Guraru

Sambut Hardiknas, Guraru dan PGRI hadirkan Digital Media & Learning Competition bagi Pendidik Indonesia

Era disrupsi teknologi dan digitalisasi telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan signifikan dalam cara belajar, mengajar, dan pengelolaan pendidikan. Menanggapi hal tersebut sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Guraru X PGRI dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan Digital Media & Learning Competition bagi para pendidik di seluruh Indonesia. 

Kompetisi ini merupakan inisiasi dan komitmen dari Acer Indonesia untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran digital, mendorong inovasi dan kreativitas guru dalam mengembangkan konten pembelajaran digital, serta membangun komunitas guru yang peduli terhadap penggunaan teknologi dalam pendidikan. Tidak hanya melalui kompetisi, Acer Indonesia juga bersinergi untuk meningkatkan kinerja pendidik melalui workshop pembuatan media: pembelajaran digital untuk smart classroom. 

Ajang kompetisi guru ini memberikan kesempatan kepada guru di seluruh jenjang pendidikan sekolah umum maupun madrasah, mulai dari tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah, SMP/Madrasah Tsanawiyah, SMA/Madrasah Aliyah sampai SMK/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Kategori Kompetisi

Digital Media & Learning Competition berfokus pada 3 kategori kompetisi yang dapat diikuti oleh peserta

1. Video Pembelajaran

Kategori ini terbuka bagi guru untuk menghasilkan karya berupa video pembelajaran, storytelling, animasi atau tutorial. Video dapat dibuat berseri dengan durasi yang sama

2. Immersive for Learning

Kategori ini terbuka bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR)  atau Virtual Reality (VR).

3. Game-Based Learning

Kategori ini berupa modul pembelajaran dengan metode permainan yang menyenangkan berbasis digital atau kombinasi digital dan manual. Modul yang dikembangkan dapat memanfaatkan platform yang sudah tersedia atau karya sendiri.

Manfaat yang Diperoleh Peserta

  1. Apresiasi Karya. Dapatkan pengakuan atas karya dan ide inovatif Anda dalam penggunaan teknologi digital untuk pembelajaran.
  2. Pengembangan Kompetensi Profesi yang Berkelanjutan. Melalui kompetisi ini, guru dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.
  3. Peluang Jaringan dan Kolaborasi, dengan mengikuti kompetisi ini, seluruh peserta akan terhubung dengan para pendidik inovatif lainnya dari seluruh Indonesia dan menjalin kolaborasi untuk pengembangan pendidikan.
  4. Hadiah Menarik, menangkan hadiah berupa laptop Acer Aspire Lite, Advan X Tab serta uang tunai dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Kapan Pelaksanaan Kompetisi?

Periode pendaftaran Digital Media & Learning Competition akan dimulai pada 27 Maret 2024 – 07 Mei 2024. Pengumuman pemenang lomba/kompetisi akan dipublikasikan di situs komunitas Acer Guru Era Baru (Guraru) dan media sosial Guraru pada bulan Mei 2024. Kami mengundang seluruh pendidik di Indonesia untuk mendaftar dan berbagi inovasi pendidikan. Seluruh informasi terkait persyaratan, cara mendaftar, dan timeline dapat dilihat melalaui website https://guraru.org/kompetisi/. Jangan ragu untuk selalu memantau situs Guraru!

Penyelenggaraan Digital Media & Learning Competition mendapat dukungan penuh dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Oleh karena itu, mari bersama-sama kita dukung kemajuan pendidikan dengan menjadi bagian dari transformasi pendidikan serta terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Loading

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top