Guraru

Buku Sekolah
Elektronik

Buku Sekolah

Ebook Paud
PAUD
Ebook SD
SD
SMP
Ebook SMA
SMA
Ebook SMK
SMK

Referensi Buku Lain

Buku Untuk Guru
& Sekolah
Buku Bahasa
Asing
Buku Teknologi
Buku Populer
Dari Kemdikbud

E-Book Untuk
Pendidikan

E-book atau buku elektronik merupakan bentuk digital dari buku cetak dengan berbagai macam informasi, seperti teks, gambar atau audio dan video yang bisa diakses melalui perangkat elektronik. Konsep e-book ini semakin populer terutama di era transformasi digital.
Kehadiran e-book sangat berpengaruh terhadap berbagai instansi, termasuk instansi pendidikan. Berikut manfaat e-book yang bisa didapatkan guru dan murid untuk pendidikan:

Memudahkan Proses Belajar
Memudahkan aktivitas belajar-mengajar seperti menyiapkan materi pembelajaran berbentuk format e-book yang bisa didistribusikan kepada murid. Dengan begitu murid bisa mengakses kapan saja dan dimana saja selama ada perangkat gadget.

Menghemat Biaya
Menghemat biaya karena tidak membutuhkan biaya cetak atau fotocopy buku pembelajaran dalam bentuk hard copy dan menghemat waktu lebih efisien karena hanya cukup mengirimkan file melalui jaringan internet.

Penyebaran Informasi yang Cepat
Format e-book membantu guru untuk membagikan bahan-bahan belajar dengan cepat dan mudah, sehingga proses penyebaran informasi menjadi lebih cepat. Seperti mengirim melalui Google Drive, email atau pesan WhatsApp.

Melindungi Materi dari Penyalahgunaan
Guru dapat melindungi materi ajar yang disusunnya agar tidak disalahgunakan, karena e-book bisa diaktifkan dengan password. Dengan begitu hanya dapat diakses kepada sesama rekan guru atau murid yang mengetahui password tersebut.

Sumber Ide yang Praktis
E-book menjadi media untuk mengungkapkan ide atau gagasan dalam membuat materi pembelajaran dengan cara yang lebih murah dan praktis. Tidak seperti buku fisik yang harus mengeluarkan biaya produksi.

Tahan Lama
Karena berbentuk soft copy maka e-book tahan lama tidak mudah rusak, tidak seperti buku fisik yang bisa usang termakan usia. Dengan begitu akses mencari informasi materi belajar dapat digunakan bertahun-tahun selama data dalam perangkat elektronik aman dari serangan viru.

 

 

Scroll to Top