8

10 Manfaat Video Pembelajaran untuk Guru dan Murid (0)

Pengelola Guraru March 18, 2021

Materi berbentuk video pembelajaran menjadi esensi penting sejak belajar online diterapkan, di balik itu peran video di era modern kini sangat memberi pengaruh kepada generasi muda.

Menurut penelitian, millennials menjadi penyumbang views video digital sebanyak 92 persen. Maka tak heran bila video menjadi media ampuh untuk menyampaikan informasi, tak terkecuali di bidang pendidikan. Sehingga, guru dapat merasakan dan memberi manfaat kepada murid bagaimana video pembelajaran membantu peserta didik untuk memahami materi pelajaran.

Namun apakah cara ini benar-benar memberi manfaat bagi guru dan murid? Faktanya, video yang berisi materi pelajaran menjadi esensi penting untuk pendidikan saat ini. Alasannya tentu saja karena video pembelajaran cukup efektif dan menarik perhatian murid.

Meskipun proses pembuatan video pembelajaran cukup memakan waktu, namun hasilnya memberi pengaruh positif bagi murid. Contoh sederhananya dapat mengurangi kendala internet buruk yang sering dialami saat belajar online sedang berlangsung.

Sementara membagikan video materi pelajaran, murid hanya cukup mengunduhnya. Plusnya lagi, murid dapat menyimak video berulang kali tanpa menghadapi kendala buruknya kualitas internet.

Berikut manfaat video pembelajaran bagi guru yang harus diketahui:

Fokus Memfasilitasi Murid

Video pembelajaran yang diberikan kepada murid saat proses belajar mengajar online dimulai dapat mengubah status guru yang tadinya sebagai pengajar, menjadi fasilitator. 

Bukan berarti video menggeser peran guru. Namun, saat video selesai diputar dan murid telah menyimak, guru dapat menjadi fasilitator untuk membentuk forum diskusi. Lalu, biarkan murid saling berdiskusi satu sama lain.

Sementara itu, guru dapat memanfaatkan waktu untuk fokus menyiapkan materi berikutnya atau justru membuat kuis atau tantangan setelah durasi diskusi usai. 

Memenuhi Tanggung Jawab Sebagai Pendidik

Menjadi guru adalah tugas yang tak mudah. Jika saat belajar di sekolah saja guru menemukan berbagai kendala, seperti murid kurang menyimak, kini dengan materi menggunakan video, guru dapat bersikap tegas.

Bahwa, murid tak lagi menyalahkan internet yang buruk ketika mendengarkan materi pelajaran sebagai alasan saat mereka lengah atau tidak menyimak.

Sementara dengan media pembelajaran audio visual murid dapat mengunduh, mengulangi video sesuka hati. Bahkan dapat menghentikan video sementara jika ia tengah menyerap semua materi dan mencatatnya di buku. 

Lalu, guru tetap menjalani tanggung jawab sebagai pendidik bagi murid yang tak dapat mengikuti pelajaran karena sakit atau sedang berduka. Dengan adanya video pembelajaran, guru dapat memberi video materi pelajaran untuknya agar tidak merasa tertinggal dan tidak kewalahan ketika mengikuti pelajaran berikutnya.

Baca Juga: Literasi Digital: Cara Praktis untuk Pendidikan yang Efektif

Bisa Diunggah ke Media Sosial

Selain mengirim video pembelajaran melalui grup WhatsApp (WAG), sebetulnya guru dapat mengunggah atau upload video materi pelajaran ke YouTube, Instagram atau IGTV, dan Facebook.

Dengan cara praktis tersebut, guru tinggal membagikan tautan atau link video kepada murid. Dengan begitu, guru dapat mengetahui jumlah views video yang diunggah. Jika total views kurang dari jumlah murid, guru dapat mengingatkan murid untuk menonton video tersebut. 

Atau membuat kuis cepat di WAG dengan pertanyaan seputar materi pada video. Dengan begitu, guru dapat mengetahui mana saja murid yang benar-benar menyimak video pembelajaran yang telah Anda kirim.

Jangan lupa pula untuk menjaga mood murid dengan menyediakan video dengan durasi tidak lebih dari 6 menit.

Memberikan Pengalaman Baru 

Guru yang memilih menggunakan video pembelajaran saat kelas online dapat membuat suasana kelas lebih mencair, menyenangkan, santai dan tentu saja jauh dari rasa tegang atau kaku. Dengan terciptanya suasana yang menyenangkan menggunakan video pembelajaran, murid mendapatkan pengalaman baru dan bernilai.  

Sedangkan bagi murid, manfaat video pembelajaran yang dapat mereka rasakan yaitu seperti:

Meningkatkan Perhatian Murid

Materi pelajaran yang disampaikan menggunakan video dapat meningkatkan fokus dan ketertarikan murid untuk menyimak. Dibanding membaca buku yang terkadang melelahkan, sebagian murid lebih nyaman mendapatkan informasi atau pelajaran dengan format video. 

Mudah Dipahami dan Diingat

Penyampaian materi berbasis video lebih komprehensif karena dilengkapi dengan narasi, teks, dan gambar. Ketiga unsur ini dapat membuat murid lebih cepat memahami pelajaran.

Faktanya, otak akan lebih menangkap lebih baik ketika menyatukan suara dengan teks. Sehingga memudahkan murid untuk mengingat pelajaran. Kuncinya, video pembelajaran  yang dipilih atau dibuat tidak perlu terlalu rumit. Kesederhanaan dan kejelasan pada video sangat penting agar tidak membuat murid kebingungan. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Video Editing untuk Proses Mengajar

Lebih Fleksibel

Selain dapat ditonton kapan saja, video pembelajaran dapat diputar menggunakan laptop, PC, handphone, dan tablet. Sehingga murid dapat menggunakan gadget yang mereka miliki ketika menyimak video pembelajaran yang telah diberikan guru.

Fleksibilitas materi menggunakan video ini juga menguntungkan bagi murid millennials yang lebih menyukai menonton video menggunakan handphone

Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi 

Ketika guru memfasilitasi murid dengan video pembelajaran dan forum diskusi, secara tidak sadar para murid pelan-pelan mengasah kemampuan berkomunikasi dengan teman sekolahnya. Mulai dari belajar menyampaikan pendapat, memberikan saran hingga menyampaikan kesimpulan materi di depan teman-teman lainnya.

Membantu Mengerjakan Tugas/PR

Murid akan lebih mudah mengerjakan tugas atau PR dengan mengakses video pembelajaran yang telah mereka dapatkan dari guru. Dengan begitu, murid akan kembali memutar video untuk mencari jawaban yang tepat dan mendorong mereka untuk berusaha memahami kembali materi yang sudah pernah dibahas.

Lebih Dekat dengan Guru

Walau kini dunia pendidikan masih harus menjalani belajar online dari rumah, namun kedekatan antara guru dan murid akan tetap terbangun dan terjaga dengan video pembelajaran yang diberikan.

Tentu saja ini bergantung pada video yang disimak oleh murid. Jika video terasa menyenangkan dan original dari sang guru, pasti akan terjalin komunikasi erat antara murid dan guru. Sehingga tidak menciptakan suasana tegang ketika murid mengikuti pelajaran sekolah.

Melalui paparan manfaat video untuk materi belajar bagi guru dan murid di atas, apakah guru sudah merasakan dampak positifnya? Agar tak sia-sia ketika membuat video, guru harus ingat bahwa sangat penting untuk memilih materi pelajaran dengan menyesuaikan usia, bahasa dan ketertarikan peserta didik. Apakah Anda sudah pernah membuat video pembelajaran sendiri? Jika belum, apa saja yang ingin Anda pelajari seputar kemampuan membuat video? Sampaikan usulan Anda di kolom komentar ya. 

Bagikan informasi tentang video pembelajaran ini kepada rekan pendidik lainnya dan selalu aktif menjadi anggota Guraru, ya!

Guru Semakin Melek Teknologi Dengan Guraru
Belum bergabung ? silakan daftar disini

Comments (8)

  1. Alhamdulillah semenjak pandemi. Sudah beberapa kali memanfaatkan video untuk pembelajaran. Sampai bikin channel juga untuk menunggah video pembelajaran yg dapat diakses banyak siswa tidak terbatas siswa kelas saya saja.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar