0

#1 PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR AUDIOVISUAL (0)

Elisa Kristiyanti April 30, 2021

Pendahuluan

Latar Belakang

Pendidikan merupakan dasar utama dalam memajukan suatu bangsa. Kemajuan suatu bangsa tidak terlepas dari sumber daya manusia yang berkualitas. Pengembangan dan peningkatan kualitas dari sumber daya manusia salah satu caranya adalah melalui pendidikan.

Mudyahardjo, 2008 mendefinisikan pendidikan secara luas dan secara sempit. Pendidikan secara luas dapat diartikan sebagai hidup. Pendidikan merupakan segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan juga merupakan segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu. Dalam artian sempit pendidikan adalah sekolah, dimana pendidikan merupakan pengajaran yang diselenggarakan disekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pada Pasal 1 menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

      Melalui pendidikan diharapakan dapat menciptakan manusia – manusia yang cerdas dalam merencanakan dan mengatur pembangunan bangsa. Untuk mencapai pendidikan yang berkualitas, diperlukan kerjasama dari semua pihak. Sekolah sebagai salah satu penyelenggara pendidikan harus didukung oleh beberapa aspek seperti kurikulum yang sesuai, tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya serta fasilitas atau sarana prasarana yang mendukung proses belajar mengajar.

1 2

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar