Tentang Acer Guru Era Baru (0)

Guru Era Baru (Guraru) merupakan program inisiatif Acer Indonesia yang dilakukan sejak tahun 2010 dalam upaya peningkatan literasi Teknologi Informasi (TI) / IT literacy masyarakat, khususnya kalangan guru Indonesia. Melalui program ini, Acer mendukung dan mendorong para guru memanfaatkan teknologi untuk proses belajar mengajar yang lebih efektif dan interaktif. Ini merupakan langkah nyata komitmen Acer untuk meningkatkan penetrasi TI demi Indonesia yang lebih baik.

Perkembangan teknologi komputer dan Internet membuat dunia semakin terhubung satu sama lain. Informasi mengenai banyak hal juga semakin mudah diperoleh. Oleh karena itu, kearifan dan kecermatan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi menjadi sangat penting. Guru menjadi elemen penting untuk mengarahkan penggunaan teknologi yang beretika dan positif demi kemajuan generasi penerus bangsa.

Mencuatnya situs-situs media sosial (blog, Facebook, Twitter) dapat dimanfaatkan untuk kepentingan belajar mengajar. Komunikasi interaktif antara guru dan murid akan semakin maksimal dengan adanya media sosial. Tanpa disadari, teknologi komputer dan Internet menjadi semakin penting dalam kegiatan proses belajar mengajar yang lebih interaktif dan up to date. Namun, adalah sebuah kenyataan, bahwa sebagian besar dari 2,9 juta guru di Indonesia masih gagap teknologi. Keadaan ini tentu mengkhawatirkan, manakala Internet telah menjadi salah satu medium utama dalam perolehan informasi berbagai jenis ilmu pengetahuan.

Melihat kenyataan di atas, Acer Indonesia terus melakukan berbagai cara agar program Guraru dapat disosialisasikan secara lebih intensif. Salah satunya adalah dengan mengadakan seminar dan pelatihan mengenai perkembangan teknologi komputer dan Internet kepada para guru di berbagai kota dan kabupaten. Hingga saat ini, Guraru telah menjangkau jutaan guru di lebih dari 20 propinsi dan 30 kabupaten. Demi semakin memperluas jangkauan Guraru, Acer menggandeng asosiasi profesi (IGI, PGRI), Departemen Pendidikan Nasional tingkat Propinsi/Kabupaten, serta institusi terkemuka (Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara).

Secara online, Guraru juga memiliki wadah yang memfasilitasi para guru untuk saling terkoneksi dan berinteraksi dengan sesama pegiat pendidikan lainnya. Blog http://guraru.org adalah blog komunitas yang memungkinkan siapapun untuk berjejaring serta saling berbagi opini dan informasi.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan seminar dan pelatihan Guraru, Acer tiap tahunnya mengadakan Guraru Award untuk memberikan penghargaan kepada guru-guru yang yang inspiratif dan senantiasa memanfaatkan teknologi untuk berbagi mengenai pendidikan. Hingga kini, sudah terpilih empat guru yang mendapat penghargaan Acer Guraru Award yaitu: Urip (guru Kimia MAN Pangkalan Bun) dan Agus Sampurno (guru SD Internasional Global Jaya, Jakarta), Dedi Dwitagama (Kepala SMK 36, Jakarta), Sukani (guru SMK Bhakti Idhata, Jakarta) Penghargaan khusus juga diberikan kepada Sawali (guru SMP 2 Pegandon, Kendal), Wijaya Kusumah (guru SMP Labschool, Jakarta), Amiroh (guru SMKN-3 Jombang, Jawa Timur), Yusrizal Pandjaitan (Guru SMKN-2 Tanjung Balai, Sumatera Utara), Rudy Hilkya (guru SMAN-2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah), Siti Mugi Rahayu (guru SMA AL Muslim, Bekasi) atas konsistensinya berbagi mengenai pendidikan melalui blog dan media sosial.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Guraru dan kegiatan-kegiatannya, dapat menghubungi kami melalui:
E-mail : pengelola [at] guraru [dot] org
Facebook : www.facebook.com/guraru
Twitter : @guraruID

disclaimerUntuk informasi selengkapnya terkait Ketentuan Layanan silahkan klik disini.

23,824 total views, 4 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar