6

7 Format Video yang Tepat untuk Materi Belajar (0)

Pengelola Guraru April 21, 2021

Setelah mengetahui manfaat dan jenis video sebagai media pembelajaran, Guraru diharapkan tahu apa saja jenis format video yang tepat. Format video adalah bentuk atau jenis file yang mengidentifikasi dokumen bergerak. Mudahnya, jika penamaan dokumen foto pada bagian belakangnya tertulis “JPEG”, sedangkan video sangat beragam. Mulai dari AVI,MP4 dan masih banyak jenis lainnya.

Tanpa mengetahui jenis dan perbedaannya, bisa-bisa materi yang telah jadi tak dapat ditonton oleh para siswa. Sayang ‘kan bila ini terjadi? Nah, jadi sangat penting mengetahui apa saja format video yang tepat sehingga memudahkan siswa untuk menonton konten video yang sudah dibuat, agar pembuatan video materi pembelajaran tidak sia-sia. Berikut jenis-jenisnya yang paling sering digunakan di bawah ini.

1. MP4

MP4 adalah salah satu file format video yang paling populer karena mudah digunakan. Format yang satu ini memiliki keunggulan yakni dapat mengompres file audio, teks dan foto menjadi ukuran lebih kecil. 

Kekurangannya, video yang menggunakan format ini memiliki audio delay, atau temponya tidak sesuai dengan video. Namun guru dapat menggunakan format MP4 karena dapat diputar di ponsel dan YouTube. 

2. MOV

Ekstensi MOV adalah format video yang digunakan QuickTime File Format (QTFF) yang dirilis Apple pada 1991. Biasanya, ekstensi MOV digunakan untuk menyimpan dokumen film dan video dokumen lainnya. Sebab, ekstensi ini dapat menyimpan video, audio, dan teks dalam satu file.

File MOV dapat diputar menggunakan VLC sekaligus dapat dikonversi menjadi file “.MP4” atau file audio MOV ke format “.OGG.”

Baca Juga: Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi Apapun!

3. MPV

Video format MPV tidak menggunakan ekstensi seperti “.AVI” atau “.MP4”. Jadi, format MPV dapat diputar di banyak aplikasi pemutar video, termasuk di ponsel. Terkadang dokumen video dengan format ini juga sering ditemukan menggunakan “.MPG” pada bagian belakang penamaan file. 

4. AVI

AVI atau Audio Video Interlaced adalah format untuk video yang dapat menghasilkan file berukuran besar. Sayangnya, ini jadi kelemahan AVI. Sebab, dokumen yang terlalu besar dapat menghambat proses belajar, karena siswa harus menghabiskan data dan waktu cukup lama untuk mengunduh dokumen. Selain itu, guru pun harus melakukan kompresi lagi menggunakan aplikasi lain untuk mengecilkan ukuran dokumen. Namun plusnya, video dengan format AVI dapat diputar di banyak aplikasi.

5. MKV

MKV atau Matroska Video Container memiliki kelebihan yakni dapat membuat menu dan chapter pada DVD. Selain itu, format MKV dinilai sebagai jenis format yang paling fleksibel karena memiliki banyak fitur. 

MKV dinilai sebagai ekstensi format video yang fleksibel karena dapat menyimpan audio, gambar, video, dan subtitle teks dalam satu file video.

Baca Juga: 5 Aplikasi Video Editing untuk Proses Mengajar

6. WMV 

Format jenis WMV besutan Windows ini juga mudah digunakan. Karena fungsi dan kualitasnya, WMV bersaing dengan yang lainnya, seperti MPEG-4 AVC, AVS, RealVideo, and MPEG-4 ASP.

Dari kualitas videonya, WMV dapat menghasilkan ukuran file yang tidak terlalu besar. Sayangnya, video dengan format WMV hanya mulus jika digunakan di produk berbasis sistem operasi Windows saja. Sehingga perlu membuka video menggunakan aplikasi VLC jika lewat ponsel atau laptop non Windows.

7. ASF

ASF umumnya digunakan untuk layanan streaming video di internet. Namun begitu menggunakan format ASF juga memudahkan pengguna karena format ini dapat diputar di aplikasi VLC, Windows Media Player, Winamp, GOM Player, PotPlayer, MediaPlayerLite. 

Biasanya, video ASF menggunakan file ekstensi WMA dan WMV. Jadi, jika guru dan siswa memiliki video dengan format ASF dan jenis formatnya ingin diubah ke MP4 hingga AVI gunakan aplikasi Any Video Converter atau Avidemux.

Dari beberapa jenis format di atas, Anda dapat mempertimbangkan mana yang paling cocok dan nyaman digunakan, namun secara umum format MP4 paling sering digunakan untuk diputar di laptop dan ponsel. Terutama ponsel Android yang paling umum digunakan sudah mendukung format MP4, MPV dan MKV. 

Baca Juga: Tutorial Video Animasi Sederhana untuk Pembelajaran, Dicoba Yuk!

Itulah ketujuh jenis format video untuk bahan belajar dan mengajar. Ayo bagikan informasi artikel ini kepada rekan pendidik lainnya dan selalu aktif menjadi anggota Guraru, ya. Semoga informasi ini dapat membantu guru lebih semangat membuat materi pembelajaran. Punya pertanyaan seputar penyusunan video pembelajaran? Mari berbagi dan berdiskusi di kolom komentar. 

Tagged with: , ,

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar