Galeri
Home > Galeri > Video

Pembuktian Hukum Archimedes Tentang Benda Tenggelam,Melayang, dan Terapung

Pembuktian tentang hukum archimedes
——————————————————–
Alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini adalah, toples bening, air secukupnya, garam dan telur, pada saat telur dimasukkan kedalam air (air murni) maka telur akan tenggelam ini disebabkan karena massa jenis telur lebih besar dari massa jenis air, sedangkan ketika air tersebut dimasukkan garam dan konsentrasi air dan garam seimbang maka telur akan melayang (berada di tengah-tengah toples yang diisi air) ini disebabkan karena massa jenis air dan tellur sama besar, dan ketika garam kita tambahkan lagi kedalam air maka akan mengakibatkan telur akan mengapung karena massa jenis air lebih besar daripada massa jenis telur, itulah penyebab dari telur yang terapung, percobaan ini salah satu contoh penerapan dari konsep Hukum Archimedes.
Praktikum IPA oleh siswa MTs NS Wanasaba

Hukum Archimedes
—————————
Pada saat kita berjalan atau berlari di dalam air, kita tentunya akan merasakan bahwa langkah kita lebih berat dibandingkan jika kita melangkah di tempat biasa. Gejala ini disebabkan adanya tekanan dari zat cair. Pengamatan ini memunculkan sebuah hukum yang dikenal Hukum , yaitu :
“Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan mendapat gaya yang disebut gaya apung (gaya ke atas) sebesar berat zat cair yang dipindahkannya”

Akibat adanya gaya apung, berat benda dalam zat cair akan berkurang. Benda yang diangkat dalam zat cair akan terasa lebih ringan dibandingkan diangkat di darat. Jadi, telah jelas bahwa berat benda seakan berkurang bila benda dimasukkan ke dalam air. Hal itu karena adanya gaya ke atas yang ditimbulkan oleh air dan diterima benda. Dengan demikian maka resultan gaya antara gaya berat dengan gaya ke atas merupakan berat benda dalam air. Selanjutnya berat disebut dengan berat semu yaitu berat benda tidak sebenarnya karena benda berada dalam zat cair. Benda dalam air diberi simbol WS.

Hubungan antara berat benda di udara (W), gaya ke atas (Fa) dan berat semu (Ws) adalah :

Ws = W-Fa

#Jangan lupa kunjungi :
#http://ipa-mtsns.blogspot.com
#http://wirahadiary.com


Daftar video

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar