11

7 Cara Membuat Materi Pembelajaran Online yang Menyenangkan (0)

Pengelola Guraru November 7, 2020

Selama proses memberikan materi pembelajaran online di rumah, para guru sudah pasti memanfaatkan teknologi yang ada. Tantangannya pun beragam, seperti timbulnya rasa jenuh. Sehingga solusinya adalah membuat materi belajar online yang menarik dan atraktif.

Lalu, bagaimana caranya agar mengajak murid lebih semangat dan menyimak materi belajar bersama Guraru? Simak rekomendasi cara membuat materi pembelajaran online yang menyenangkan di bawah ini.

Materi Belajar dengan Vlog

Selain murid harus menyimak materi yang diberikan, guru bisa memberi sebuah tugas kepada siswa untuk membuat sebuah proyek menggunakan teknologi yang ada. Seperti membuat video blog (Vlog) yang diunggah di YouTube. 

Dengan begitu, materi yang diberikan tidak harus selalu berbentuk cetak atau tulisan. Namun dalam bentuk video yang justru lebih interaktif. Caranya, para guru bisa membuat video materi belajar yang menarik dengan memberikan lagu latar yang energik. Guraru bisa membuat video seperti mengobrol ala vlogger. Jangan lupa, bisa ditambahkan visual yang menarik jika memungkinkan.

Nah, guru pun bisa menugaskan murid untuk mencoba membuat tugas dengan bercerita melalui video, seperti vlogger. Ini membantu murid tidak bosan dengan pekerjaan tertulis.

Baca juga: 6 Platform Belajar Online, Pendukung Belajar dari Rumah

Challenge Series

Saat belajar mengajar online masih berlangsung, guru bisa memberi sebuah challenge series kepada murid. Misalnya guru menantang murid untuk menyambung sebuah kata menjadi kalimat, lalu dilanjutkan lagi kepada murid lainnya.

Challenge series ini dilakukan untuk mencairkan suasana, agar murid senang, guru bisa membuat challenge yang unik dan tidak terlalu kaku, atau tak melulu harus berkaitan dengan pelajaran. 

Misalnya guru mengatakan “Kamu sangat berarti karena…” kepada siswa A. Lalu siswa A melemparkan lagi pernyataan tersebut kepada siswa B. Begitu seterusnya.

Membuat Infografis dengan Canva

Jika para murid mulai jenuh dengan materi yang didominasi teks, guru bisa beralih membuat infografis. Konten infografis memang tetap dilengkapi teks, namun tidak membutuhkan teks panjang. Sehingga para murid dapat cepat memahami pelajaran jika materi disampaikan dengan ilustrasi gambar beserta teks singkat.

Mudahnya, guru bisa membuat infografis menggunakan website Canva. Lewat Canva, guru bisa membuat materi menggunakan visual yang menarik. Apalagi Canva menyediakan template khusus infografis. Memudahkan guru membuat materi pelajaran yang kekinian, seperti informasi viral yang berseliweran di Instagram.

Guru juga bisa memberi tugas kepada siswa untuk membuat infografis versi mereka. Misalnya fakta seputar penularan COVID-19, Sejarah dan Budaya Indonesia, hingga kisah pahlawan. Lalu, infografis yang telah dibuat wajib di-posting di feed Instagram mereka (khusus untuk murid SMP atau SMA)

Aktif Lewat Tik Tok

Kegiatan belajar mengajar dari rumah memang sangat menantang bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Namun keterbatasan yang dihadapi saat ini justru harus membuat guru semakin kreatif.

Agar semakin menyenangkan, guru bisa membuat sebuah gerakan atau senam menggunakan video Tik Tok, mengingat aplikasi yang satu ini digemari para remaja. Plusnya, video Tik Tok bisa dilengkapi lagu. 

Nah, video senam dengan gerakan ala guru bisa menjadi materi belajar sekaligus sebuah challenge agar siswa meniru gerakan senam di Tik Tok. Cara ini patut dicoba untuk memberi suasana belajar yang berbeda. 

Bermain Sambil Belajar

Bermain sambil belajar sebetulnya bisa diterapkan dari jenjang pendidikan PAUD hingga universitas. Bedanya hanya dari konten yang dibahas dalam sebuah games atau kuis. Untuk mengurangi tingkat stres siswa selama belajar dari rumah, guru dapat membuat sebuah kuis atau games yang memiliki unsur edukatif namun menyenangkan.

Misalnya membuat sebuah tebak-tebakan atau melanjutkan sebuah pantun yang berkaitan dengan pelajaran yang sedang dibahas.

Mengajar dengan Meme

Meme adalah ungkapan berbentuk tulisan serta ilustrasi yang menggambarkan kesedihan senang, sindiran dan lainnya. Namun, guru bisa menggunakan meme sebagai materi belajar yang positif.

Misalnya ketika mengajar pelajaran Kimia, guru bisa mengenalkan simbol Kimia menggunakan meme seperti di atas. Dengan cara yang lucu, tentu saja murid dapat menyerap pelajaran dengan baik dan mencairkan suasana agar tidak monoton.

Baca juga: 7 Rekomendasi Teknologi Belajar Online Agar Semakin Menarik

Diskusi dalam Bentuk Podcast

Kini banyak remaja mendengarkan Podcast di berbagai aplikasi. Nah, dengan memanfaatkan momentum belajar dari rumah, guru pun bisa merekam materi belajar menggunakan Spotify misalnya.

Mengingat yang direkam hanya dalam bentuk suara, guru harus ‘mendongeng’. Cara ini bisa diterapkan ketika mengajar bahasa Indonesia, Sejarah, Geografi, atau Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dengan begitu, murid bisa menyimak pelajaran lewat Spotify. Lalu bagaimana cara mengawas murid agar mereka fokus menyimak? 

Guraru jangan khawatir. Metode satu ini bisa diterapkan dengan memberi kepercayaan kepada murid agar mereka belajar mandiri. Atau seperti program yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakni  “Merdeka Belajar”.

Agar murid tetap bisa meresap pelajaran yang disampaikan, guru juga bisa membagi siswa membentuk kelompok untuk diskusi atau obrolan seru dalam bentuk Podcast. Lalu podcast yang mereka buat wajib diunggah ke Spotify, sehingga guru dapat mengetahui minat dan seberapa jauh para siswa menyerap pelajaran.

Nah, Guraru kini bisa mendapatkan atau membagikan informasi seputar materi pembelajaran atau pendidikan lainnya bersama para guru, praktisi atau konsultan pendidikan lainnya di website guraru ini. Yuk, bergabung dengan Komunitas Guraru untuk saling berbagi sekarang!

Belum daftar di Guraru ? Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan diri sekarang!
Daftar Guraru

Comments (11)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar