33

5 Cara Mendaftar dan Mengaktifkan Google Suite for Education (0)

Pengelola Guraru December 17, 2020

Kecanggihan teknologi memberi banyak manfaat bagi dunia pendidikan di tahun 2020 ini. Sejak pandemi, kegiatan belajar mengajar dari rumah harus mengandalkan teknologi. Selain perangkat keras seperti laptop dan smaftphone, aplikasi seperti Google Suite for Education pun sangat direkomendasikan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar via online.

Keunggulan Menggunakan Google Suite for Education

Google Suite for Education adalah sebuah software besutan Google untuk mendukung dunia pendidikan. Aplikasi yang juga disebut G Suite for Education ini berbasis cloud yang ditujukan untuk lembaga pendidikan dasar, menengah dan tinggi non profit, hingga homeschool

Aplikasi G Suite memang sangat mirip dengan Gmail. Namun, G Suite for Education mempunyai fitur Classroom, Jamboard, Admin dan Google Vault yang tidak dimiliki pada Gmail. Dengan begitu, aplikasi ini sangat berguna untuk pengajar dan murid. 

Keunggulan yang dapat dirasakan ketika menggunakan Google Suite for Education yakni:

1. Mobile Friendly

Ya, mobile friendly adalah keunggulan G Suite paling utama. Selain digunakan di laptop, guru dan murid bisa tetap menggunakannya di smartphone atau tablet. Sehingga mengakses Google Suite for Education pun bisa di mana dan kapan saja.

2. Gratis

Pada laman website resmi Google, perusahaan global ini memberi pernyataan bahwa Google Suite for Education digunakan secara gratis untuk sekolah. Namun berbeda dengan G Suite Enterprise for Education yang dikenakan biaya sebesar $48 per tahun bagi institusi yang membeli lisensi individu yang dapat digunakan pengajar dan siswa.

3. Kolaborasi Data Secara Realtime

Selain itu, keuntungan menggunakan G Suite for Education lainnya adalah dapat mengubah dan menambahkan data secara realtime. Dengan begitu guru dapat lebih mudah menyebarkan materi dan memperbarui secara berkala.

4. Dapat Digunakan Beberapa Pengguna

Satu akun G Suite for Education dapat digunakan oleh banyak pengajar dan murid. Bahkan Admin dapat menambahkan 500 pengguna sekaligus menggunakan upload CSV. 

5. Mengelola Tugas Lebih Mudah

Salah satu fitur Course Kit dalam Google Suite for Education dapat mendukung guru untuk membuat tugas serta memberikan materi kepada murid.

Baca juga: 10 Tips Mengajar Kelas Online Lebih Interaktif dan Asyik

Cara Mendaftar Platform Google Suite for Education untuk Guru

Setelah mengetahui keunggulannya, pihak Google pun tidak sembarangan untuk memberikan akses G Suite for Education. Sebab, Google telah mempunyai kriteria lembaga mana saja yang dapat mengakses aplikasi ini. Syaratnya yaitu:

  • Berstatus non profit dan telah diverifikasi
  • Lembaga telah diakui oleh pemerintah atau terakreditasi resmi
  • Mempunyai sertifikasi secara nasional atau internasional di tingkat pertama, kedua dan ketiga.

Jika telah memenuhi syarat, pihak sekolah dapat melakukan pendaftaran platform G Suite for Education dengan cara di bawah ini.

  1. Buka halaman pendaftaran di sini. Selanjutnya, Anda diminta untuk mengisi formulir. Seperti mengisi informasi mengenai Nama institusi atau sekolah dan tingkat pendidikan yang ditawarkan.
  2. Selanjutnya, pada bagian “Selengkapnya tentang institusi Anda”, Google Suite for Education meminta Anda memasukkan url situs website institusi atau Sekolah. URL adalah nama yang muncul setelah “www.” di alamat web. Misalnya, terdapat unsur nama organisasi Anda, yang diikuti oleh “.com” atau “.org”. Contohnya “Guraru.org.” Lalu isi juga jumlah siswa dan staf yang terdaftar. Kemudian Klik berikutnya.
  3. Halaman formulir selanjutnya adalah pengisian nomor telepon, alamat, dan kontak admin institusi atau sekolah. Admin dipilih dari pihak institusi sebagai perwakilan sekolah. 
  4. Pada halaman selanjutnya, Anda akan ditanya mengenai domain yang dimiliki. Bagi sekolah yang belum mempunyai domain dan hosting, Anda bisa memanfaatkan domain yang disediakan IDCloudhost melalui program Ekabima SECARA GRATIS. kLIK DI SINI. Jika sekolah Anda telah mempunyai domain sendiri, maka Klik “Ya, Saya Memiliki Domain”.
  5. Nantinya Google akan bertanya kembali mengenai domain yang Anda daftarkan. Jika sudah, Anda akan membuat 1 akun email menggunakan domain sekolah untuk digunakan ketika mengakses Google Suite for Education.
  6. Nantinya akan ada kalimat “Tinjau persyaratan izin sekolah G Suite for Education” atau lalu klik “Setuju” dan “Lanjutkan”. 
  7. Pada halaman “Berbagi Ide Hebat dengan Google” silakan klik OKE.
  8. Halaman selanjutnya, Anda harus membaca lengkap syarat dan ketentuan mengenai Persetujuan Sekolah G Suite untuk Pendidikan. Jika sudah selesai membaca, klik Setuju dan Lanjutkan. Silakan verifikasi reCAPTCHA akun Anda dan klik Setuju dan Lanjutkan.
  9. Anda akan mendapatkan notifikasi berisi “Masa uji coba 14 hari G Suite for Education Anda telah dimulai”.
  10. Jika telah selesai melakukan pendaftaran, selanjutnya Anda harus menuntaskan langkah berikutnya, yakni verifikasi. Simak caranya di bawah ini.

Baca juga: Yuk, Bikin Materi Edukasi Seru dengan Aplikasi PowerPoint!

Cara Verifikasi Domain

Agar dapat menggunakan Google Suite for Education, Anda harus melakukan verifikasi domain, berikut caranya:

  1. Login ke admin google dengan menggunakan akun Google G Suite for Education yang sudah diaftarkan.
  2. Setelah login, muncul notifikasi terkait verifikasi domain ke akun Google G Suite for Education. Klik “Verifikasi”.
  3. Klik “Lanjutkan” untuk memverifikasi domain jika memilih dengan data TXT. Anda juga dapat mengklik “Beralih Metode Verifikasi” jika Anda perlu menggunakan metode lain. Pilihan lainnya yakni verifikasi data dengan CNAME, menambahkan Tag Meta pada website dan upload File HTML ke website.
  4. Klik “Salin” untuk menyalin data verifikasi unik Anda. 
  5. Selanjutnya, di tab atau jendela browser kedua, login ke akun host domain Anda.
  6. Buka data DNS domain. Halaman tersebut mungkin memiliki nama seperti Pengelolaan DNS, Pengelolaan Server Nama, Panel Kontrol, atau Setelan Lanjutan.
  7. Pilih opsi untuk menambahkan data baru.
  8. Untuk jenis data, pilih TXT.
  9. Pada kolom Nama/Host/Alias, masukkan “@” atau biarkan kolom tetap kosong.
    Host Anda mungkin mengharuskan Anda memasukkan domain, yang terlihat seperti example.com, ke kolom ini. Data DNS Anda yang lain mungkin menunjukkan data yang harus dimasukkan.
  10. Pada kolom Time to Live (TTL), masukkan 86400 atau gunakan nilai default.
  11. Di kolom Nilai/Jawaban/Tujuan, tempel data verifikasi yang Anda salin pada langkah paling awal. Simpan datanya.
  12. Lalu minta Google untuk memverifikasi, caranya kembali ke alat penyiapan di konsol Admin, lalu klik Verifikasi.
  13. Klik Lanjutkan, lalu scroll ke bagian bawah halaman berikutnya. Klik Verifikasi domain saya. 

Jika verifikasi sudah selesai, sekolah tidak akan bisa langsung menggunakan Google Suite for Education, karena prosesnya membutuhkan 14 hari untuk memastikan bahwa institusi perguruan tinggi yang mendaftar benar-benar valid.

Kini Guraru sudah memahami menggunakan Google Suite for Education. Nah, sekarang bagikan tips ini kepada guru lainnya dan selalu aktif berbagi serta update informasi materi pembelajaran dan pendidikan bersama guru, praktisi atau konsultan pendidikan di website Guraru. Gabung Komunitas Guraru untuk saling berbagi dan tetap semangat mengajar!

Belum daftar di Guraru ? Tunggu apa lagi?

Yuk, daftarkan diri sekarang!
Daftar Guraru

Comments (33)

  1. Wah Semakin banyak aplikasi semakin memudahkan kita memanfaatkan yang terbaik selama PJJ ini, saya mencoba menggunakan Google Suite for Education ini di semester genap nanti, sangat bermanfaat…

    • Benar sekali bapak oloan! makin semangat untuk ilmu baru. silakan untuk mengisi polling terbaru kami di home-page ya pak untuk survei singkat pengajaran di semester tahun depan 😉

    • semangat Bapak 😉 benar sekali guraru mengajak guru-guru indoensia untuk makin melek literasi dan teknologi yang memudahkan pembelajaran kita terlebih lagi di era digital!
      silakan juga untuk mengisi polling terbaru kami di home-page ya pak untuk survei singkat pengajaran di semester tahun depan 😉

    • benar sekali bapak! maka dari itu guraru mengajak guru-guru indoensia untuk makin melek literasi dan teknologi yang memudahkan pembelajaran kita terlebih lagi di era digital.
      silakan juga untuk mengisi polling terbaru kami di home-page ya pak untuk survei singkat pengajaran di semester tahun depan 😉

    • Benar sekali, Ibu Ayumah 🙂
      Guraru mengajak guru-guru indoensia untuk makin melek literasi dan teknologi yang memudahkan pembelajaran kita terlebih lagi di era digital!
      silakan juga untuk mengisi polling terbaru kami di home-page ya pak untuk survei singkat pengajaran di semester tahun depan 😉

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar