1

4 Pelajaran Penting yang Tidak Anda Dapatkan dari Sekolah (+4)

HaloMoney March 30, 2015

pelajaran penting untuk anak

Salah satu tanggung jawab orangtua adalah memberikan anak pendidikan yang layak. Di Indonesia, seorang anak diharuskan wajib belajar 12 tahun lalu kuliah dan mendapatkan pekerjaan yang mapan. Tetapi, tahukah Anda? Setelah 12 atau 16 tahun mengejar ilmu dan menjadi siswa yang pintar, banyak pelajaran penting yang Anda tidak pernah dapatkan di bangku sekolah.

Inilah contohnya:

Jangan Takut Salah

Waktu sekolah, kemampuan dan penilaian kita dinilai berdasarkan seberapa banyak jawaban yang benar ketika ujian, berapa banyak pelajaran yang dapat dihafal dengan benar dan tugas sekolah kita — semuanya harus selalu benar.

Ketika Anda lulus dari sekolah, kehidupan nyata mengajarkan hal lain: Jika Anda berbuat salah, Anda akan lebih terbuka terhadap semua kemungkinan dalam membuat hal menjadi lebih baik. Semakin banyak kesalahan yang dibuat, semakin Anda menjadi orang yang lebih baik — jika Anda belajar dari kesalahan itu.

Mengatur Keuangan

Ketika masih bersekolah, kita kebanyakan masih tinggal bersama orangtua. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir membayar tagihan, kita tidak tahu apa-apa tentang mengatur uang untuk makan karena biasanya orangtua hanya menyuruh makan. Dan kita tidak punya waktu mengatur uang jajan karena selalu diberikan dari orangtua.

Tantangan terbesar terletak ketika Anda mendapatkan gaji pertama, kedua, ketiga, seterusnya. Itu adalah uang Anda dan bagaimana mengelolanya tergantung Anda sendiri. Bersiaplah menghadapi tagihan kontrakan, kartu kredit, serta kebutuhan lainnya yang tidak ada habisnya. Sekolah dapat mengajarkan kita makna uang, tapi kehidupan nyata mengajarkan pentingnya mengatur uang dengan baik — atau tanggung sendiri akibatnya.

Guru Bukanlah Orang yang Kejam

Di sekolah, guru/dosen Anda mungkin adalah manusia paling jahat karena memberi tugas tiada henti, ulangan, hukuman, dsb. Tapi begitu Anda bekerja dan punya bos, Anda akan mengetahui bahwa guru adalah orang paling baik di bumi ini. Banyak orang lebih kejam darinya.

Anda akan menemui banyak orang yang bersikap baik dan nantinya akan menjadi teman, tapi juga ada beberapa orang yang bersikap kejam. Makin banyak yang Anda temui, makin banyak pelajaran yang Anda bisa petik.

Lingkungan Adalah Kunci untuk Hal yang Lebih Besar

Ada pepatah mengatakan, “Bukan apa yang kamu tahu, tapi siapa yang kamu kenal.

Kehidupan sekolah kebanyakan menitikberatkan pada apa yang Anda tahu. Misalnya ilmu pelajaran, dan sejenisnya. Ibarat perang, ilmu sekolah adalah baju perang Anda. Pasti dibutuhkan dan diterima begitu saja.

Anda dibentuk oleh lingkungan. Intinya adalah, Anda harus tahu siapa yang akan mendukung Anda dalam proses pencarian jati diri. Bersikap baiklah terhadap orang-orang, bukan karena memang sudah seharusnya, tapi karena orang yang Anda temui hari ini bisa jadi rekan kerja di kemudian hari.

Ini bukan berarti sekolah tidak penting, ya. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan. Setiap anak harus disekolahkan. Inti pembahasannya adalah bahwa Anda bisa belajar lebih banyak ketika keluar dari zona aman dan menemukan hal-hal baru. Tidak seharusnya Anda bergantung pada apa yang diberikan, tapi Anda juga harus bergerak sendiri demi masa depan yang lebih baik.

Baca juga:

 

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar