Sawali Tuhusetya (0)

Print

Terpilihnya Pak Sawali dari sebagai Penerima Penghargaan Khusus Acer Guraru Award 2011 tak lepas dari jasa besar seorang rekan sejawat yang telah menginformasikan sekaligus mendaftarkan blognya dalam program Acer Guraru Award. Setelah itu, barulah ia mencari informasi mengenai Guraru dan menemukan “habitat” guru yang juga blogger sesungguhnya.

Menurut Pak Sawali, Acer Guraru Award merupakan program virtual yang tepat untuk mengembangkan tagline “membangun semangat berbagi” yang selama ini ia jadikan bagian dari motivasi dan inspirasinya dalam melakukan aktivitas ngeblog. Pak Sawali mengatakan tak pernah menargetkan menjadi pemenang dalam program Acer Guraru Award. Alasan utamanya berpartisipasi dalam program tersebut adalah kekagumannya terhadap ikatan emosional yang mendekatkan peserta kepada program tersebut serta atmosfer pertemanan yang akrab, menyenangkan, dan penuh sentuhan nilai kekeluargaan di dalamnya.

Menulis, bagi Pak Sawali, merupakan kebutuhan untuk berekspresi. “Menulis bisa dijadikan sebagai media ‘katharsis’ dan terapi batin di tengah peradaban yang ‘sakit’,” katanya. Ia mengaku bukan termasuk penulis yang produktif, karena tak ingin menghasilkan tulisan yang sekadar menyajikan informasi, tapi juga membuat pembaca mendapatkan sesuatu yang mampu menyentuh nurani manusiawinya.

Proses penjurian pun tak diikuti Pak Sawali secara seksama. Ia hanya berusaha menulis secara rutin dengan kualitas isi dan bahasa yang tetap terjaga, tanpa pernah menginformasikan atau mencoba meminta dukungan dan mempercayakan tulisan-tulisannya sepenuhnya pada otoritas dewan juri. Karena itulah ia sangat senang dan bersyukur menjadi salah satu penerima Penghargaan Khusus Acer Guraru Award 2011 karena konsistensinya dalam berbagi melalui blog dan media sosial. “Anugerah ini benar-benar di luar dugaan,” ungkapnya.

Setelah menjadi pemenang Acer Guraru Award, Pak Sawali merasa mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman kepada rekan-rekan sejawat dalam memanfaatkan teknologi internet, khususnya blog dan media sosial, dalam pembelajaran dan pendidikan melalui Seminar Guraru. Melalui Seminar Guraru, misalnya, dapat diketahui kondisi kompetensi guru yang sesungguhnya dalam memanfaatkan teknologi internet untuk pembelajaran. Pengalaman tersebut didapatkannya dalam Seminar Guraru di beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, di mana sebagian besar guru masih “rabun” teknologi internet.

Secara keseluruhan, Pak Sawali menilai Acer Guraru Award sebagai satu-satunya program kompetisi blog guru di Indonesia yang benar-benar nyata mengakrabkan guru dalam memanfaatkan teknologi internet. Melalui Seminar Guraru dan diskusi virtual #GuraruTalk, guru-guru terpacu untuk menjadi pembelajar yang inspiratif.

mari berbagi_1

10,097 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!