademik dan bidang bimbingan karier. Ada sejumlah layanan dalam bimbingan dan konseling disekolah diantaranya sebagai berikut:

  1. Layanan orientasi, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik dan pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap peserta didik (terutama orang tua) memahami lingkungan (seperti sekolah) yang baru dimasuki peserta didik. Layanan ini ditujukan kepada siswa baru atau siswa pindahan untuk memeahami situasi sekolah dan lingkungannya. Orientasi dapat mencakup pengenalan  terhadap program sekolah, kurikulum, pola pembelajaran dan evaluasi yang berlaku di sekolah, fasilitas dan cara penggunaannya, serta hal-hal lain yang diperkirakan perlu dipahami oleh  siswa baru.
  2. Layanan informasi, dimaksudkan untuk membantu siswa mendapatkan informasi yang diperlukan seperti informasi pendidikan dan informasi jabatan. Materi layanan informasi dapat menyangkut: tata tertib sekolah, mata pelajaran dan pembidangnya, sistem penjurusan, syarat-syarat mengikuti ujian akhir, dan lain-lain.
  3. Layanan penempatan dan penyaluran, ditujukan untuk membantu siswa dalam penjurusan, memperoleh kegiatan ekstrakurikuler  yang sesuai, serta mendapatkan jurusan di perguruan tinggi atau lapangan kerja yang sesuai dengan minat dan bakat serta kepribadian siswa.
  4. Layanan pembelajaran, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya, sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan kesenian. Layanan ini ditujukan untuk membantu siswa mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik.
  5. Layanan konseling perorangan, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik mendapatkan pelayanan langsung secara tatap muka dengan guru pembimbing/konselor dalam rangka pembahasan dan pengentasan masalahnya. Layanan ini ditujukan untuk membantu siswa secara individu, khususnya mereka yang mengalami masalah, misalnya problem dengan orang tua dan teman. Layanan ini diarahkan untuk memecahkan masalah dan tidak untuk menyalahkan siswa.
  6. Layanan bimbingan kelompok, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari narasumber tertentu (terutama dari pembimbing / konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari baik individu maupun sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Layanan bimbingan kelompok mempunyai 3 fungsi yaitu: berfungsi informatif, berfungsi pengembangan, dan berfungsi prefentif dan kreatif.
  7. Layanan konseling kelompok, yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok. Dinamika kelompok adalah suasana yang hidup, yang berdenyut, yang bergerak, yang berkembang, yang ditandai dengan adanya interaksi antarsesama anggota kelompok. Layanan ini diselenggarakan dalam suasana kelompok.

DAFTAR PUSTAKA

  • Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Rosda Karya Remaja.
  • Prayitno, dkk. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Depdiknas.
  • Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  • Sofyan S. Willis. 2004.Konseling Individual; Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar