3

#1 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN OTAK KANAN DAN OTAK KIRI (0)

Elisa Kristiyanti April 28, 2021
  1. Kecerdasan Linguistik

Seperti halnya dengan kecerdasan logika, meyebut keterampilan linguistic suatu “kecerdasan” konsisten dengan pendirian psikologi tradisional. Daerah yang khusus pada otak yang bertanggungjawab untuk menghasilkan kalimat yang benar secara tata bahasa disebut dengan “Daerah Broca”. Bakat linguistik bersifat universal, dan perkembangannya pada anak – anak sangat mengherankan, tidak berbeda pada budaya yang berbeda.

  1. Kecerdasan Ruang

Menyelesaikan masalah ruang diperlukan untuk navigasi dan dalam penggunaan sistem pencatatan peta. Jenis lain dair menyelesaikan masalah ruang ditunjukan dalam visualisasi benda yang dilihat dari sudut berbeda dan dalam permainan catur. Seni visual juga memanfaatkan kecerdasan ini dalam menggunakan ruang.

  1. Kecerdasan Antar Pibadi

Kecerdasan antar pribadi dibangun antara lain atas kemampuan inti untuk mengenali perbedaan, secara khusus, perbedaan besar dalam suasana hati, temperamen, motivasi, dan kehendak. Dalam bentuk yang lebih maju, kecerdasan ini memungkinkan orang dewasa memiliki keterampilan membaca kehendak dan keinginan orang lain, bahkan ketika keinginan tersebut disembunyikan. Kecerdasan antar pribadi memungkinkan seseorang memahami dan bekerja dengan orang lain.

  1. Kecerdasan Intra Pribadi

Bakat intra pribadi lulus tes sebagai kecerdasan. Kecerdasan intra pribadi memungkinkan seseorang memahami dan bekerja dengan diri sendiri. Dalam arti diri sendiri, seseorang berjumpa dengan gabungan komponen antar dan intra probadi (Gardner, 2003)

Emosi dan akal merupakan dua bagian dari satu keseluruhan. Untuk menggambarkan kecerdasan hati digunakan istilah EQ, yang mengingatkan pada ukuran standar kecerdasan otak atau IQ. EQ dan IQ adalah sumber – sumber daya sinergis : tanpa yang satu, yang lain menjadi tidak sempurna dan tidak efektif. IQ tanpa EQ akan membuat seseorang berhasil memperoleh nilai A dalam ujian, tetapi tidak akan membuatnya berhasil dalam kehidupan. Wilayah EQ adalah hubungan pribadi dan antarpribadi. EQ bertanggung jawab atas harga diri, kesadaran diri, kepekaan sosial, dan kemampuan adaptasi sosial. EQ berperan penting dalam lingkungan kerja, keluarga, masyarakat, pengalaman romantic, dan bahkan kehidupan spiritual. EQ memungkinkan seseorang menentukan pilihan – pilihan yang baik tentang apa yang akan dimakan, siapa yang akan dijadikan teman hidup, pekerjaan apa yang akan dilakukan, dan bagaimana menjaga keseimbangan antara kebutuhan pribadi seseorang dan kebutuhan orang lain (Segal, 2000)

NEXT – PART 2 – #2

1 2 3 4 5 6

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar