2

6 Langkah MASTER Cara Belajar Cepat (0)

Yusmini March 4, 2021

Hai sahabat Guraru-ers. Semoga selalu dalam keadaan sehat semuanya. Kali ini pembahasan kita mengenai 6 langkah M-A-S-T-E-R, 6 langkah dasar dalam metode Cara Belajar Cepat (CBC) yaitu (1) motivating your mind (memotivasi pikiran), (2) acquiring the information (memperoleh informasi), (3) searching out the meaning (menyelidiki makna), (4) triggering the memory (memicu memori), dan (5) exhibiting what you know (memamerkan apa yang Anda ketahui).

Dunia berubah begitu cepat. Dalam dunia pendidikan, dibutuhkan berbagai inovasi dalam pendidikan untuk merubahnya menjadi lebih baik. Siswa bukan hanya berkewajiban untuk belajar, tetapi juga perlu dikenalkan dengan cara belajar yang dapat membantunya menuju kesuksesan. Cara Belajar Cepat (CBC) merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh siswa agar mampu meningkatkan kemampuan menyerap dan memahami informasi baru dengan cepat serta menguasai informasi tersebut.

Apa manfaat yang dapat diperoleh siswa ketika menggunakan cara belajar cepat ini? Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh oleh siswa adalah mempelajari cara belajar akan meningkatkan kepercayaan dan keyakinan dirinya. Ketika para siswa mempelajari cara belajar, mereka akan mampu mengatur diri dan kemampuan dasar untuk meningkatkan pengembangan pribadi masing-masing.

Collin Rose dan Malcolm J. Nicholl dalam bukunya Accelerated Learning For The 21st Century mengemukakan bahwa struktur metode CBC ini dibagi menjadi 6 langkah dasar dengan menggunakan singkatan M-A-S-T-E-R. Kata ini diciptakan oleh pelatih terkemuka CBC, Jayne Nicholl.

Langkah pertama yaitu motivating your mind (memotivasi pikiran). Sikap yang harus dikembangkan oleh siswa dalam belajar adalah harus relaks, percaya diri, dan termotivasi. Mereka harus mempunyai keinginan untuk memperoleh keterampilan atau pengetahuan baru, percaya diri bahwa mereka betul-betul mampu belajar serta percaya bahwa informasi yang didapatkan akan mempunyai dampak bermakna bagi kehidupannya.

Langkah kedua yaitu acquiring the information (memperoleh informasi). Para siswa perlu mengambil, memperoleh dan menyerap fakta-fakta dasar subjek pelajaran yang paling sesuai dengan gaya belajar yang mereka sukai.

Langkah ketiga yaitu searching out the meaning (menyelidiki makna). Para siswa dapat menyelidiki/mengeksplorasi bahan dari materi yang akan dipelajari. Ada perbedaan yang mendasar antara mengetahui dan memahami sesuatu.

Langkah keempat yaitu triggering the memory (memicu memori). Setelah mempelajari suatu materi, para siswa harus yakin bahwa telah “menyimpan”-nya rapat-rapat dalam memori sedemikian sehingga mereka bisa membuka dan mengambilnya saat diperlukan. 

Langkah kelima yaitu exhibiting what you know (memamerkan apa yang Anda ketahui). Beberapa cara yang dapat digunakan oleh para siswa untuk mengetahui bahwa mereka telah paham dengan apa yang telah dipelajari adalah dengan menguji diri sendiri, kemudian mencoba mengajarkannya kepada orang lain. Jika mereka telah mampu mengajarkannya kepada orang lain, berarti mereka betul-betul menunjukkan bahwa mereka telah paham tentang materi tersebut.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar