Guraru

Ketahui Manajemen Waktu Mengerjakan Pelatihan Mandiri PMM

Halo Rekan Guraru! Beberapa waktu yang lalu kita disibukkan dengan pelatihan mandiri yang terdapat dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM). Pada dasarnya, PMM merupakan platform digital yang disediakan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Kemudian dalam mendukung penerapan pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah melalui PMM, pada kesempatan yang sama Dirjen GTK menyampaikan regulasi teknis berupa Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah. Namun dengan banyaknya tugas guru dan fitur PMM yang beragam, guru mungkin merasa kesulitan dalam mengatur waktu mereka untuk memanfaatkan PMM secara maksimal. Berikut adalah beberapa tips manajemen waktu untuk membantu guru dalam mengerjakan PMM:

1. Buat Perencanaan yang Matang

  • Tentukan tujuan yang ingin dikerjakan. Menuliskan apa saja yang ingin kita kerjakan di PMM, misalnya pengelolaan kinerja atau pelatihan mandiri.
  • Buat skala prioritas. Setelah mengetahui tujuan, buatlah skala prioritas. Prioritaskan tugas mengajar terlebih dahulu, karena tugas utama kita adalah mendidik. Selanjutnya, prioritaskan tanggung jawab lain dari sekolah yang dibebankan pada kita.
  • Buatlah jadwal yang realistis. Buatlah jadwal yang realistis untuk menyelesaikan tugas-tugas di PMM. Pastikan untuk menyisihkan waktu yang cukup untuk setiap tugas. Rekan Guraru dapat menyisihkan setidaknya satu jam setiap hari untuk mengerjakan PMM.

2. Gunakan Fitur PMM Secara Efisien

  • Gunakan fitur “Pelatihan Mandiri” sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan dan kualitas diri serta memiliki prinsip belajar sepanjang hayat.
  • Gunakan fitur “Komunitas” untuk berinteraksi dan saling berbagi inspirasi dengan rekan sejawat dari berbagai sekolah.
  • Gunakan fitur “Pengelolaan Kinerja”. Fitur baru dari PMM ini sangat mempermudah Rekan Guraru dalam pelaporan kinerja. Bagi Rekan Guraru yang merupakan ASN, fitur ini terintegrasi langsung dengan e-kinerja BKN sehingga tidak perlu kerja dua kali. 
  • Gunakan fitur “CP/ATP” sebagai dasar untuk mengembangkan perangkat ajar
  • Gunakan fitur “Perangkat Ajar” untuk mencari referensi perangkat ajar, fitur ini menyediakan perangkat ajar dari berbagai jenjang dan mata pelajaran. Rekan Guraru juga dapat berbagi perangkat ajar di Platform Merdeka Mengajar.
  • Gunakan fitur “Asesmen Murid” sebagai referensi dalam mengembangkan asesmen pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik.
  • Gunakan fitur “Video Inspirasi, Bukti Karya dan Ide Praktik” untuk mencari referensi terkait apa saja hal-hal baik yang telah berhasil diterapkan oleh teman sejawat sehingga dapat kita terapkan kepada peserta didik kita.

3. Tips Waktu untuk Belajar

Bukan hanya peserta didik saja yang memiliki mood dan gaya belajar, guru juga demikian. Tips waktu belajar agar dapat mengerjakan sesuatu secara maksimal dan efisien adalah:

  • Ketahui gaya belajar. Rekan Guraru yang sampai saat ini belum mengetahui gaya belajar apa yang dimiliki dapat menganalisis jenis gaya belajar melalui pranala berikut . Jangan paksakan belajar dengan cara yang tidak kita sukai agar waktu yang kita gunakan dapat lebih efisien.
  • Ketahui waktu brilian untuk belajar. Setiap orang pasti memiliki waktu tertentu yang cocok untuk belajar dan dapat secara mudah untuk menerima pengetahuan. Gunakan waktu tersebut setidaknya 15-60 menit sehari untuk belajar atau menyelesaikan PMM. Kebiasaan ini akan mempermudah kita untuk mengerjakan PMM dengan senang hati.

4. Buat Kelompok Belajar yang Produktif

Jika Anda merasa kewalahan, jangan ragu untuk membentuk kelompok belajar yang produktif untuk saling sharing pengalaman dan kesulitan. Kelompok belajar yang produktif sangat penting karena sebagian besar ide kreatif dapat berkembang karena adanya masukan dari rekan sejawat. Memiliki kelompok belajar yang produktif dapat mempermudah kita untuk menyelesaikan permasalahan dengan baik. Selain itu, rekan yang memiliki kegiatan positif dapat menumbuhkan motivasi untuk rekan lain.

5. Istirahat dan Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Penting untuk meluangkan waktu untuk istirahat dan bersantai. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap fokus dan produktif dalam mengerjakan PMM. Bagaimanapun, guru adalah seorang manusia biasa yang dapat terserang burnout. Berikut adalah beberapa tips untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri:

  • Lakukan aktivitas fisik yang Rekan Guraru sukai.
  • Luangkan waktu untuk membaca buku atau menonton film.
  • Bergabung dengan komunitas atau klub yang Anda minati.
  • Luangkan waktu untuk beribadah.
  • Terapkan konsep “Mindfulness” untuk membantu Anda relaksasi dan mengurangi stres.

6. Manfaatkan Teknologi dan Alat Bantu

  • Gunakan Google Calendar atau sejenis. Agar tujuan dapat terlaksana sesuai rencana, usahakan untuk membuat tanda di kalender jadwalkan dan waktu belajar.
  • Matikan notifikasi media sosial saat Anda sedang mengerjakan tugas PMM.
  • Jika diperlukan, Rekan Guraru dapat menggunakan teknologi AI secara bijak untuk menyelesaikan pekerjaan.

 Baca Juga: Makin Canggih, Ini Rekomendasi Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan

Nah itulah sedikit tips dari Pengelola Guraru agar rekan-rekan dapat dengan senang hati dan tidak merasa terbebani untuk mengerjakan PMM. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel terbaru dari Pengelola guraru di sesi selanjutnya. Semangat mengembangkan diri!

 

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top