Uncategorized
0

Virtual Coordinator Training (VCT) Indonesia (0)

Slamet Riyadi February 12, 2019

Saat ini, dunia dihadapkan dengan munculnya revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi sistem, yang berarti bahwa sistem dibawa dari analog ke format digital. Dalam praktik jual beli misalnya, era sekarang sangat marak dilakuakn jual beli secara online, dimana para pembeli hampir-hampir tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang kebutuhannya. itu hanya salah satu contoh digitalisasi dalam bidang ekonomi. Dalam dunia pendidikan pun Revolusi industri 4.0 juga telah memberikan pengaruhnya. Sistem pembelajaran yang awalnya didasarkan pada pertemuan tatap muka di kelas, segera digantikan oleh sistem pembelajaran yang terintegrasi melalui pembelajaran internet (pembelajaran online). Perubahan yang begitu cepat dan kompetitif ini, menuntut kita sebagai Guru untuk memiliki ketrampilan yang lebih dalam memanfaatkan ICT untuk pembelajaran kita. Dengan memanfaatkan ICT dalam kelas-kelas kita, maka sesungguhnya kita sedang membawa anak-anak didik kita menyongsong revolusi industri 4.0. Proses belajar di era sekarang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sebagai Guru, kita harus siap dengan perubahan ini.

Salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan oleh para guru untuk mendapatkan berbagai wacana ilmu adalah dengan mengikuti diklat online yang diselenggarakan oleh Seamolec. Diklat ini dilaksanakan secara online melalui video converence dengan aplikasi webex

Diklat ini bernama VCT atau Virtual Coordinator Training yang diselenggarakan oleh SEAMOLEC merupakan pelatihan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan guru dalam pembelajaran jarak jauh yang berbasis Webex. Dengan mengikuti pelatihan ini, Guru akan dibimbing agar siap melaksanakan pembelajaran jarak jauh, baik sebagai host, moderator, maupun pemateri (presenter).

YouTube Preview Image

Para Guru peserta pelatihan ini, akan ditugasi untuk menjadi host, moderator, dan presenter masing-masing sebanyak 2 kali. Selain itu, para guru juga akan dibimbing tentang cara untuk membuat flyr sebagai sarana publikasi kegiatan dan cara merekam (record) kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Keseluruhan tugas itu akan dikumpulkan pada tahap akhirnya sebagai dasar untuk menerbitkan sertifikat. para guru yang sudah lulus mendapatkan sertifikat, diharapkan bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan sarana ICT yang ada. Saat ini sedang berlangsung VCT Batch 2 yang dimulai tanggal 15 Januari 2019 dan direncanakan berkahir pada tanggal 31 Januari 2019. Namun karena masih ada beberapa kendala teknis, pelatihan ini diperpanjang hingga tanggal 13 Februari 2019. Kemungkinan setelah berakhirnya Batch 2 ini nanti akan diselenggarakan Batch 3. Untuk itu bagi Bapak Ibu Guru yang berminat mengikuti kegiatan ini, segera siapkan diri dari sekarang, sehingga saat batch 3 sudah dibuka semuanya sudah siap. Semangat berbagi ilmu !!!

1,884 total views, 10 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar