1

4 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Offline (0)

Ega Bekti November 23, 2020

Halo sahabat Guraru dimana pun berada, mudah-mudahan tetap tetap dan selalu berada dalam lindungan-Nya. Saat ini saya akan berbagi sedikit tips yang mungkin saja akan bermanfaat bagi anda semua.

Terdapat 4 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Offline wajib anda dicoba, siapa tahu dapat menjadikan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.

Banyak dari Anda pasti merasa siap untuk mengambil pelajaran offline, bukan? Ya, sebagian besar mahasiswa Indonesia khususnya yang ada di Universitas Atma Jaya Yogyakarta pernah mengeluh dan mempertanyakan kapan kuliah tatap muka akan digelar kembali.

Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa yang menemukan bahwa daripada menyaksikan dosen berdemonstrasi menggunakan video conference, mereka lebih memahami informasi yang diberikan dosen secara langsung. Simak tips-tips riset sukses selama kuliah offline di bawah ini jika kuliah tatap muka kembali dilakukan!

  1. Tiba sesuai jadwal

Ini sangat kritis dan harus diperhatikan oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan karakter dosen masing-masing berbeda dan memiliki aturan yang banyak. Ada orang yang memaafkan penundaan dan mereka yang tidak memaafkan penundaan sama sekali. Datang tepat waktu memberi Anda penampilan yang positif dan membantu Anda merasa lebih tenang dan tidak terburu-buru.

  1. Selalu Aktif Bertanya Aktif

Ini sangat signifikan dalam dunia perkuliahan online dan offline. Keaktifan bertanya atau bereaksi terhadap materi baik presentasi kelompok maupun dosen akan memberikan nilai tambah dan menjadi bahan pertimbangan dosen dalam memberikan evaluasi akhir. Menjadi tertarik pada perkuliahan memiliki efek positif, seperti meningkatkan minat pada diri sendiri, menawarkan wawasan, dan meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum dengan baik dan benar.

  1. Bangun suasana tenang dan kondusif

Jika kita sebagai siswa dapat memantau interaksi yang tidak perlu dilakukan di dalam kelas, seperti mengobrol dengan teman, bermain gadget, dan lain sebagainya, lingkungan kelas yang tenang dan kondusif dapat dibangun. Jangan tidur, menguap, melamun selama kuliah, dan tidak memperhatikan. Ini dapat memengaruhi semangat belajar kita. Ingat, bukan berarti tertidur di kelas untuk menciptakan lingkungan yang kondusif ya sobat.

  1. Mengikuti UKM / KPKS

Ada juga beberapa hasil positif dari mengikuti berbagai event di kampus seperti UKM dan KPKS. Kami akan terlibat dengan siswa lain dari generasi yang berbeda dan meningkatkan kesadaran tentang banyak topik yang tidak ditemukan dalam kursus harian. Kami akan melatih diri untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan tim jika kami terlibat dalam kegiatan UKM dan KPKS.

Hal-hal di atas bisa dilakukan secara tatap muka dalam acara perkuliahan sob! Semoga pandemi ini segera berlalu, sehingga kita bisa bertemu dan nongkrong di kampus di kantin kesayangan kita. Semoga tips di atas juga bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian, untuk bernostalgia!

Tagged with:

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar