3

#1 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN OTAK KANAN DAN OTAK KIRI (0)

Elisa Kristiyanti April 28, 2021
Macam Kecerdasan

Kompetensi kognitif manusia lebih baik diuraikan dalam arti sebagai kumpulan kemampuan, bakat, atau keterampilan mental yang disebut dengan kecerdasan. Semua individu normal memiliki keterampilan masing – masing sampai jumlah tertentu, setiap individu berbeda dalam derajat keterampilan dan dalam sifat kombinasinya. Ada tujuh kecerdasan yang ada pada diri setiap manusia, yaitu :

  1. Kecerdasan Musik

Kemampuan music merupakan suatu kecerdasan. Walaupun keterampilan music pada umumnya tidak dianggap keterampilan intelektual seperti matematika. Keterampilan music pantas diperhatikan, dan dalam pandangan mengenai data, penyertaannya secara empiris dapat dibenarkan.

  1. Kecerdasan Gerakan Badan

Pengendalian gerakan badan, terletak di korteks motoris, dengan setiap belahan otak mendominasi atau mengendalikan gerakan badan pada sisi yang berlawanan. Pada seseorang yang tidak kidal dominasi dari gerekan seperti itu biasanya ditemukan dalam belahan otak kiri. Kemampuan melakukan gerakan ketika diarahkan untuk melakukan demikian dapat dirusak bahkan pada individual yang dapat melakukan gerakan yang sama secara spontan atau bukan secara sengaja. Adanya apraxia (kehilangan kemampuan melakukan gerakan yang terkoordinasi) spesifik menyusun satu lini bukti untuk kecerdasan gerakan badan.

  1. Kecerdasan Logika Matematika

Dalam diri orang berbakat, proses dari penyelesaian masalah sering berlangsung amat cepat, ilmuwan yang sukses memikirkan banyak variabel sekaligus dan membuat sejumlah hipotesis yang masing – masing dievaluasi dan kemudian diterima atau ditolak secara bergantian. Bersama dengan keterampilan berbahasa, penarikan kesimpulan logika matematika menjadi prinsip dasar tes IQ.

1 2 3 4 5 6

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar