7

6 Platform Belajar Online, Pendukung Belajar Dari Rumah (0)

Pengelola Guraru October 28, 2020

Sejak pandemi melanda, aplikasi untuk video call semakin populer di seluruh dunia. Tak hanya perusahaan swasta yang membutuhkan teknologi komunikasi virtual saat pandemi muncul, namun juga dunia pendidikan. Guraru tentu membutuhkan teknologi pendukung agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meski tidak di sekolah, bukan? Inilah platform belajar online pilihan yang dapat mendukung belajar online dari rumah.

Rumah Belajar

Platform belajar online Rumah Belajar dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mendukung proses belajar mengajar dari rumah selama pandemi berlangsung. 

Nah, fasilitas ini sangat membantu Guraru agar dapat mengajar kapan dan di mana saja. Plusnya, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan bisa dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Fitur utama Rumah Belajar pun cukup menarik dan tidak kalah menarik dengan platform belajar online lainnya. Berikut fitur utama Rumah Belajar;

  • Sumber Belajar

Guru dan Siswa dapat mengambil materi dalam format video, gambar, animasi hingga permainan.

  • Kelas Digital

Fitur Learning Management System (LMS) ini digunakan untuk belajar online dari rumah sehingga guru bisa bertatapan dengan murid dari jarak jauh.

  • Bank Soal

Di fitur ini, murid dapat menemukan berbagai kumpulan soal untuk belajar mandiri maupun ditugaskan oleh guru.

  • Laboratorium Maya

Tentu bagian ini sangat menarik, karena Rumah Belajar menyediakan simulasi praktikum yang sangat interaktif.

Untuk menggunakan Rumah Belajar, guru, murid dan orang tua pun dapat mengakses dengan mendaftar terlebih dahulu. Jika sudah daftar, Anda sudah dapat menggunakan platform inovasi Kemdikbud ini secara gratis.

Baca juga: 7 Rekomendasi Teknologi Belajar Online Agar Semakin Menarik

Ruangguru

Ruangguru adalah salah satu platform pendidikan yang sudah dikenal dan digunakan jauh sebelum COVID-19 melanda. Sehingga, bagi sebagian siswa dan guru yang telah bergabung, tentu sudah familiar mengikuti proses belajar mengajar online atau jarak jauh.

Aplikasi Ruangguru ditujukan untuk semua jenjang, kelas, dan mengikuti kurikulum nasional. Programnya terdiri dari; ‘ruangbelajar’, ‘ruanglesonline’, ‘digitalbootcamp’, ‘ruanguji’, ‘ruangles’ hingga ‘ruangkelas’. 

Plusnya dari aplikasi ini, siswa dapat memilih jadwal dan guru untukmengikuti bimbingan belajar atau bimbel. Sehingga, siswa yang ingin mendapatkan nilai baik dapat menggunakan bimbel di Ruangguru. 

Sedangkan guru juga dapat bergabung untuk menjadi pengajar di aplikasi ini. Untungnya Ruangguru juga sudah menyediakan Live Teaching, sehingga murid bisa bertanya langsung kepada guru via chat.

Quipper School 

Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya yang disediakan oleh Quipper Indonesia, perusahaan pionir yang memperkenalkan pendidikan berbasis online di Indonesia. Lewat platform belajar online ini, guru dapat mengelola dan mengirim materi belajar, ujian hingga nilai siswa dengan lebih mudah. 

Untuk mendukung proses belajar dari rumah, guru dan siswa dapat menggunakan Quipper School lewat website utama Quipper. Untuk mengetahui kemudahan yang ditawarkan Quipper School, berikut ini fitur utamanya;

  • QLink (Portal Guru)
    Guru dapat menggunakan fitur Qlink untuk mengelola tugas dan materi belajar. Sehingga murid dapat dengan mudah mengakses tugas yang harus dikerjakan. Plusnya, fitur ini memudahkan guru mengelola nilai siswa. Karena guru akan menerima hasil nilai yang dikerjakan siswa secara otomatis, sehingga guru tak lagi harus mengoreksi kembali secara manual.
  • QCreate (Portal Pembuatan Konten)
    Fitur Qcreate digunakan untuk guru membuat soal atau materi. Jika soal dan materi sudah siap digunakan, guru dapat mempublikasikan soal dan materi di akun Quipper pribadi milik guru. 
  • QLearn (Portal Siswa)
    Sedangkan fitur QLearn khusus dibuat untuk siswa. Pada fitur ini, siswa dapat mengerjakan tugas dan menerima materi yang telah diberikan oleh guru.

ICANDO

ICANDO adalah aplikasi pendidikan jenjang PAUD yang dilengkapi dengan materi belajar interaktif dan ratusan mini games untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak. Menurut ICANDO, dengan berbasis game-based education dapat menimbulkan perasaan bahagia pada anak. 

Plusnya, selain orang tua dibutuhkan untuk mendampingi anak, ICANDO pun menyediakan bantuan ‘Pak Ken’ yaitu karakter interaktif yang bertugas untuk memonitor perkembangan belajar sang anak.

Untuk terus mendukung proses belajar dari rumah, ICANDO tidak hanya menyediakan games edukatif saja. Ada pula fitur lainnya, seperti konten yang berfokus pada keterampilan membaca serta menulis, berhitung, hingga pendidikan budi pekerti yang tetap dikembangkan dengan teknologi terkini, seperti voice recognition dan hand-written recognition.

Baca juga: Tantangan Sekolah di Era New Normal, Seperti Apa?

Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah platform belajar online lainnya yang fokus utamanya untuk menguatkan peran guru, sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran melalui platform yang terintegrasi. Harapannya tentu saja agar dapat meningkatkan minat belajar dan nilai akademis membanggakan yang dapat diperoleh siswa.

Belum lama ini, untuk mendukung proses belajar online, Kelas Pintar pun meluncurkan fitur ‘Sekolah’. Di sini, guru dan siswa pun merasakan suasana belajar mengajar seperti di sekolah. Lalu apa saja fitur ‘Sekolah’ yang dapat digunakan guru dan siswa? Simak penjelasan di bawah ini. 

  • Kelas

Layaknya belajar saat di ruang sekolah, guru dan siswa dapat menggunakan fitur ‘Kelas’ di Kelas Pintar untuk belajar tatap muka secara virtual. Selain kegiatan tanya jawab bisa dilaksanakan, di fitur ini guru dapat menggunakan papan tulis virtual atau berbagi layar (sharing screen) kepada siswa. Bahkan, guru juga dapat merekam saat proses belajar mengajar sedang berlangsung.

  • PR

Kemudahan dari fitur ini adalah guru dapat memantau status pekerjaan rumah dari masing-masing siswa. Fitur PR atau pekerjaan rumah juga membantu guru dan siswa mengirim, mengunduh dan mengunggah file.

Dokumen yang didukung pun bisa dalam bentuk pdf, png, jpeg maupun docs. Plusnya, untuk mengirim dan download dokumen, guru dan siswa tidak perlu mengirimkan dalam bentuk email atau bahkan menggunakan platform lainnya. Hanya cukup menggunakan fitur PR di Kelas Pintar.

  • Project

Fitur Project dalam Kelas Pintar dibuat untuk mendukung model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan). Sehingga guru dapat memberi proyek dalam bentuk pdf, png, jpeg, docs.

  • Ujian

Selain guru apat membuat soal ujian, dengan menggunakan fitur ‘Ujian’ ini guru juga akan dimudahkan dengan fasilitas laporan hasil ujian yang bisa diperoleh secara realtime

  • Tugas

Tentu saja dengan menggunakan fitur ini, guru dapat membuat dan memberikan tugas secara online kepada murid. Jenis soal yang dibuat bisa berupa esai atau pilihan ganda. Guru juga bisa menentukan sendiri bobot nilai dari setiap soal yang diberikan kepada siswa.

  • Monitoring

Fitur ini sangat membantu guru untuk mengawasi aktivitas belajar siswa di rumah secara online. Guru dapat mengawas karena akan menerima sejenis laporan rekaman siswa atau aktifitas (LOG) dari penggunaan menit ke menit. Sehingga guru pun tahu apakah murid sudah mengerjakan tugas atau belum.

  • Soal

Jika fitur ujian dan tugas bisa dibuat versi guru, fitur ‘Soal’ adalah kumpulan soal berbobot dalam format animasi yang disediakan Kelas Pintar. Format animasi sengaja dibuat untuk meningkatkan pemahaman siswa saat menerima materi belajar. Soal yang disediakan pun dikategorikan dari tingkat kesulitan dan pemahaman.

  • Tanya

Fitur ini digunakan untuk siswa yang merasa belum memahami materi pelajaran yang ia terima. Dengan begitu, siswa dapat bertanya langsung kepada guru.

Baca juga: 5 Cara Compress File Materi Belajar Online

Zenius Education

Sejak pemerintah memutuskan menonaktifkan belajar dari sekolah, Zenius Education membuka akses gratis. Platform belajar online ini telah memiliki 80.000 video materi pelajaran untuk kelas 1 SD sampai 12 SMA. Sehingga materi dalam bentuk video tersebut dapat mendukung siswa belajar dari rumah secara mandiri. 

Uniknya, video pembelajaran Zenius disediakan dengan format whiteboard. Sehingga tak memakan banyak kuota. Selain itu, Guraru dapat saling bertukar informasi dengan guru lainnya yang terdaftar dalam Zenius Education. Platform ini juga menyediakan pelatihan membuat strategi mengajar yang konkret dan aplikatif kepada guru secara berkala.

Dengan adanya keenam platform belajar online tersebut, memudahkan guru mengajar dan mendistribusikan tugas dan materi kepada murid. Apalagi beberapa aplikasi pendidikan di atas juga membantu guru mengawas murid dengan lebih mudah. 

Yuk, bagikan informasi enam platform belajar online di atas kepada guru lainnya! Guraru pun bisa berbagai atau mendapatkan informasi materi pembelajaran atau pendidikan bersama guru, praktisi atau konsultan pendidikan lainnya di website Guraru. Ayo, gabung Komunitas Guraru untuk saling berbagi sekarang!

Belum daftar di Guraru ? Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan diri sekarang!
Daftar Guraru

Comments (7)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar