12

6 Cara Membuat Intro Video yang Menarik dan Unik (0)

Pengelola Guraru April 26, 2021

Apabila Guraru masih memilih YouTube sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran, guru harus tahu bagaimana membuat pembuka yang bagus. Memang seberapa penting sih intro video itu?

Jika paragraf pertama dalam sebuah tulisan harus menarik agar membuat pembaca terus membaca hingga selesai, begitu juga dengan video. Jadi sangat penting untuk membuat pembuka pada video dengan visual yang memberi kesan agar akun channel YouTube guru membuat murid terkesan.

Intro video atau bumper opening video berfungsi untuk memperkenalkan channel YouTube milik guru. Dengan membuat intro yang menarik, murid tak hanya sekadar mengetahui akun YouTube milik guru, namun mereka juga akan menonton dan mengingat video yang telah dibuat oleh guru. 

Agar Anda tahu bagaimana membuat intro video yang menarik, simak tips di bawah ini.

1. Tujuan

Sebelum membuat intro video atau bumper video, tujuan guru membuat video adalah mengedukasi para murid. Jadi sebaiknya Anda harus membuat pembuka video yang to the point alias tidak bertele-tele. Pastikan pula bumper video mewakili isi topik yang dibahas.

2. Durasi

Biasanya, intro video dengan durasi 5 detik saja sudah cukup. Pastikan konten pada intro tidak bias dari topik. Anda harus membuat pembuka video yang objektif dan pendek. Intro video yang panjang akan membuat murid bosan sebelum video pelajaran dimulai.

3. Identitas Visual

Visual memang sangat penting. Tapi Anda jangan khawatir apabila sama sekali tidak mengerti atau masih asing dengan segala hal tentang desain. Mudahnya, guru dapat menggunakan sebuah foto dan teks nama channel untuk digunakan sebagai bumper video. Buatlah sederhana, karena tujuan introduksi video adalah untuk memperkenalkan channel Anda kepada murid.

4. Musik

Anda dapat memilih musik dengan dua pilihan di bawah ini:

  • Memilih lagu yang spesifik seperti video intro pada talkshow atau berita terkini di televisi.
  • Memilih lagu yang familiar bagi murid. Misalnya soundtrack film atau lagu hits terkini namun YouTube akan membuat video menjadi sunyi jika menggunakan lagu secara ilegal.

Kesimpulannya, guru dapat memilih lagu dengan menyesuaikan target audiens dan tujuan konten.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Edit Video Pembelajaran 

5. Outro Video

Jika intro video untuk memperkenalkan akun milik guru, outro video berfungsi untuk mengajak murid melakukan calls to action seperti subscribe dan like video pelajaran karya guru.

6. Aplikasi untuk Membuat Intro Video

Jika guru sudah tahu tips membuat intro video, berikut aplikasi yang dapat membantu guru membuat video pembuka semenarik mungkin.

1. Wondershare Filmora 

Aplikasi pengolah video ini punya beragam efek. Terlebih lagi, Wondershare Filmora mempunyai tampilan yang tidak memusingkan guru karena aplikasi ini terbilang mudah digunakan untuk pemula.

Anda dapat pula memilih musik yang telah disediakan Wondershare Filmora. Jadi tak perlu pusing lagi. Aplikasi ini dapat diunduh pada website Wondershare Filmora. Anda pun dapat menyimpan video dengan berbagai format, mulai dari format MP4, AVI, MOV, WMV, MPEG-2, hingga MKV. 

2. Kinemaster

Guru dapat mengunduh aplikasi Kinemaster di smartphone. Mengerjakan intro video dengan Kinemaster juga sangat mudah. Selain antarmuka aplikasi ini tidak memusingkan, Kinemaster memiliki fitur Project Assistant.

Dengan menggunakan fitur tersebut, guru dapat terbantu karena proses pembuatan video jadi lebih mudah untuk pemula. Fitur ini menawarkan pengguna untuk memilih tema, filter, teks dan lainnya. Bahkan, pilihan teks pada Kinemaster sangat beragam dan bagus.

3. Text Animation Maker

Aplikasi Text Animation Maker sebetulnya sangat mudah untuk guru yang membutuhkan membuat video intro. Cara pakainya, guru hanya perlu membuat penulisan teks lalu tinggal pilih gaya animasi, jenis font dan lainnya. Jika sudah selesai, guru dapat menyimpan bumper video dalam format MP4 video atau autoreplay GIF. 

Baca Juga: Tutorial Video Animasi Sederhana untuk Pembelajaran, Dicoba Yuk!

4.   Legend

Mirip dengan Text Animation Maker, aplikasi Legend juga mendukung guru untuk membuat video bumper dengan teks animasi sesuai keinginan. Guru hanya perlu membuat teks dan memilih latar belakang serta efek animasi yang telah disediakan. 

Bahkan Legend bisa dikatakan sebagai aplikasi yang sering dipakai YouTuber untuk mendesain video pembuka.

5. VivaVideo

Aplikasi VivaVideo yang dapat digunakan melalui smartphone ini adalah salah satu aplikasi favorit. Guru pun tak perlu merasa kesulitan, sebab aplikasi VivaVideo memudahkan pemula untuk berkreasi.

Selain menawarkan jenis teks beragam, guru dapat pula menambahkan animasi bergerak dan stiker lucu agar menarik. Bahkan guru dapat pula membuat teks pada intro video menggunakan efek slow motion

Itulah tips dan aplikasi untuk membuat intro video yang bisa Anda coba. Dengan begitu, murid akan lebih semangat menonton sebelum menyerap materi yang disampaikan. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada sesama rekan Guraru. Selamat mencoba!

Tagged with: , ,

Comments (12)

    • Kembali kasih Bapak Agus 🙂
      Iya benar sekali Pak, intro pada video tersebut bisa membuat video semakin berkesan dan lebih mudah diingat para murid ya Pak 🙂
      Salam sehat selalu Pak

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar