• Salam kenal pak taufik, maaf saya mau tanya untuk Guru MTs. (madrasah) boleh ikutan gak ya? terima kasih atas jawabannya.

    blog TIK : http://petikom7islamicschool.blog.com

  • bisa kok pak..
    cuma kadang servernya seperti – maklum gratisan
    coba di refresh/reload saja Blog nya ya ūüôā

    atau silakan klik Link di bawah ini […]

  • TI ba Era Baru

    Tes Hasil Belajar Siswa Berbasis ‚ÄúOnline Test‚ÄĚ

    Ujian Online (online test) adalah ujian yang diselenggarakan secara online (realtime) oleh seorang Guru atau pendidik dimana Peserta didik sebagai peserta didik dapat mengikuti ujian dimanapun yang bersangkutan berada, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Usaha yang dilakukan oleh seorang Guru tersebut sebagai upaya untuk mengukur tingkat pemahaman Peserta didik tentang materi pelajaran yang telah dipelajarinya selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas kemudian disebut dengan hasil belajar.

    Hasil belajar merupakan indikator keberhasilan dalam proses¬† belajar mengajar atau pembelajaran¬† yakni apakah tujuan pembelajaran yang diharapkan sudah tercapai secara optimal atau belum. Seandainya hasil belajar sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan, maka proses pembelajaran dianggap telah berhasil. Menurut Winkel hasil belajar adalah ‚Äúperubahan-perubahan dalam pegetahuan atau pemahaman dan tingkah lakunya, keterampilannya yang ada pada individu setelah mengalami proses belajarnya.‚ÄĚ

    Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar yang diperoleh Peserta didik diperlukan adanya proses penilaian. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Untuk itu, diperlukan data sebagai informasi yang diandalkan sebagai dasar pengambilan keputusan. Dalam hal ini, keputusan berhubungan dengan sudah atau belum berhasilnya peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi. Jadi, penilaian merupakan salah satu pilar dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berbasis kompetensi.

    Dalam penilaian dapat mempertimbangkan prinsip-prinsip sebagai berikut :

    Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu.
    Mengembangkan strategi yang mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri.
    Melakukan berbagai strategi penilaian untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar peserta didik.
    Mempertimbangkan berbagai kebutuhan khusus peserta didik.
    Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi dalam pengamatan kegiatan belajar peserta didik.
    Menggunakan cara dan alat penilaian yang bervariasi seperti ;tertulis, lisan, produk portofolio, unjuk kerja, proyek, dan pengamatan.
    Melakukan penilaian secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil, dalam bentuk :ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.

    Dalam melakukan penilaian, beragam cara dilakukan oleh setiap Guru agar diperoleh data hasil belajar Peserta didik yang valid melalui tes atau ujian yang  efektif dan efisien diantaranya Tes Online. Ada beberapa alasan mengapa penilaian peserta didik online dianggap lebih efektif daripada ujian tradisional. Pertama merangkul teknologi dan hal ini memungkinkan kecerdasan berteknologi yang menuntut Peserta didik untuk terlibat dalam cara yang jauh lebih alami dan akrab bagi mereka, menjadi jauh lebih aktif terlibat daripada dengan pena dan kertas. Peserta didik juga jauh lebih bertanggung jawab atas kesuksesan mereka sendiri atau kegagalan pada tes tersebut, yang membantu mereka untuk mengembangkan ketekunan dan etos kerja.

    Penggunaan teknologi internet untuk setiap tes atau ujian ini dikenal sebagai tes online. Strategi penilaian ini dapat digunakan untuk menguji pengetahuan praktis, keterampilan pribadi, kecerdasan, dan lainnya secara logis melalui aplikasi atau file tes yang dimuat pada Website atau Blog. Dalam prakteknya tes tersebut dikerjakan secara online dan realtime menggunakan jaringan internet dengan batas waktu tertentu dan hasilnya (berisi informasi jawaban dan nilai peserta didik) langsung dikirimkan ke portal milik Guru.

     

    Keuntungan yang diperoleh dari tes online diantaranya :

    Mengurangi biaya foto copy atau perbanyak soal ujian
    Memberikan kesempatan peserta didik untuk mengerjakan tes secara mandiri
    Memberikan kesan yang cukup mendalam kepada Peserta didik dengan tampilan yang menarik
    Mendidik Peserta didik untuk bertanggung jawab dan bersikap jujur dalam menjawab soal
    Menghindari kesalahan dalam mengoreksi jawaban Peserta didik karena nilai secara otomatis akan diproses oleh program
    Memberikan informasi yang spesifik mengenai jawaban yang diberikan Peserta didik (jawaban yang benar dan salah)
    Memudahkan Guru merekap nilai dan memindahkannya ke database nilai Peserta didik.

    Terdapat banyak software atau program yang dapat di unduh untuk¬†membuat tes online, mulai dari persiapan, pemilihan bentuk tes, pembuatan soal, pemberian skor, sampai kepada “publish” atau upload ke Website atau Blog diantaranya adalah program aplikasi (software)¬†Question Writer.

    Software Question Writer  ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui sistem e-learning.  Salah satu produk andalan untuk membuat soal ujian yang dapat diakses peserta didik secara online. Program Question Writer ini merupakan sebuah aplikasi sangat cocok digunakan untuk keperluan mengajar bagi guru. Dan dengan cara seperti ini pula akan menjadi pembelajaran serta bekal bagi peserta didik nantinya, karena tidak menutup kemungkinan ke depan tes online akan semakin banyak digunakan.

    Kelebihan¬†Question Writer¬†yang paling menonjol adalah bahwa jawaban peserta didik dapat terkirim ke email guru dan server milik kita di https://www.questionwritertracker.com¬† dalam keadaan ‚Äėsudah dikoreksi‚Äô artinya peserta didik yang lulus maupun yang gagal sudah dapat teridentifikasi, sehingga guru dengan mudah dapat memberikan umpan balik kepada peserta didik.¬†Untuk menggunakan program¬†Question Writer¬†ini¬†tentunya Guru harus memiliki Website atau Blog yang nantinya akan di gunakan sebagi tempat untuk mempublikasikannya, sehingga peserta didik dapat mengerjakan soal tersebut secara online di manapun melalui jaringan internet.

    Langkah untuk membuat soal :

    1. Mengaktifkan program aplikasi

    aktifkan file

    2. Pengaturan Umum Question Writer

    a. Properties

    properties

    b. Switch Themes

    themes

    3. Membuat Soal (tentukan bentuk tesnya)

    a. Multiple Choice

    soal pg

     

    contoh soal pg

    b. Matching

    soal matching

    contoh soal matching

    c. Sequence

    soal sequence

    contoh soal sequence

    d. Fill the Blank

    fill inthe blank

    contoh fill inthe blank

    4. Publish Soal

    a. Ke Server Question Writer Tracker ( .html )

    publish

    publish

    b. Ke Lokal PC / Komputer ( .swf )

    publish

    tes

     

    Contoh Hasil Jawaban Siswa :

    report

    report

    Catatan :

    Soal Online Dapat di akses juga melalui perangkat Gadget ; TABLET / SMARTPHONE ANDROID

    dengan syarat harus di install terlebih dahulu Flash Player for Android.

    tablet tes

    Berminat untuk membuat tes online? Silakan dapatkan aplikasinya di bawah ini :

    Download Aplikasi QUESTION WRITER

     

    Identitas penulis :

    Nama : Nanang Kurniawan, S.Pd.
    (FB : http://facebook.com/kurnia04)
    NIP : 198006042007101003
    Bid. Studi : TIK
    Tempat Kerja : MTs. N 7 Jakarta

    Judul Tulisan ke – 1 :

    http://guraru.org/guru-berbagi/multi-teaching-resources/

    Judul Tulisan ke -2 :

    http://guraru.org/guru-berbagi/mengetik-cepat-10-jari/

     

    “Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru Untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10‚Ä≥

     

     

     

  • Bagi yang berminat gunakan aplikasi Typing Master, silakan download :
    (lengkap dengan serial number)

    http://petikom7islamicschool.blog.com/download-aplikasi/

  • terima kasih dan salam kenal pak Rakhmad/pak Muhammad Nur’alim, artikel bapak juga inspiratif.. semangat terus untuk bisa menulis informasi2 terbaru.

    silakan dibaca pula artikel saya lainnya […]

  • Assalamu‚Äôalaikum Wr. Wb.

    Semoga tulisan yang saya muat pada lomba kali ini bermanfaat buat penulis sendiri dan pembaca (khususnya Guru).

    Nama : Nanang Kurniawan, S.Pd.
    (FB : […]

  • Belajar Mengetik 10 Jari

    Menggunakan ProgramTYPING MASTER

    10 jari

    Dalam prakteknya, belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, di sekolah atau di luar sekolah. Bagi siswa atau mahasiswa, belajar dapat terjadi apabila suatu stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatan siswa berubah dari waktu sebelum siswa mengalami situasi itu ke waktu siswa mengalami situasi tadi. Demikian pendapat yang dikemukakan oleh Gagne.

    Dengan demikian dapat dikatakan bahwa belajar adalah usaha yang dilakukan seseorang (sibelajar) secara sadar dan sengaja  terhadap perubahan perilaku dalam dirinya melalui pengalaman akibat interaksinya dengan  lingkungan belajarnya. Dalam pembelajaran di sekolah atau kampus, Siswa atau mahasiswa dihadapkan pada tantangan untuk bisa menggunakan salah satu program komputer yang berkaitan dengan pembuatan dokumen : surat, naskah, undangan, laporan, dan sebagainya untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh seorang Guru.

    Salah satu program aplikasi yang mendukung kegiatan tersebut adalah software aplikasi pengolah kata Microsoft Word. Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap. Dengan Microsoft word bisa memformat tulisan/dokumen beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai, menyisipkan gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain. Dengan kata lain, microsoft word formatnya sangat lengkap.

    Kendala yang dirasakan oleh siswa atau mahasiswa ketika menggunakan program Microsoft Word adalah tidak dapat mengetik dengan cepat menggunakan 10 jarinya sehingga pekerjaan atau penyelesaian tugas menjadi terlambat. Padahal dalam proses pembuatan sebuah dokumen tersebut membutuhkan keahlian atau kemampuan khusus agar dapat mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat sehingga tugas tersebut dapat diselesaikan dengan baik tepat pada waktunya sebagai upaya memenuhi tujuan hasil belajar yang diinginkan.

    Salah satu upaya yang dapat dilakukan Siswa atau mahasiswa adalah memanfaatkan Aplikasi Komputer Typing Master sebagai media pembelajaran yang dirancang khusus untuk membantu mereka mahir mengetik dengan kesepuluh jarinya sehingga kualitas hasil belajar siswa yang diharapkan meningkat. Dengan pemanfaatan aplikasi komputer ini, diharapkan siswa atau mahasiswa dapat terlibat dalam seluruh aspek perkembangannya, baik kognitif, afektif maupun pikomotorik.

    Kelebihan yang dimiliki aplikasi Typing Master dapat membantu belajar mengetik sepuluh jari tanpa melihat tombol keyboard. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan untuk meningkatkan kecepatan mengetik di setiap sesi pelajaran. Selain itu dapat juga melatih kemampuan mengetik dengan teks atau dokumen yang telah disediakan serta dapat melihat hasil kemampuan mengetik kemudian mencetaknya, lengkap dengan Ijazah yang berisi keterangan mengenai : kecepatan, keakuratan, dan durasi waktu yang digunakan.

    Dengan Typing Master Anda dapat belajar mengetik melalui sentuhan teknik dan membawa keyboard Anda ke tingkat yang baru yaitu :

    1) Mengetik akan menjadi mudah dan lancar seperti berbicara

    2) Memungkinkan untuk menyelesaikan tugas menulis dengan lebih efektif dan efisien.

    3) Menghemat banyak waktu membuat laporan, email dan presentasi lebih cepat.

    4) Memberikan lebih banyak kebebasan untuk kreativitas.

    5) Dapat meningkatkan kecepatan mengetik

    6) Meminimalkan kesalahan-kesalahan mengetik

    7) Meningkatkan kualitas tulisan atau dokumen

     

    Bentuk latihan dan fasilitas  yang disediakan oleh aplikasi Typing Master sebagai berikut :

    1) Course

    course

    2) Review

    review

    3) Typing Test

    typingmaster-6

    4)  Games

    games

    5) Satellite

    satellite

    6)  Setting

    setting

     

    Blog TIK : Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

    http://petikom7islamicschool.blog.com

    .

    Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru Untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10″

  • nanang kurniawan, s.pd changed their profile picture 6 years, 6 months ago

  • nanang kurniawan, s.pd changed their profile picture 6 years, 6 months ago

  • Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Semoga tulisan yang saya muat pada lomba kali ini bermanfaat buat penulis sendiri dan pembaca (khususnya Guru).

    Nama : Nanang Kurniawan, S.Pd.
    NIP : 198006042007101003
    Bid. Studi : […]

  • Based on : Pengalaman Pribadi Penulis

    Konsep ini sudah penulis terapkan sejak awal tahun 2014 dengan melalui tahapan perbaikan dan pengembangan”

    Berikut penulis sajikan mulai dari dasar pemikiran sampai kepada aplikasi / penerapan konsep “Multi Teaching Resource

     

    Saat ini teknologi merupakan konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, serta bagaimana ia dapat memberikan pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya. Dengan perkembangannya, teknologi yang diciptakan (Hardware atau Software) dalam dunia pendidikan khususnya kegiatan pembelajaran di dalam kelas dimanfaatkan sebagai Media untuk menyampaikan materi pembelajaran.

    Kata media berasal dari bahasa latin¬†medius¬†¬†yang secara harfiah berarti ‚Äėtengah‚Äô, perantara atau ‚Äėpengantar‚Äô.¬† Khusus dalam bidang pendidikan,¬†Association for Educational Communications and Technology¬†(AECT) mendefinisikan bahwa ‚Äúmedia adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi.‚Ä̬† Jadi apapun bentuknya bila dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dapat disebut dengan media. Dengan demikian pemanfataan teknologi di dalam kelas dapat dikategorikan sebagai Media Pembelajaran.

    Media pembelajaran menurut Anderson ‚Äúsebagai media yang memungkinkan terjadinya interaksi antara karya seorang pengembang mata pelajaran dengan siswa atau sasaran‚ÄĚ. Adapun¬†interaksi¬†yang dimaksud di atas adalah¬† terjadinya suatu proses belajar dalam diri peserta didik pada saat menggunakan media misalnya menggunakan CD materi pembelajaran dan membaca modul.

    Demikian halnya pembelajaran di dalam kelas, interaksi dapat diciptakan ketika seorang Guru mampu memanfaatkan beraneka ragam dan sebanyak mungkin sumber daya atau sarana dalam bentuk media dan peralatannya dengan tujuan agar materi pembelajaran dapat disampaikan kepada peserta didik secara maksimal yang kemudian dikenal dengan istilah ‚ÄúMulti Teaching Resources‚ÄĚ.

    Prinsip pengembangan konsep pembelajaran seperti ini adalah kegiatan pengajaran berbasis tujuan dan dapat dikendalikan (purposed dan teaching controlled). Sehingga memudahkan seorang Guru dalam memilih dan menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik.

    Pemanfaatan beragam media pembelajaran meliputi dua hal yaitu ; Teaching Resource by Utilization dan Teaching Resource by Design.

    1. Teaching Resource by Utilization

    Merupakan cara pemanfaatan media pembelajaran yang sudah ada/tersedia meliputi satu atau dua perangkat teknologi (hardware dan software) atau paduan antara keduanya dan sengaja digunakan Guru untuk menyajikan materi pembelajaran di dalam kelas.¬†Salah satu bentuk nyata pengembangan dan modifikasi perangkat teknologi tersebut adalah ‚ÄúRemote Desktop‚ÄĚ, artinya layar desktop pada laptop yang terhubung ke proyektor dapat dikendalikan dengan perangkat lainnya.

    Menyajikan materi dengan teknik ini memudahkan Guru menjelaskan materi sambil berjalan mendekati setiap peserta didik di dalam kelas karena materi pembelajaran yang disajikan pada laptop dapat diremote atau dikendalikan dari jarak jauh. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar di dalam kelas menjadi atraktif dan juga dapat menarik perhatian peserta didik.

     

    Perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk ‚ÄúRemote Desktop‚ÄĚ sebagai berikut

    Laptop/notebook
    Proyektor dan screen
    Smartphone dengan OS Android
    WiFi atau Hotspot Portable
    Software Ultra VNC dan VNC Viewer

    remote dekstop

    2. Teaching Resource by Design

    Merupakan cara pemanfaatan media pembelajaran yang sengaja dirancang oleh Guru sendiri dan digunakan sebagai media pembelajaran untuk kegiatan pengajaran di dalam atau di luar kelas. Tidak hanya untuk kepentingan Guru, media pembelajaran yang dibuat dapat pula dimanfaatkan oleh peserta didik untuk belajar mandiri dan belajar di dalam kelas. Banyak media pembelajaran yang dapat dibuat oleh Guru, tetapi karena kendala waktu dan biaya maka perlu dipertimbangkan secara baik media pembelajaran seperti apa yang harus dibuat dan dapat dimanfaatkan Guru untuk menyajikan materi pembelajarannya. Dengan beragamnya media pembelajaran, Guru dapat lebih leluasa memilih cara yang tepat untuk menyampaikan materi pembelajaran.

    Pada kesempatan ini penulis membuat 4 contoh media pembelajaran untuk kelas 7 pada tingkat SMP/MTs yang sengaja dibuat untuk melengkapi laporan karya inovasi ini. Ketiga contoh media pembelajaran tersebut dirancang berdasarkan tujuan pembelajaran (sk dan kd) yang terdapat pada kurikulum KTSP.

    Media pembelajaran yang dibuat :

    Modul Pembelajaran
    CD Materi Pembelajaran
    Blog TIK, dan
    Tes/soal berbasis Flash (offline) dan Web (online)

     

    Penerapan Inovasi dalam Pembelajaran

    1. Teaching Resource by Utilization

    Remote Desktop dapat diterapkan pada semua kegiatan pembelajaran dan semua bidang studi. Namun hal ini kembali kepada Guru masing-masing, apakah Guru tersebut mau atau tidak menerapkannya di kelas.

    Khusus untuk bidang studi TIK, Remote Desktop tersebut dapat dijadikan contoh penerapan langsung (contextual teaching learning) tentang materi yang terdapat pada modul B yaitu : perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

    Dengan demikian, peserta didik tidak hanya memiliki pengalaman baru dalam menyimak pembahasan materi yang disajikan oleh Guru, tetapi peserta didik dapat sekaligus memperoleh pemahaman tentang materi yang sedang dipelajari.

    Berikut langkah ‚Äď langkah yang dilakukan untuk menggunakan Remote Desktop :

    Install software Ultra VNC pada laptop
    Install software VNC Viewer android pada smartphone
    Aktifkan jaringan WiFi

    Tethering dan portable hostspot pada smartphone
    WiFi portable (misal ; Bolt)

    Sambungkan laptop ke WiFi
    Jalankan VNC Server pada laptop
    Periksa alamat IP laptop

    (beda jaringan WiFi beda pula alamat IP address)

    Jalankan VNC Viewer pada smartphone
    Pilih koneksi baru ( + ) lalu masukkan (IP) addres dan nama koneksi
    Lalu tekan ‚Äúconnect‚ÄĚ jika minta password, masukkan password VNC Server
    Selesai, sekarang laptop sudah dapat di kendalikan melalui smartphone

    langkah 1

     

    langkah 2

    2. Teaching Resource by Design

    1) Modul Pembelajaran

    Bahan ajar disusun secara sistematis yang mengacu pada pembuatan urutan penyajian materi pelajaran (sequencing) dan mengacu pada upaya untuk menunjukkan kepada peserta didik keterkaitan antara fakta, konsep, prosedur, dan prinsip yang terkandung dalam materi pembelajaran. Materi yang terdapat pada modul pembelajaran sudah disesuaikan dengan SK/KD, indikator dan atau tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya juga disertai dengan latihan soal diakhir pembahasan.

    Modul pembelajaran ini dapat digunakan oleh Guru di dalam kelas untuk menyampaikan materi pembelajaran. Di luar kelas, misal dirumah peserta didik dapat secara mandiri untuk mempelajari materinya. Mengingat peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda (kecerdasan, bakat dan kecepatan belajar) maka perlu diadakan pengorganisasian materi, sehingga semua siswa dapat mencapai dan menguasai materi pelajaran sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam waktu yang disediakan, misalnya satu semester.

    modul b1

    2) CD Materi Pembelajaran

    Bahan ajar yang  dikemas dalam bentuk CD pembelajaran berbasis komputer yang disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran yang terdapat pada kurikulum KTSP. Perangkat lunak (software) yang digunakan untuk bahan ajar ini adalah Microsoft Powerpoint 2010 berisikan materi pembelajaran TIK (semester ganjil dan genap).

    CD pembelajaran ini dapat digunakan oleh Guru di dalam kelas untuk menyampaikan materi pembelajaran menggunakan CD ROM yang terdapat pada laptop atau pc. Di luar kelas, misal dirumah peserta didik dapat secara mandiri untuk mempelajari materinya bahkan disediakan pula soal latihan.

    cd 1

    3) Blog TIK

    Bahan ajar dalam bentuk artikel online yang dapat diakses oleh peserta didik dimana saja dan kapan saja melalui jaringan Internet. Artikel yang dimuat pada blog dapat juga berupa tampilan slideshare atau format lainnya.

    Materi yang terdapat pada blog disesuaikan dengan materi pada media pembelajaran lainnya dengan maksud agar peserta didik memiliki pemahaman yang sama baik ketika membaca modul atau cd pembelajaran. Tidak hanya materi pembelajaran, informasi lain yang berkaitang dengan TIK pun disajikan pada blog termasuk informasi data peserta didik, nilai, dan kegiatan ulangan harian ataupun tes remedial secara online (online test).

    blog

    Materi pembelajaran (Modul, CD, dan Blog) meliputi :

    Semester Ganjil

    Pengenalan TIK
    Sejarah Perkembangan TIK
    Peranan TIK
    Manfaat TIK
    Dampak negatif TIK
    Mengaktifkan Komputer
    Mematikan Komputer
    Sistem Operasi

    Semester Genap

    Perangkat Keras (hardware)
    Perangkat Lunak (software)
    Manfaat Program Aplikasi
    – Mengenal Aplikasi Microsoft Word
    Microsoft Excel 2007

    4) Tes Berbasis Flash dan Web (online)

    Program aplikasi (software)¬†yang digunakan untuk¬†membuat tes berbasis flash dan web (online) adalah Question Writer. Software¬†Question Writer¬†¬†ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui sistem¬†e-learning.¬†Kelebihan¬†Question Writer¬†yang paling menonjol adalah bahwa jawaban peserta didik dapat terkirim ke email guru dan server milik kita di https://www.questionwritertracker.com¬† dalam keadaan ‚Äėsudah dikoreksi‚Äô artinya peserta didik yang lulus maupun yang gagal sudah dapat teridentifikasi, sehingga guru dengan mudah dapat memberikan umpan balik kepada peserta didik.¬†

    Bentuk tes ini dapat dilakukan secara offline dan online menggunakan :

    Smartphone
    Tablet
    Laptop

    – offline (melalui file .swf pada PC atau tablet)

    tes

    – online (melalui Blog TIK/internet)

    soal blog

     

    tes

    Seorang Guru atau pendidik yang mampu memanfaatkan beraneka ragam dan sebanyak mungkin sumber daya atau sarana dalam bentuk media dan peralatannya dengan tujuan agar materi pembelajaran dapat disampaikan kepada peserta didik secara maksimal (multi teaching resources), diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan dan minat belajar peserta didik di dalam kelas. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik merasakan pengalaman yang berbeda yakni kegiatan belajar mengajar yang inovatif dan atraktif dibanding dengan pengalaman sebelumnya yang bersifat konvensional.

    Tidak hanya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, di luar kelas pun misal dirumah peserta didik dapat secara mandiri untuk mempelajari materinya melalui ; modul pembelajaran, cd pembelajaran, dan blog. Dengan demikian hasil belajar yang merupakan indikator keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat diperoleh peserta didik secara maksimal.

    Secara garis besar manfaat yang dapat diperoleh melalui laporan karya inovasi ini adalah :

    A. Bagi Guru

    Memahami konsep media pembelajaran
    Memahami cara atau teknik baru dalam menyajikan materi pembelajaran
    Memahami efek keterpaduan antara perangkat keras dan lunak
    Memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menerapkan remote desktop.
    Memberikan motivasi agar dapat merancang sendiri media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

    B. Bagi Peserta didik

    Menumbuhkan ketertarikan dan minat belajar
    Memiliki pengalaman baru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas
    Memahami materi pembelajaran dapat lebih maksimal
    Mendapatkan keleluasaaan dalam mempelajari materi melalui ; modul, cd pembelajaran, dan blog pembelajaran (kegiatan belajar di luar kelas)

    Catatan :

    Blog TIK : Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

    http://petikom7islamicschool.blog.com

    Contoh materi modul :

    1. Perangkat Keras (Hardware)

    2.Perangkat Lunak (Software)

    Contoh tes online :

    Latihan 1 perangkat keras (hardware)

     

     

    Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru Untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10″

  • nanang kurniawan, s.pd became a registered member 6 years, 6 months ago

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar