3

#1 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN OTAK KANAN DAN OTAK KIRI (0)

Elisa Kristiyanti April 28, 2021

PENDAHULUAN

Otak merupakan bagian dari tubuh manusia yang sangat berperan penting dalam menjalankan fungsi tubuh. Otak mengatur segala aktivitas tubuh mulai dari molekuler sampai dengan sistem dalam tubuh, sehingga sering dikatakan bahwa di dalam otak berisi program – program yang memiliki karakter tertentu untuk melangsungkan kehidupan secara utuh. Otak manusia juga diibaratkan sebagai komputer, yang dapat terisi dengan data atau program tertentu serta banyak file dapat tersimpan di dalamnya.

Secara teori normalnya otak manusia dewasa memilik berat ± 1.5 kg dan memiliki kurang lebih 12 miliar neuron, otak terdiri dari otak kanan dan otak kiri yang masing – masing memiliki tugas atau fungsi berbeda. Otak kiri berfungsi mengatur kegiatan tubuh bagian kanan, dan otak kanan berfungsi mengatur tubuh bagian kiri. Otak melaksanakan semua fungsi tubuh yang dilakukan secara sadar, dan bertanggungjawab terhadap pengalaman  – pengalaman berbagai macam sensari ataupun rangsangan terhadap kemampuan gerakan – gerakan yang disadari, selain itu otak juga memiliki kemampuan melaksanakan berbagai proses mental, seperti ingatan atau memori, perasaan emosional, intelegensi, berkomunikasi, sifat atau kepribadian.

Setiap otak manusia memiliki kapasitas yang berbeda, sehingga setiap manusia di dunia ini memiliki kecerdasan dan kemampuan yang berbeda. Setiap pribadi dapat mengembangkan kapasitas otak yang dimiliki, dengan beberapa latihan – latihan yang dapat dilakukan, melalui latihan tersebut maka akan mengaktifkan “program”, dan menjaga sel – sel otak tetap aktif serta menjaga kemunduran sel – sel tersebut, sehingga apa yang ditangkap oleh panca indera dapat diolah secara pas dan berkualitas. Manusia akan mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih maksimal.

Sebagai seseorang yang bekerja dalam dunia pendidikan, harus memiliki pengetahuan akan kekuatan otak, dengan demikian akan memberikan kesadaran dan pemahaman bahwa setiap anak – anak yang dipercayakan untuk dididik memiliki kemampuan yang berbeda.  Dengan adanya pembagian otak yaitu otak kanan yang berperan dalam kecedasan emosional dan sosial, dan otak kiri yang berperan dalam kecerdasan intelektual, maka kecerdasan setiap anak bergantung bagian mana yang lebih dominan.

1 2 3 4 5 6

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar