2

10 Manfaat Learning Management System (LMS) untuk Pembelajaran Masa Kini (0)

Pengelola Guraru May 21, 2021

Anda masih ingat dengan pembahasan mengenai Learning Management System atau LMS? Selanjutnya Guru memerlukan juga pemahaman manfaat LMS saat proses belajar dan mengajar berlangsung secara daring atau online.

Seperti yang sudah guru ketahui, bahwa LMS adalah sebuah sistem atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur perencanaan, eksekusi, dan menjadi media untuk menilai proses pembelajaran. Dengan menggunakan LMS, para pendidik dapat terbantu berkat berbagai fitur yang ditawarkan. Misalnya menjadi asisten para guru untuk mengelola administrasi, dokumentasi, tracking, dan rekaman. 

Dengan ‘paket lengkap’ tersebut, tak heran jika LMS sangat direkomendasikan untuk mendukung proses belajar online. Nah agar guru lebih memahami betapa pentingnya LMS, guru perlu simak apa saja manfaat LMS di bawah ini.

1. Melancarkan Proses Belajar Mengajar

Pihak sekolah dan pengajar akan lebih mudah membuat perencanaan dan melakukan proses belajar mengajar kepada murid secara online. Sebab, fitur kalender pada sistem LMS dapat dibagikan kepada siswa, pengajar lainnya hingga tim administrasi sekolah. Selain fitur kalender LMS juga mendukung guru untuk membuat laporan.  

2. Dapat Membuat Proses Belajar Mengajar Lebih Menarik

Faktanya, masing-masing siswa memiliki karakter yang berbeda. Begitu juga dengan cara mereka memahami pelajaran yang disampaikan. Mereka mempunyai cara berbeda pula. Nah, dengan adanya fitur penilaian pengajar yang diisi oleh siswa, guru dapat berkaca atas rating yang diterima. 

Jika penilaian siswa tidak memuaskan, berarti harus menjadi penyemangat guru untuk lebih kreatif menyampaikan pelajaran yang lebih menarik. Jadi, manfaat LMS dapat membangun dan mengimbangi komunikasi antara guru dan murid, hingga guru dan orang tua.

3. Satu Pintu untuk Segala Hal

Dengan didukung teknologi tinggi, LMS memudahkan pengajar untuk mendistribusikan raport dan materi belajar bentuk dokumen hingga video. Bahkan manfaat LMS yang sangat mendukung proses belajar mengajar adalah karena adanya fitur chat room. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi serta menjadi forum diskusi antar siswa.

Jadi para pengajar, siswa dan orang tua hanya cukup menggunakan satu software tanpa perlu mengunduh atau download berbagai aplikasi yang dapat menghabiskan memori ponsel.

Baca juga: 10 Tips Mengajar kelas Online Lebih Interaktif dan Asyik

5. Membuat Raport Digital

Keuntungan lainnya menggunakan LMS, guru dapat melacak kegiatan siswa sejak mereka log in serta membuat rapor. Dengan adanya sistem pelacakan, guru bisa mengetahui progress siswa selama ia mengakses LMS. 

Begitu juga bagi pihak manajemen sekolah, mereka dapat mengakses dan mengkalkulasi hasil proses belajar mengajar. Dengan keterbukaan seperti ini, manajemen sekolah dapat memperbaiki dan menganalisis untuk meningkatkan sistem belajar mengajar.

6. Hemat Waktu dan Biaya

Keuntungan sekolah yang telah menggunakan LMS adalah lebih menghemat waktu dan biaya. Guru tak perlu menghabiskan waktu banyak untuk mengunggah materi belajar di berbagai aplikasi jika telah mendapatkan akses LMS. Selain itu, guru juga tak perlu mengeluarkan biaya akomodasi untuk ke sekolah. 

Begitu juga dengan orang tua yang lebih mudah berkomunikasi secara offline dengan guru menggunakan LMS. Selain tak memakan waktu terlalu lama, diskusi antar guru dan orang tua murid lebih efisien serta sekaligus mengurangi jumlah penyebaran COVID-19. 

Jelajah Ilmu adalah salah satu LMS yang memiliki fitur “Platform Orang Tua Murid”. Fitur LMS besutan ACER yang bekerjasama dengan MySecondTeacher ini berfungsi untuk membantu orang tua secara efektif dan efisien melacak kemajuan akademis anak. 

Selain itu, orang tua siswa dapat mengakses laporan diagnostik anak termasuk total waktu yang dihabiskan di platform, laporan penguasaan mata pelajaran, laporan kinerja siswa, riwayat membaca eBook dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Rekomendasi Teknologi Belajar Online Agar Semakin Menarik

7. Meningkatkan Kinerja Guru

Cara mengajar yang kreatif dan tak membosankan sangat dibutuhkan para siswa. Cara ini perlu dilakukan untuk mencairkan suasana dan mengurangi ketegangan saat proses belajar mengajar online berlangsung. 

8. Format Materi Belajar Lebih Variatif

Jika sebelumnya guru hanya membuat materi belajar dengan format video dan dokumen, guru dapat mengeksplorasi lagi ketika menggunakan LMS. Dengan memanfaatkan LMS, guru dapat membuat materi belajar berupa gambar, suara, animasi, video, dan teks membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan tidak membosankan.

9. Dapat Diakses Kapan & Di Mana Saja

Dengan teknologi yang canggih, para pengguna LMS dapat mengakses kapan dan di mana saja. Jadi siswa dapat mengikuti pelajaran dan mengakses materi tanpa adanya batasan waktu. Begitu juga guru yang dapat mengunggah materi pelajaran dan laporan kapan pun dan di mana pun. 

10. Proses Belajar Mengajar Lebih Interaktif

Manfaat LMS yang terakhir adalah melalui tools online seperti LMS ini, interaksi dan komunikasi selama proses belajar dan mengajar akan semakin meningkat. Pengajar akan mendapatkan jawaban secara real time dan keterlibatan siswa akan menciptakan suasana belajar lebih interaktif.

Baca Juga: Pembelajaran E-Learning dan Sederet Fakta Menarik di Baliknya 

Itulah manfaat LMS yang perlu guru ketahui. Selain memudahkan Guraru mendistribusikan materi pelajaran, orang tua juga dapat mengakses laporan kemajuan akademis anak. Dengan begitu dapat saling memudahkan berbagai pihak. Anda sendiri sudah memakai LMS yang mana?

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar