13

5 Cara Compress File Materi Belajar Online (0)

Pengelola Guraru October 23, 2020

Pelaksanaan belajar dari rumah menjadi alternatif sebagai pengganti belajar tatap muka selama pandemi COVID-19. Perubahan cara belajar menjadi online ini mendorong para guru untuk membuat materi pelajaran dalam bentuk dokumen word, PDF, Microsoft Power Point hingga video. Jika digabungkan untuk dikirim maka ukuran file akan besar,  sehingga Anda perlu tahu cara untuk compress file.

Apalagi media komunikasi saat ini tak hanya menggunakan Zoom dan Google Meet saja. Tapi juga Whatsapp Group dan Google Classroom. Nah, proses belajar akan terhambat jika file materi belajar terlalu besar. Apalagi jika dikirim ke Whatsapp Group, file yang dikirim guru kepada murid pasti loading-nya lama karena file terlalu besar.

Selain itu, tak semua peserta didik punya handphone dengan kapasitas memadai serta kuota internet yang cukup. Jadi, para guru sebaiknya mengetahui cara compress file dengan benar untuk melancarkan proses belajar online.

Apa itu Compress File?

Dulunya, disket sangat diandalkan untuk menyimpan data. Lambat laun beralih ke compact disc, flashdisk, mmc card, hingga SD card. Semua perangkat keras ini digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file. Mulai dari dokumen microsoft word, microsoft power point PDF, hingga foto dan video. Namun, kelemahannya ada pada terbatasnya ruang untuk menyimpan file, mirip seperti handphone. Solusinya, kita harus tahu cara compress file. 

Compress file atau kompresi dokumen adalah cara untuk menggabungkan dokumen yang ukurannya besar menjadi lebih kecil. Dengan begitu, file yang akan disimpan atau dikirim tak terlalu besar dan proses upload dan download materi belajar online bisa lebih cepat. Maka, memudahkan para murid pula ketika download file materi belajar.

Masih bingung bagaimana cara mengubah file besar jadi kecil? Simak cara compress file menggunakan laptop Windows di bawah ini.

1. Compress File di Laptop Tanpa Harus Download Aplikasi

Demi memudahkan kedua belah pihak, yakni guru dan murid, simak cara compress file tanpa harus repot download aplikasi. Cukup menggunakan laptop yang dimiliki, para guru lebih praktis mempraktekkan kompresi file berbagai format, dari PDF, Word, Power Point, hingga video seperti di bawah ini.

1. 1 Pilih folder materi belajar online yang datanya cukup besar untuk dikirim. Untuk melihat ukuran file, klik kanan pada mouse atau touchpad laptop, pilih ‘properties’ . Setelahnya akan muncul keterangan lengkap mengenai ukuran file seperti pada foto yang sudah ditandai. Lihat gambar di bawah ini.

1.2 Jika sudah melihat ukuran file, klik ‘Ok’. Lalu klik kanan pada folder yang diinginkan. Arahkan kursor ke ‘Send to’ lalu pilih ‘Compressed Zipped Folder’.

1.3 Proses compress file akan otomatis berjalan seperti gambar di bawah ini.

1.4 Folder hasil compress file akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Jika sebelumnya ukuran file sebesar 51,6 MB, dokumen yang telah melalui compress file menjadi 50,5 MB.

Jika sudah berhasil melakukan cara compress file di atas, implementasikan setiap sebelum mengirim dokumen kepada murid.

Baca juga: 7 Rekomendasi Belajar Online Agar Semakin Menarik

2. Menggunakan WinRar

Sebetulnya, fungsi compress file yang sudah tersedia di laptop dengan format zipped tidak jauh berbeda dengan menggunakan WinRar. Bedanya pada format dan hasil compress file, yakni jika menggunakan aplikasi ini, format folder-nya menjadi ‘rar’. Sedangkan hasil mengecilkan file perubahannya lebih signifikan dibanding Zipped.

Namun jika Anda belum memiliki aplikasi WinRar, bisa unduh di sini khusus untuk laptop Windows. Ikuti langkah mengunduh WinRar di bawah ini:

  • Klik tautan win-rar
  • Lalu, klik “Download WinRar” jika ingin versi gratis, lalu aplikasi akan otomatis terunduh.
  • Buka file WinRar dengan format .exe.
  • Lalu klik Install.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi WinRar.

Selanjutnya, simak cara compress file berbagai format, dari PDF, Word, Power Point, hingga video menggunakan WinRar di bawah ini.

2.1 Pilih folder yang diinginkan. Lalu klik kanan, pilih “Add to “Nama File.rar”. Lihat gambar di bawah ini untuk memudahkan.

2.2 Nantinya, aplikasi WinRar akan memproses compress file. Untuk melihat tampilan prosesnya, lihat gambar di bawah ini.

2.3 Jika semula ukuran file aslinya, sebesar 51,7 MB, hasil compress file materi belajar online menggunakan WinRar menjadi 45,3 MB. Jadi perubahan ukuran file lumayan signifikan dari aslinya.

3. Menggunakan Website WeCompress

Trik lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan website WeCompress. Hanya saja, Anda harus melakukan compress file satu persatu. Berbeda jika menggunakan aplikasi Zip dan WinRar yang bisa sekaligus mengubah ukuran file menjadi kecil dalam satu folder.

Selain itu, WeCompress hanya bisa menekan ukuran file format PDF,Power Point, PDF, dan JPEG saja. Begini cara compress file dengan WeCompress.

3.1 Klik website WeCompress lalu, klik tanda “+”

3.2 Pilih file PDF berukuran besar yang diinginkan, WeCompress akan memproses otomatis. Jika proses sudah selesai, file PDF yang sudah melalui kompresi akan terunduh secara otomatis. Perbedaan ukuran file pun cukup membantu untuk meringankan proses kirim dokumen kepada murid.

Baca juga: Adaptasi dan Solusi Belajar dari Rumah (BDR)

4. Menggunakan Website Freeconvert untuk File Video

Namun, jika Anda hanya akan mengirim materi belajar online dengan format video, selain bisa menggunakan WinRar, Anda dapat pula menggunakan website online seperti Freeconvert.com. Ikuti langkah di bawah ini.

4.1 Klik link Freecovert ini lalu klik “Choose File”.

4.2 Lalu pilih video yang ingin dikecilkan ukurannya. Jika sudah dipilih, lalu klik ‘Compress Now’.

4.3 Lalu Free Convert akan melakukan upload file video terlebih dahulu

4.4 Lalu setelah berhasil upload, website ini akan memproses compress file video.

4.5 Walaupun hasil compress file videonya tidak sampai 50%, namun cara ini lumayan jadi solusi untuk mengurangi proses upload yang terlalu lama.

5. Compress File Foto Format JPEG atau JPG

Apabila materi belajar yang akan dikirim kepada murid berupa file foto format JPEG atau JPG, Anda bisa menggunakan website Compressor.io untuk melakukan compress file. Ikuti cara compress file foto di bawah ini.

5.1 Klik URL link website Compressor.io lalu klik ‘Select Files’. Anda bisa memilih foto lebih dari satu.

5.2 Setelah itu, website ini akan otomatis menyimpan file foto Anda dengan ukuran data yang lebih kecil dengan cara klik ‘Download All’.

Bagaimana, mudah bukan mempraktekkan cara compress file di atas? Dengan compress file proses belajar tidak akan terhambat dengan ukuran file materi belajar yang terlalu besar. 

Guraru, cara compress file mana yang akan Anda coba, nih? Nah, di momen ini juga, saatnya Anda bergabung bersama guru, praktisi atau konsultan pendidikan dalam berbagi informasi pendidikan dan benefit lain di website Guraru. Yuk, daftarkan diri sekarang!

Belum daftar di Guraru ? Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan diri sekarang!
Daftar Guraru

Comments (13)

  1. Sangat bermanfaat tips ini. Karena memang sering guru menghasilkan video pembelajaran yang cukup besar kapasitasnya. Akhirnya saat dikirim ke siswa jadi berat. Lola alias lambat loading. Dengan cara ini maka malasah tersebut bisa diatasi.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar