1

10 Cara Memulai Bisnis Usaha Online Tanpa Modal Terpercaya (0)

Asep Aviavi April 30, 2021

Bisnis online selalu menjadi minat saya, bukan karena sekarang sedang pandemi Covid-19, tetapi karena usaha online merupakan kanal pemasaran yang tumbuh paling cepat di Indonesia. Apa peluang cara bisnis online tanpa modal, modal kecil terbaik? Dari survey, riset dan baca literatur, serta tentu saja pengalaman, ini daftar 10 usaha online terbaik tanpa modal.

Perkembangan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi dalam beberapa tahun belakangan di Indonesia memunculkan peluang berbisnis usaha secara online.

Hantaman pandemi covid-19 di awal 2020 semakin membuat peluang usaha online bermunculan karena orang harus tinggal di rumah dan melakukan aktivitas secara online.

Saya menemukan beberapa peluang usaha online tanpa modal yang bisa Anda lakukan dan coba jalankan.

1. Usaha Online ‘Google Adsense’

Anda berperan sebagai publisher, sebagai pemilik media. Contohnya, paling mudah, media Anda adalah Blog.

Cara kerja Adsense mirip seperti media tradisional dimana pemasang iklan menempatkan slot iklan di media Anda dan Anda memperoleh komisi atas penayangan iklan tersebut.

Tetapi ada sedikit perbedaan di Adsense soal cara pembayaran iklan.

Anda akan menerima pembayaran dari Adsense hanya jika pengunjung blog mengklik iklan di blog Anda tersebut.

2. Berbisnis Online Tanpa Modal ‘Freelancer’

Menjadi freelancer artinya Anda menerima pekerjaan untuk jangka waktu tertentu dan menerima pembayaran setelah project selesai sesuai dengan harga sesuai kesepakatan.

Sebagai pekerja lepas, freelancer, Anda bebas menerima pekerjaan dari berbagai klien dan tidak terikat pada satu perusahaan atau lembaga tertentu.

3. Bisnis Menjanjikan Jual ‘Template Design’

Salah satu bidang yang tumbuh cepat di bisnis online adalah design. Dan design tersebut ternyata memiliki banyak sekali aspek yang Anda bisa jual, bisa monetisasi.

Salah satunya, saya menemukan situs Creativemarket yang merupakan marketplace untuk penjualan produk – produk desain, seperti template, fonts, icon, graphics dan lain – lain.

Selama ini, jika butuh design, orang harus memesan secara eksklusif kepada designer, yang tidak hanya lebih mahal, tetapi juga butuh waktu untuk membuat dari awal.

4. Buka Usaha Jualan Online ‘Dropshipper’

Cara Kerja Dropship Bisnis Online

Dropshipper adalah usaha di online yang paling mudah Anda lakukan.

Kenapa ?

Anda tidak butuh terlalu banyak skill, cukup punya modal untuk mempromosikan produk.

Produknya sendiri, Anda ambil atau beli dari supplier.

Tapi, bedanya dropship dengan reseller adalah dalam dropship Anda menggunakan nama atau brand sendiri untuk menjual produk tersebut, sementara reseller produk atas nama orang lain.

5. Jualan Tanpa Modal ‘Affiliate Marketing’

Affiliate marketing adalah Anda memasang link affiliate di blog Anda, yang jika nanti pengunjung klik link tersebut dan sukses membeli produk atau jasa yang ditawarkan, Anda mendapatkan komisi.

Affiliate adalah bisnis besar di internet. Salah satunya yang paling besar adalah Amazon Affiliate.

6. Peluang Usaha Modal Kecil ‘Solo Ads’

Mungkin banyak yang belum tahu soal bisnis Solo Ads, walaupun di luar negeri sudah banyak internet marketer melakukan jenis bisnis online ini.

Apa itu ‘Solo Ads’ ?

Saya punya list email member, yang saya kumpulkan dari pengunjung blog yang sign-up di form, lalu saya tawarkan list member tersebut ke Anda untuk mengirim promosi.

7. Belajar Kursus Online ‘Udemy’ dari Nol

Saya beberapa kali belajar lewat platform Udemy yang menyediakan berbagai jenis kursus secara online. Disaat harus lama di rumah, platform ini sangat membantu.

Yang saya perhatikan, sekarang sudah banyak konten – konten berbahasa Indonesia. Sebelumnya, sekitar 1.5 tahun lalu, masih jarang saya menemukan konten berbahasa Indonesia.

8. Usaha Mudah Tanpa Modal ‘Penulis Artikel SEO’

Anda tahu bahwa salah satu kunci sukses SEO adalah konten yang bagus dan berguna. Google, mbah-nya SEO, selalu menyatakan Content is the King !

Nah, untuk membuat konten tidaklah mudah, membutuhkan waktu, skill dan sumber daya, karena itu banyak permintaan sebagai penulis konten artikel SEO.

9. Ide Jualan ‘Sysadmin Setting VPS’

Awalnya, saya memerlukan peningkatan kapasitas blog dan memutuskan pindah ke server jenis VPS yang lebih powerfull.

Kalau mau cek apa itu VPS, bisa lihat di DigitalOcean, Vultr yang berada di luar negeri, atau VPS lokal juga ada, contohnya di Niagahoster.

10. Artikel Placement Review

Jika punya blog, selain bisa mendatangkan penghasilan dari Adsense dan Affiliate, Anda bisa mendulang uang dari menawarkan artikel placement atau artikel review.

Apa itu artikel placement ?

Klien biasanya akan meminta Anda melakukan review terhadap produk dan jasa serta menuliskan di blog Anda.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar