1

#4 PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR AUDIOVISUAL (0)

Elisa Kristiyanti April 30, 2021

PROSEDUR PENGEMBANGAN

Tujuan dari pengembangan perpustkaan berbasis teknologi, antara lain sesuai dengan tujuan sekolah yaitu :

  1. Mewujudkan pendidikan dan pengajaran manusia seutuhnya dari peserta didik yang berkarakter takut akan Tuhan.
  2. Mengembangkan individu peserta didik dengan bekal rohani, ilmu pengetahuan dan kecakapan hidup sehingga siap menghadapi tantangan globalisasi.
  3. Menciptakan atmosfir sekolah yang berwawasan rohani dan  mengikuti perkembangan teknologi.

Bentuk dan Struktur Organisasi

Pengembangan Fasilitas

Dalam hal fasilitas perpustakaan di sekolah sudah sangat memadai, selain sarana dan prasarana yang baik, perpustakaan kami telah memiliki koleksi buku lebih dari 5.000 ribu selain itu terdapat koleksi film. Perpustakaan juga sudah dilengkapi dengan alat scan untuk peminajman dan pengunjung perpustakaan wajib untuk menscan kartu siswa pada mesin pemindai untuk data jumlah pengunjung perpustakaan. Perpustakaan juga sudah dilengkapi dengan jaringan Wifi dan computer yang dapat memudahkan siswa mengakses bahan atau sumber belajar dari internet.

      Namun, pengembangan perpustakaan sebagai sumber belajar salah satunya adalah dengan menambah fasilitas berupa bioskop mini yang akan memfasilitasi siswa terutama guru untuk memberi kesempatan melakukan proses pembelajaran secara audiovisual.

      Selama ini sudah beberapa strategi yang di lakukan untuk menarik perhatian dan minat siswa supaya mau datang ke perpustakaan, akan tetapi hasilnya tidak memuaskan, hal ini mungkin bisa disebabkan penataan ruang dan dekorasi ruang yang masih monoton. Oleh karena itu, perpustakaan harus dirombak dalam segi desain dan interior. Dengan interior desain yang menarik, seperti bentuk kursi yang bervariasi, kemudian memberikan tempat kepada siswa untuk dapat membaca dengan leluasa dan santai tanpa di batasi meja dan kursi, maka perpustkaan harus menyediakan satu tempat untuk siswa dapat “lesehan” dengan disediakan bantal duduk dan meja pendek. Selain itu cat dinding dapat diberi warna yang cerah dan mnenarik serta ditambah wallpaper, yang memberi kesan ceria, sehingga dapat membuat siswa nyaman dan semangat datang ke perpustkaan. Perpustakaan juga ditambah dekorasi lainnya seperti tambahan dekorasi pohon yang dapat diletakkan pada bagian pilar.

1 2 3 4

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar