0

5 Vaksin COVID-19 Resmi Digunakan di Indonesia (Selain Sinovac) (0)

Ega Bekti December 7, 2020

Vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia telah diverifikasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Salah satunya vaksin COVID-19 Sinovac dari China yang tiba semalam di Indonesia pada Minggu (6/12).

Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang tidak aktif sebagaimana dikutip oleh CNN Indonesia. Singkatnya, vaksin yang tidak aktif adalah vaksin yang menyebabkan tanggapan kekebalan menggunakan bentuk virus yang lemah atau tidak aktif.

Sayangnya, untuk memberikan kekebalan terus-menerus terhadap infeksi, vaksin yang tidak aktif membutuhkan banyak dosis seiring waktu.

Di bawah nama CoronaVac, vaksin Sinovac juga menjalankan uji coba Tahap III di Brasil. CoronaVac saat ini sedang memasuki uji coba Fase 3. Di Brazil, Indonesia dan Bangladesh, Sinovac sedang mengevaluasi vaksinnya.

Ada lima vaksin lain yang akan digunakan di Indonesia, selain CoronaVac. Hal tersebut diketahui dari Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07 / Menkes / 9860/2020 yang dikeluarkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tentang Penetapan Vaksin untuk pelaksanaan Vaksinasi Penyakit Virus Corona 2019 (Covid). -19).

Apa saja vaksin untuk COVID-19? Daftarnya ada di sini!

  1. BioNTech dan Pfizer

Pfizer dan BioNTech telah menyarankan kepada AS dan BPOM Eropa penggunaan darurat vaksin virus corona yang mereka produksi.

Dari hasil uji coba terakhir pada 18 November, Kompas.com, kandidat vaksin Pfizer-BioNTech, diyakini 95 persen efektif melawan virus corona dan tidak menimbulkan risiko gangguan keamanan.

Selain itu, Pfizer-BioNTech mengumumkan bahwa vaksin tersebut akan tersedia di Eropa bulan ini.

Penggunaan dapat dimulai setelah aplikasi penggunaan darurat UE telah disahkan oleh European Medicines Agency (EMA).

  1. Simfoni Sinopharm

Di China, setidaknya hampir satu juta orang disuntik dengan vaksin COVID-19 Sinopharm di bawah izin penggunaan darurat.

Vaksin tersebut saat ini sedang dalam proses pengujian yang belum sepenuhnya selesai.

Itu hanya digunakan pada pejabat China, pelajar dan karyawan yang bepergian sampai vaksin Sinopharm terbukti sepenuhnya efektif.

Sinopharm melaporkan bahwa individu yang mengirimkan vaksin telah melakukan perjalanan ke lebih dari 150 negara dan tidak ada kasus infeksi yang dilaporkan saat ini.

Vaksin Sinopharm adalah salah satu dari lima vaksin uji klinis luar negeri teratas yang dikelola oleh China. Uni Emirat Arab menjadi negara pertama yang mengizinkan penggunaan vaksin ini di luar China pada bulan September.

  1. Modernisme

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Moderna dilaporkan memiliki efektivitas 94,5 persen.

Pada akhir November, Moderna mengumumkan telah mengajukan permohonan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 ke AS dan Eropa.

Organisasi tersebut mengatakan kemanjuran suntikan dan catatan keamanan untuk vaksin melawan virus korona kuat.

Karena itu, Moderna mengklaim vaksin yang diproduksi telah memenuhi kriteria yang ditetapkan untuk penggunaan darurat oleh US BPOM (FDA).

  1. Dengan AstraZeneca

Uji coba yang dilakukan oleh AstraZeneca dan University of Oxford menunjukkan bahwa rata-rata keampuhan produksi vaksin virus korona adalah 70 persen.

Data mengungkapkan, vaksin AstraZeneca menunjukkan respon imun yang baik pada lansia, seperti dikutip BBC Indonesia, Rabu (2/12/2020). Tes terhadap 20.000 sukarelawan juga sedang dilakukan saat ini.

Karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat dingin, vaksin AstraZeneca dianggap mudah untuk diberikan.

Vaksin ini dibuat dari varian lemah virus pilek simpanse tradisional yang telah diubah agar tidak berkembang pada manusia.

  1. Bio Farma

PT Bio Farma (Persero) adalah produsen vaksin dalam negeri.

Banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pandemi tersebut, termasuk pengadaan vaksin COVID-19. Pemerintah sudah menempuh dua jalur pengadaan vaksin yang melibatkan perusahaan pelat merah itu.

Pertama, pemerintah bekerja sama dengan perusahaan vaksin China, Sinovac Biotech, melalui Bio Farma. Kedua, vaksin Merah Putih adalah vaksin domestik.

Itu dia bunda, beberapa pilihan vaksin COVID-19 yang akan resmi digunakan di Indonesia. Sementara vaksin COVID-19 dapat digunakan untuk penggunaan umum, protokol kesehatan 3M juga harus diikuti.

Tagged with:

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar