• Untuk Anda yang berprofesi guru atau instruktur matematika, tentu sudah terbiasa melihat lembaran kertas berisi berbagai soal matematika termasuk yang terkait dengan ekspresi matematika. Anda mungkin berfikir […]

  • Matematika adalah pelajaran yang selalu ada di setiap sekolah mulai dari TK sampai ke perguruan tinggi dan berhubungan dengan angka sehingga ada banyak orang mempelajari cara cepat mengerjakan soal […]

  • Guna memastikan seluruh murid mendapatkan hak yang sama saat proses belajar selama pandemi Covid-19, SMPN 1 Sukosari Bondowoso Jawa Timur giatkan kunjungan ke rumah (home visit).

    Metode pembelajaran home […]

  • Sobat Guraru, mungkin anda pernah mendengar suara yang audio-nya seperti “robot” atau intonasinya tidak seperti manusia berbicara secara “normal”.

    Ya memang itu bukan suara asli manusia, tapi suara yang dihas […]

  • Di masa pandemik covid-19 ini banyak karyawan, termasuk para guru, yang bekerja dengan Google, baik Google Docs, Google Sheet, Google Classroom, dan tools Google lainnya. Dalam tutorial ini saya akan membagikan […]

  • Terimakasih Pak pencerahannya…. nambah pengetahuan baru

  • Beberapa ciri bilangan yang habis dibagi yang mungkin Anda perlu untuk menyelesaikan masalah dalam matematika. Habis dibagi di matematika maksudnya adalah jika suatu bilangan dibagikan dengan suatu bilangan […]

  • Cara mudah mengerjakan soal-soal persamaan garis ini bisa berguna untuk kita semua. Penilaian tengah semester (PTS), Penilaian Semester atau UN akan segera tiba . Tetapi yang harus disadari rumus cepat matematika […]

  • Sudah banyak software atau aplikasi yang dapat mendukung dunia pendidikan. Berikut ini akan kami perkenalkan software yang dapat membantu dalam pembelajaran matematika yang disebut GEOGEBRA dan […]

  • Doc: AyoSemarang.com

    Sеbеlum COVID-19 mеnуеrаng, bаrаngkаlі tіdаk аdа уаng mеndugа јіkа реmbеlајаrаn аkаn dіlаkukаn dеngаn оnlіnе. Sауа рun dеmіkіаn. Nаmun, dеmіkіаnlаh уаng tеrјаdі. Pаdа реrtеngаhаn Mаr […]

  • widarso pep's profile was updated 1 month, 1 week ago

  • sip pak

  • ok …. trim pak m.subakir… n raja blog p.iwan sumantri

  • Pemanfaatan internet dekade terakhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media internet tidak lagi hanya sekedar media berkomunikasi semata, namun juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis, industri, pendidikan dan pergaulan sosial. Jejaring pergaulan atau pertemanan melalui internet, atau dikenal sebagai social network, juga mengalami pertumbuhan pesat. Indonesia sendiri berada di urutan empat pengguna facebook di dunia setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India.

    Data ini sebagaimana dikeluarkan Socialbakers 2013, yang menyebutkan jagad dunia maya masyarakat Indonesia termasuk salah satu sumber penetrasi terbesar . Untuk pengguna jejaring sosial Facebook, Indonesia telah mencapai 51 juta orang atau keempat terbesar di dunia, dan pengguna Twitter mencapai 29,4 juta atau terbesar nomor lima di dunia. Fakta tersebut menunjukkan betapa masyarakat Indonesia sedemikian akrabnya dengan dunia maya. Kemudahan akses ke situs social network menggunakan ponsel nampaknya juga menjadi daya tarik tersendiri karena memberikan kemudahan bagi pengguna.

    Tren pemanfaatan social network ini sebenarnya menjadi peluang yang menarik untuk dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran. Pengertian Social network Social network, atau sering disebut sebagai jejaring sosial atau jaringan sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh J.A.Barnes pada tahun 1954. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lain-lain.

    Sejak komputer-komputer dapat saling dihubungkan dengan adanya internet, banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar tahun 1999 berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial berbasiskan pertemanan yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs regional antara 1999 dan 2001 (sejarahsocialnetwork.blogspot.com).

    Inovasi yang dilakukan tidak hanya sekedar memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi juga memberikan kontrol yang lebih terhadap isi dan hubungan. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan Juli 2005, News Corporation Membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli FriendsReunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini (Tamimuddin, 2011).

    Layanan dan Dampak Social Network Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, berbagi file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat mengunggah foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling berbagi didalamnya. Saat ini situs-situs pertemanan di dunia maya semakin manjamur dan sudah seperti gaya hidup tersendiri masyarakat modern. Namun ternyata hubungan sosial yang terbentuk melalui situs-situs pertemanan seperti Facebook atau Friendster perlu diwaspadai. Salah satu riset dari Inggris mempublikasikan sebuah hasil yang cukup mencengangkan. Situs-situs pertemanan tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika sampai mencandu.

    Penelitian yang dipublikasikan di Biologist, jurnal terbitan The Institute of Biology, Inggris, oleh Dr. Aric Sigman memberikan gambaran bahwa kebiasaan bergaul melalui situs pertemanan tersebut berpotensi mengurangi kegiatan sosialisasi antar manusia dikehidupan nyata. Hal inilah yang kemudian akan berdampak pada sisi-sisi biologis manusia (Tamimuddin, 2011). Sigman yang memperhatikan gejala sosial seperti ini sejak tahun 1987 menilai bahwa interaksi antar manusia secara langsung kian menurun. Hal ini lebih disebabkan oleh berkembangnya teknologi, seperti email dan SMS yang lebih disukai sebagai alat interaksi pengganti diri. Terlebih kini sudah ada situs pertemanan yang semakin menjamur yang semakin membelenggu manusia dalam kesenangan pribadi yang individual. Menurut Sigman situs-situs pertemanan tersebut bukan menjadi alat untuk mempertinggi sebuah hubungan, namun malah menggantikan hubungan sosial yang telah ada. Dari beberapa dampak buruk yang telah disebutkan, yang paling berbahaya adalah perubahan kondisi mental.

    Contoh kasus nyata adalah tahun 2009 situs pertemanan Facebook mampu membuat Edward Richardson, pria asal London, membunuh istrinya hanya gara-gara hal sepele, yakni mengetahui bahwa mantan istrinya mengganti status ”single” pada Facebooknya. Kejadian ini merupakan bentuk bagaimana bahasa virtual ternyata sudah mampu mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang. Hal yang paling utama menurut Sigman adalah penggunaan media elektronik untuk berkomunikasi dengan sesama justru malah mengurangi makna pentingnya komunikasi itu sendiri. Kemampuan sosialisasi manusia makin tergerus, begitu juga dalam memahami bahasa tubuh lawan bicara. “Ini mungkin mekanisme evolusioner yang menunjukkan kepada kita bahwa hadir bersama dalam satu wilayah geografis itu lebih bermanfaat,” ungkapnya. Sigman menandaskan, ”Pasti ada perbedaan antara kehadiran nyata dan penampakan secara virtual” (Tamimuddin, 2011).

    Penggunan Social Network untuk Pembelajaran Penggunaan internet tidak hanya sebatas untuk kepentingan social network saja, tetapi juga untuk mencari berita dan mencari sumber belajar. Dengan social network dapat membuat grup, misalnya di facebook. Di grup ini siswa dapat saling bertukar pendapat, berbagi pengalaman, maupun berbagi informasi baik yang berkaitan dengan pendidikan maupun yang lainnya. Selain memanfaatkan social network untuk pembelajaran, siswa dapat juga memanfaatkan social network untuk web-blog. Web-blog tersebut selain digunakan untuk menulis tentang keseharian mereka, juga digunakan untuk menulis hal yang berhubungan dengan pengetahuan. Guru dapat memaksimalkan fasilitas yang ada untuk proses pembelajaran.

    Disinilah guru perlu mengembangkan pembelajaran berbasis web-blog dan social network. Sehingga seorang guru harus melek IT. Langkah untuk memotifasi guru agar melek IT ini telah dilakukan oleh berbagai pihak seperti: Guraru ini.  Dengan proses pembelajaran yang berbeda ini diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi tersendiri bagi siswa dalam belajar dan mencari referensi belajar.

     

    Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

  • Indahnya Jika Sekolah Berbasis Pesantren  (dalam usaha pembentukan karakter bangsa)
    Karakter bangsa yang kuat bisa diperoleh dari sistem pendidikan yang baik dan tidak hanya mementingkan faktor kecerdasan […]

  • widarso pep changed their profile picture 5 years, 6 months ago

  • widarso pep changed their profile picture 5 years, 6 months ago

  • Pendidikan membuat bangsa maju

  • widarso pep changed their profile picture 5 years, 6 months ago

  • Mendidik dengan ihlas, menjadi amal ibadah kita kelak.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar