1

#2 PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR AUDIOVISUAL (0)

Elisa Kristiyanti April 30, 2021

KAJIAN PUSTAKA

Sumber Belajar

Dalam proses pembelajaran sebagai seorang guru sering menggunakan alat, bahan dan mungkin juga sebuah ruangan yang dimungkinkan guru dapat mengajarkan materi dengan mudah dan efektif serta untuk meningkatkan motivasi dan perhatian siswa, sehingga siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, tanpa disadari guru tersebut telah memanfaatkan sumber belajar yang telah ada atau tersedia.

Abdulhaak dan Darmawan, (2013 : 153), mendefiniskan

[S]umber belajar merupakan salah satu komponen yang membantu dalam proses belajar mengajar. Sumber belajar tidak lain adalah daya yang dapat dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidka langsung, sebagian atau secara keseluruhan.

      Berdasarkan Association for Education and Communication Technology (AECT), mengartikan sumber belajar sebagai semua sumber, baik berupa data, orang maupun wujud tertentu yang dapat digunakan oleh anak didik dalam kegiatan belajar. Dalam kegiatan tersebut, sumber belajar dapat digunakan secara terpisah maupun kombinasi, sehingga mempermudah anak didik dalam mencapai tujuan belajarnya (Abdulhaak & Darmawan, 2013)

      Menurut Majid, 2006 sumber belajar ditetapkan sebagai informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media, yang dapat membantu siswa dalam belajar sebagai bentuk perwujudan dari kurikulum yang telah ditetapkan. Sumber belajar dapat diartika sebagai segala tempat atau lingkungan sekitar, benda, atau orang yang mengandung informasi yang dapat digunakan sebagai wahana bagi siswa untuk melakukan proses perubahan tingkah laku atau belajar. Sumber belajar dapat dikategorikan sebagai berikut :

  1. Tempat atau lingkungan alam sekitar, dalam artian di mana saja seseorang dapat melakukan proses belajar maka tempat tersebut dapat dikatakan sebagai sumber belajar.
  2. Segala benda yang dapat memungkinkan terjadinya proses belajar bagi siswa maka benda tersebt dapat dikatakan sebagai sumber belajar.
  3. Orang yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu di mana siswa dapat belajar sesuatu, maka yang bersangkutan dapat dikategorikan sebagai sumber belajar.
  4. Buku yaitu segala macam buk uyang dapat dibaca secara mandiri oleh peserta didik dapat dikategorikan sebagai media belajar.
  5. Peristiwa atau fakta yang sedang terjadi, dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

Menurut Cece Wijaya (dalam Majid, 2006), mengelompokan fungsi pengembangan sumber belajar menjadi lima jenis yaitu :

  1. Fungsi riset dan teori, ialah dengan tujuan menghasilkan dan menguji pengetahuan yang berkaitan dengan sumber – sumber belajar, pelajar, dan fungsi tugas. Tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan keunikan teori terhadap teknologi pendidikan.
  2. Fungsi desain, memiliki tujuan menjabarkan secara garis besar teori teknologi pendidikan berikut isi mata – mata pelajarannya ke dalam spesifikasinya untuk dipakai sebagai sumber belajar. Output dari fungsi desain adalah berupa produksi sumber – sumber khusus dan identifikasi sumber – sumber yang ada.
  3. Fungsi produksi dan penempatan, tujuan dari fungsi ini adalah menjabarkan secara khusus sumber – sumber ke dalam sumber – sumber konkret. Output dari fungsi ini adalah produk konkret dalam bentuk prototip ataubahan – bahan produk untuk sumber belajar.
  4. Fungsi evaluasi dan seleksi, tujuan dari fungsi ini adalah untuk menentukan atau menilai penerimaan sumber – sumber belajar oleh fungsi yang lain. Penilaian itu bertujuan menyangkut beberapa hal, yaitu : Keefektifan sumber dalam mencapai tujuan; Kemampuan sumber – sumber dalam mencapai standar produksi; Kemampuan sumber – sumber untuk dipahamai; Kemampuan sumber – sumber dalam memnuhi kebutuhan khusus. Setelah melalu tahapan evaluasi kemudain dilanjutkan dengan seleksi.
  5. Fungsi organisasi dan pelayanan, tujuan dari fungsi ini adalah untuk membuat atau menjadikan sumber – sumber dan informasi mudah diperoleh bagi kegunaan fusngi yang lain serta pelayanannya bagi para siswa.

1 2 3 4

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar