3

#1 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN OTAK KANAN DAN OTAK KIRI (0)

Elisa Kristiyanti April 28, 2021

Manusia memiliki sistem syaraf yang terdiri atas syaraf pusat yaitu otak dan sumsum tulang belakang, serta syaraf tepi yaitu semua syaraf yang menjulur ke seluruh bagian tubuh dari sistem syaraf pusat. Secara umum otak manusia terdiri atas tiga bagian: otak besar (cortex), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (pons). Ketiga bagian tersebut memiliki bagian-bagian yang lebih detail lagi. Suatu bagian otak yang terletak di bawah (ventral) hipotalamus yang berfungsi sebagai penghasil hormon yang menstimulasi kerja otak dan kelenjar lainnya. Otak terdiri atas belahan kiri dan kanan yang tidak sama fungsinya. Otak kiri menjalankan fungsi linier, sikuensial, logis, analitis, konvergen, kata, ditail, dan angka. Otak kanan memiliki fungsi dimensi, intuitif, imajinasi, divergen, ritme, gestalt, holistik, dan spatial. Antara otak kiri dan kanan dihubungkan oleh korpus kolosum. Korpus kolosum kadang membuka hubungan antara belahan kanan dan kiri (reaksi fusi) dan kadang memisah (reaksi fisi) sehingga menjadikan otak sebagai reactor (Cerebreaktor). Dalam waktu yang sangat singkat trilyunan informasi dapat diproses melalui kerja fusi dan fisi kedua belahan tersebut. Oleh karena itu fungsi guru dan orangtua ialah membuka gembok kedua belahan otak tersebut agar dapat bekerjasama secara maksimal (Suyanto, 2008)

Pembagian Fungsi Otak

Menurut Gamon dan Bragdon (2005: 19 – 22) ada  5 area atau zona pada otak, yaitu :

  1. Zona Eksekutif / Sosial : Zona ini berada di depan korteks (enutup luar otak yang berkeriput) yang memungkinkan melihat tujuan – tujuan di masa depan dan mengambil langkah – langkah yang diperlukan untuk menjalankan rencana yang telah dibuat. Zona ini juga terlibat dalam hubungan dengan orang lain dengan cara – cara yang produktif, termasuk menangkap sinyal – sinyal mengenai sikap mereka dan memilih respon yang paling efektif.
  2. Zona Ingatan : Merupakan komponen semua ketrampilan kognitif. Otak menyandikan semua data yang dianggapnya memiliki manfaat dan menyimpannya di dalam korteks, sering di dekat area indera yang berhubungan dengan setiap bagian komponen ingatan. Sebelum disimpan, data yang masuk melewati interior otak, area yang lebih primitive untuk mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk bertahan.
  3. Zona Emosional : Respon emosional yang secara sadar sering tidak dapat memunculkan atau dikendalikan, biasanya diproses di bagian otak tengah yang lebih tua dan bukannya di korteks bagian luar. Otak terutama adalah sarana untuk menjamin kelangsungan hidup, bukan spekulasi, sehingga respon sering dibutuhkan pada tataran bawah sadar.
  4. Zona Bahasa dan Matematika : Data terperinci yang membentuk “pohon – pohon” dan “hutan” itu tertutama diproses pada sisi kiri korteks di dekat pelipis. Di dekat cuping temporal juga terdapat bagian – bagian otak yang mengendalikan pembicaraan dan bahasa, baik pemahaman abstrak maupun gerakan motor sama – sama dibutuhkan dalam pembicaraan.
  5. Zona Spasial : Otak memproses data indriawi yang masuk mengenai ukuran, proporsi, bentuk, volume relative, dan nilai – nilai spasial lainnya terutama degan neuron – neuron di sisi kanan. Area ini berada di bagian belakang korteks (kanan) menunjukan area belakang kepala, tempat data visual pertama kali diproses, lalu dikirim ke tempat lain untuk ditafsirkan.

1 2 3 4 5 6

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar