0

4 KEBIASAAN HEBAT UNTUK MELATIH KEDISIPLINAN DIRI (0)

Yusmini May 18, 2021

Hai sahabat Guraru-ers. Kali ini pembahasan kita adalah tentang kebiasaan-kebiasaan hebat yang dapat dilakukan untuk melatih kedisiplinan diri.

Kedisiplinan diri adalah kunci kesuksesan. Begitu banyak kisah sukses dari orang-orang hebat karena memiliki disiplin diri. Misalnya, jika ingin menjadi seorang pelajar yang hebat, harus disiplin belajar. Jika ingin menjadi seorang atlet yang hebat, harus disiplin berlatih. Berikut ini 4 kebiasaan hebat yang bisa melatih kedisiplinan diri:

1. Komitmen

Sebuah kata bijak tentang komitmen yaitu “Komitmen mengarah pada tindakan. Tindakan membawa impian Anda lebih dekat.” Diperlukan komitmen yang kuat dalam diri untuk dapat menuju kesuksesan. Memulai terkadang memang sulit, tetapi dengan komitmen yang kuat pasti akan memacu diri Anda untuk memulainya.

2. Konsisten

Kedisiplinan diri bukanlah sesuatu yang bisa diperoleh secara instan. Kedisiplinan harus dilakukan secara konsisten. Tidak ada kesuksesan tanpa terus melatih kedisiplinan diri. Konsisten adalah kuncinya. Mulailah dari satu kebiasaan kecil, misalnya membaca buku setiap hari minimal 2 halaman. Lama kelamaan hal ini akan menjadi kebiasaan positif Anda. Jika hal ini konsisten Anda lakukan, maka akan menjadi sebuah hal yang ringan dilakukan setiap harinya. Mungkin saja target 2 halaman akan meningkat menjadi 10 halaman dan akan begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan membaca setiap hari ini. Dengan sikap konsisten ini secara tidak langsung akan mengajarkan Anda untuk membentuk kebiasaan baru yang positif dan memilah hal-hal yang tidak perlu untuk dilakukan.

3. Tanamkan Sikap Positif Anda Bisa Melakukannya

Tanamkan dalam diri Anda bahwa “Saya bisa”, maka secara otomatis pikiran Anda akan dipenuhi dengan sikap positif tersebut. Stimulus positif setiap harinya juga dapat membantu Anda agar tetap fokus dengan apa yang Anda targetkan.

4. Buang Jauh-jauh Alasan untuk Tidak Disiplin

Terkadang banyak hal yang dapat mengganggu proses disiplin diri, maka berusahalah untuk membuang jauh-jauh alasan tersebut dari pikiran Anda. Misalnya, jika kita merasa capek kemudian ingin istirahat sebentar, maka kita akan meliburkan diri untuk disiplin melakukan sesuatu atau menunda melakukannya. Berusahalah untuk melawan pikiran tersebut. Contoh sederhana disiplin membaca setiap hari. Mungkin saja ada saat tertentu ketika Anda malas melakukannya, kemudian menunda untuk membaca pada hari itu dan terlewatkanlah kegiatan membaca tersebut. Hal yang dapat Anda lakukan ketika muncul pikiran untuk menunda kegiatan membaca adalah langsung mengambil buku pada saat itu dan mulailah membaca.      

Disiplin diri memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tanamkan dalam diri Anda bahwa kedisiplinan akan dapat membawa kita ke kesuksesan yang kita inginkan. Mulailah dari hal-hal yang kecil, lama kelamaan akan menjadi sesuatu yang besar dan tentunya akan bermanfaat untuk diri Anda sendiri.

*Semoga bermanfaat*

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar