0

120221, Selamat Tahun Baru Imlek (0)

oloan February 12, 2021

Selamat Tahun baru Imlek, atau istilah lainnya, Chinesse New Year.

Kalau tahun 2020 lalu, kita cukup disulitkan oleh tingkah dari Sang Tikus Logam, maka di tahun 2021 kita masih harus bekerja keras layaknya Kerbau Logam. Kerbau itu sendiri, lambang dari kerja keras, sedangkan logam adalah suatu benda yang keras. Keras ditambah keras jadinya keras keras. Kalau keras dikali keras sama dengan keras kuadrat.

Di tengah kerasnya perjuangan menghadapi Covid-19, mari kita rileks sejenak dari beban yang menerpa. Mari kita bernostalgia sejenak dengan keberadaan Tahun Baru Imlek 2572 ini.

Tanggal hari ini, 12 Februari 2021 atau disingkat dengan 120221 menjadi hari spesial, karena hari ini bertepatan dengan Hari Raya Imlek atau biasa dikenal dengan Chinesse New Year atau Tahun Baru Cina. Di tanggal yang spesial ini jatuh pulak di hari Jum’at yang artinya setelah hari ini, maka akan jatuh ke hari Sabtu dan Minggu yang biasa disebut dengan Weekend alias libur panjang.

Sementara di hari Sabtu bagi masyarakat yang bekerja, maka sering disebut hari Harkitnas alias Hari Kejepit Nasional, dimana usai libur di hari Jum’at, eh hari Sabtu harus masuk kerja kembali, inilah yang membuat banyak karyawan atau pekerja jadi bolos karena terlanjur menikmati liburan akhir minggu. Bayangkan pemirsah, kita akan disajikan liburan yang cukup panjang, Jum’at, Sabtu hingga Minggu. Dan tanggal 12 ini kita pelajari dengan hari libur imlek, maka tanggal 14-nya diperingati sebagai hari kasih sayang alias Valentine Day.

Jutaan orang di seluruh dunia akan mempersiapkan acara terpenting dalam kalender China, Hari Raya Imlek 2021.

Namun, kita tidak perlu merayakan imlek yang jatuh di akhir minggu ini dengan libur panjang, karena pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 04 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah bagi ASN selama Libur Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili dalam Masa Pandemi COVID-19. Lewat aturan itu PNS dilarang bepergian keluar kota dari 11-14 Februari mendatang.

Sekilas tentang Imlek. Di Indonesia, perayaan Imlek secara meriah baru bisa dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Gus Dur. Sebelumnya, pada masa Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto, perayaan Imlek dan berbagai tradisi Cina dibatasi di Indonesia.

Pemerintah di masa itu melarang dilakukannya secara terbuka segala bentuk kegiatan agama, kepercayaan dan adat istiadat Cina melalui Instruksi Presiden (Inpres) No 14 Tahun 1967.

Inpres No 14 Tahun 1967 itu membuat warga masyarakat keturunan Tionghoa tak lagi bisa merayakan ritual-ritual Konghucu, kepercayaan asli mereka. Termasuk merayakan Imlek dengan menggelar pertunjukkan barongsai dan mengarak patung dewa-dewa alias toapekong di tempat-tempat umum. Huruf-huruf atau lagu Mandarin tidak boleh diputar di radio. Koran-koran beraksara Cina diberangus. Sekolah-sekolah Cina yang mengajarkan bahasa dan kebudayaan Cina pun ditutup.

Namun, di era kepemimimpian Presiden Abdurrahman Wahid. Pada 17 Januari 2000, Gus Dur mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2000, isinya mencabut Inpres No 14/1967 yang dibuat Soeharto tentang agama, kepercayaan, dan adat istiadat China.

Artinya, warga keturunan Tionghoa tak lagi memerlukan izin khusus untuk mengekspresikan secara publik berbagai aspek dari kepercayaan, kebudayaan, dan tradisi asli mereka.

Kemudian, pada 2002, Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Mulai tahun 2003, hingga saat ini tahun baru Imlek merupakan hari libur nasional.

Demikianlah sejarah singkat Perayaan Imlek di negeri kita ini….

Salam Taun Baru Imlek bagi yang merayakannya..mari bekerja keras di Tahun Kerbau Logam ini..

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar