0

#3 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN OTAK KANAN DAN OTAK KIRI (0)

Elisa Kristiyanti April 28, 2021

PEMBAHASAN

Kemampuan otak kanan dan otak kiri sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang, baik secara intelektual maupun secara perilaku atau karakter. Tidak heran apabila banyak orang tua yang sangat memperhatikan perkembangan anak – anak merka tidak lagi dari segi fisik tetapi juga dari segi psikologi dan intelektual. Keberhasilan seseorang dapat terlihat dari kemampuan menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri.

Otak terdiri dari tiga bagian, dimana tiga bagian tersebut dibagi menjadi belahan kanan dan belahan kiri yang sekarang dikenal sebagai otak kanan dan otak kiri. Kedua belahan tersebut masing – masing bertanggung jawab terhadap cara berpikir, dan masing – masing mempunyai spesialisasi dalam kemampuan – kemampuan tertentu, walaupun ada beberapa persilangan dan interaksi antar kedua sisi. Proses berfikir otak kiri bersifat logis, sekuensial, linear, dan rasional. Sisi ini sangat teratur. Walaupun berdasarkan realitas, otak kiri juga mampu melakukan penafsiran abstrak dan simbolis. Cara berpikirnya sesuai untuk tugas – tugas teratur ekspresi verbal, menulis, membaca, asosiasi, auditorial, menempatkan detail dan fakta, fonetik, serta simbolis. Otak kanan, memiliki cara berfikir yang bersifat abstrak, tidak teratur, intuitif, dan holistic. Cara berpikirnya sesuai dengan cara – cara untuk mengetahui yang bersifat nonverbal, seperti perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau seseorang), kesadaran spasial, pengenalan bentuk dan pola, music, seni, kepekaan warna, kreativitas dan visualisasi. Kedua belahan ini sangat penting. Orang yang memanfaatkan kedua belahan otak ini juga cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupan mereka (DePorter & Hernacky, 2001).

Pengetahuan akan kemampuan otak kanan dan otak kiri, kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia pendidikan. Pendidikan menjadi suatu “sarana” dalam mengoptimalkan perkembangan kemampuan otak kanan dan kiri. Berharap dengan semakin pedulinya pendidikan akan keberadaan “otak kanan dan otak kiri” sistem pendidikan yang ada sekarang dapat terus mengalami perbaikan demi terciptanya manusia – manusia yang cerdas, berkepribadian dan berkarakter. Berikut akan dibahas pengaruh otak kanan dan otak kiri dalam bidang sosial dan pendidikan.

1 2 3 4 5 6

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar