• Selamat ya, semoga bisa terus berbagi di guraru..

  • Materi di SMK 57 nih…mantaf

  • Pelatihannya di Hotel Sofyan Tebet ya pa?

  • terimakasih semuanya…
    terimakasih atas nikmat yg diberikan Allah SWT..
    atas izinnyalah sy bisa berkarya.
    dan terimakasih untuk ortu,istri,anak dan adikku..
    dan terimakasih untuk teman2 semuanya
    terimakasih […]

  • Iya terimakasih Pa @isnapuryanta
    betul sekali pa coba ada pelatihan membuat aplikasi android, tp saya lg baca baca juga di google tutorialnya, yah iseng iseng saja pa..
    Salam pa

  • Tutu HelloHp-Android-Dual-Core-5-Inchi-Murah Prckpn B. Inggris
     
    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Salam sejahtera untuk kita semua
    Siang ini setelah beristirahat dan menikmani suasana udara yang tidak begitu nyama di luar (diantara hujan dan tidak) saya kali ini mencoba berbagi pengalaman dengan para guraruers. pengalaman kali ini saya mengajar memanfaatkan handphone yang berbasis android dengan aplikasi ” Percakapan Bahasa Inggris “.
    Aplikasi “Percakapan Bahasa Inggris ” ini sangat menujang sekali untuk para siswa belajar percakapan. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak situasi dan kondisi menggunakan percakapan bahasa inggris yang bisa kita contoh dan lihat, akan tetapi bukan cuma bisa kita lihat, kitapun bisa mendengarkan percakapannya secara berulang ulang kali. ini sangat mempermudah para siswa agar mendapatkan banyak masukan tentang percakapan percakapan.
    Penggunaan aplikasi ini dikelas mulai saya perkenalkan ke siswa 2 minggu lalu secara bertahap. Pertama saya memperkenalakan aplikasi ini ke siswa dan meminta mereka untuk mendownloadnya bagi yang punya HP android. kemudian saya membagi kelompok dengan 2 orang yang mempunyai HP android di dalam 1 kelompoknya dan beranggotakan 3 – 4 orang. kemudian saya membagikan nomor seri yang ada pada aplikasi tersebut secara acak dengan mengunakan kartu yang telah saya persiapkan terlebih dahulu. kemudian setelah itu saya memerintahkan mereka agar membaca dan mendengarkanya masing masing dan kemudian saya memerintahkan mereka untuk membuat percakapan lain dengan mengacu terhadap percakapan yang ada di aplikasi tersebut dan yang sudah di bagikan menggunakan kartu tadi. dan kemudian mempraktikannya ke depan kelas secara berkelompok, kemudian hasil kelompok yang maju ke depan kelas di rekam menggunakan video, sebagai portopolio mereka.
    Memang terdapat beberapa kendala, yaitu jaringan internet ataupun kuota / paket internet saat akan mendownloadnya dan memutar suara pada percakaan tersebut yang harus di miliki di ruangan ataupun HP tersebut. Kemudian butuh waktu untuk menjelaskan aplikasi ini.
    Semua yang baik belum tentu baik juga untuk yang lainya. Demikian pengalaman saya menggajar dengan memanfaatkan HP Android dengan Aplikasi ” Percakapan Bahasa Inggris ” yang telah saya lakukan di kelas dan para siswa tertarik untuk belajar bahasa inggris dengan kemasan IT yang moderen. Mohon maaf jika ada kesalahan yang tidak saya sadari, kerena saya hanya manusia biasa yang tak luput dari salah, dan karna Kesempurnaan itu hanyalah milik Allah semata
    Salam Sukses untuk para guraruer semua…
    ini Link aplikasinya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ekkow.PercakapanBahasaInggris
     
     

  • terimakasih semuanya…
    maaf sy slow respond nih coz bnyak kegiatan

  • Tutu Hello         google-play-store-baru-smartphonezello

    Assalammualaikum Wr. Wb.

    Salam Sejahtera untuk kita semua.

    Apakabar semuanya para guraruers? semoga semuanya sehat selalu dan mendapatkan karunia yang luar biasa dari Allah SWT. Amin. Kali ini saya dengan akun yang baru, karena akun saya yang lama tidak bisa posting, entah mengapa. Lama sudah tidak berbagi di guraru, karena berbagai macam kesibukan dan aktivitas yang padat seperti padatnya lalulintas kota Jakarta Siang ini.

    Sesuai dengan tema bulan ini yaitu pemanfaat handphone untuk pembelajaran, saya mencoba membagi pengalaman saya mengajar dengan menggunakan aplikasi Android handphone untuk pembelajaran.

    Aplikasi yang saya gunakan adalah ” ZELLO “, aplikasi ini bisa di download di play-store android. Fungsi aplikasi ini mirip seperti walkies-talkie yang biasa di gunakan pada security. Aplikasi ini menggunakan fasilitas data internet untuk bisa berkomunikasi.

    Untuk Lebih lanjutnya tentang Zello bisa googling saja.

    https://www.youtube.com/watch?v=aP7Dp65jPJE

    Dalam pembelajaran bahasa inggris dengan mengunakan aplikasi Zello ini di kelas, saya memanfaatkannya untuk siswa berbicara bahasa inggris dengan temannya yang juga menggunakan zello.

    inilah prosesnya (GUESS THE WORD) :

    Membagikan kelompok ( dalam satu kelompok harus ada 1 – 2 yang memiliki HP berjenis Android )
    Meminta untuk mendownload aplikasi ZELLO pada setiap kelompoknya
    Kemudian membuat group di ZELLO dengan guru sebagai adminnya
    Kemudian semua kelompok bergabung di group ZELLO
    Menjelaskan rule yang akan dimainkan :

    Guru menyiapkan kartu yang berisi kosakata yang berjumlah 4 dengan berbeda beda
    Setiap ketua kelompok mengambil kartu secara acak
    setiap kelompok membuat 4 clue atau 4 keterangan tentang 1 kosakata yang tersimpan dikartu tersebut
    Salah satu kelompok maju keluar ruang kelas, setelah itu mereka menyebutkan 1 clue tersebut dengan menggunakan aplikasi zello.
    Kelompok yang lain menebak apa nama kosakata yang di jelaskan menggunakan clue yang disebutkan oleh kelompok yang keluar ruangan kelas.
    jika pada clue 1 belum bisa ketebak maka lanjutkan dengan clue ke 2, 3 dan 4 dengan mengucapkan NEXT
    jika sampai clue ke 4 kosakata tersebut bisa ditebak maka kelompok tersebut dan kelompok yang menjawab mendapatkan reward atau point. Tapi sebaliknya jika tidak bisa menjawab maka tidak mendapat apa apa
    dan seterusnya sampai kosakata selesai

     

    Para siswa sangat antusias sekali saat menggunakan aplikasi ini terlihat dari banyaknya pertanyaan cara menggunakannya aplikasi zello dan raminya zello.

    Disiini saya bertujuan agar siswa berani mengucapkan bahasa inggris dan berinteraksi menggunakan bahasa inggris dengan tidak berhadapan langsung dengan lawan bicara. disini juga melatih pendengan siswa terhadap bahasa inggris yang mereka dengar.

    Demikianlah pengalaman saya mengajar dengan menggunakan atau pun memanfaatkan aplikasi Handphone android berupa ZELLO untuk pembelajaran di Sekolah. Memang sangat bermanfaat, menarik dan inovatif tetapi masih ada bebrapa hal kekurangannya yaitu batrei yang cepat berkurang.

    Dari setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Deminikanlah yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata kata yang salah dan perkataan yang kurang menyenangkan. Karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. dan kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.

    Wassalamualikum Wr. Wb.

     

    Salam Sukses Guraruers

     

     

     

  • Restu changed their profile picture 8 years, 1 month ago

  • Restu became a registered member 8 years, 1 month ago

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar