Uncategorized
2

TED-Education, Lessons Worth Sharing (+1)

Pengelola Guraru May 17, 2013

Sudah kenal TED? Gerakan nonprofit dengan tagline “Ideas Worth Spreading” pada situsnya ini dimulai dengan sebuah konferensi yang mempertemukan para ahli dari tiga dunia: Technology, Education, dan Design pada tahun 1984. Kini, TED menjadi sebuah gerakan yang mendunia dengan konferensi tahunan dan berbagai program lainnya, mengumpulkan dan menyebarkan pemikiran dan gagasan di berbagai bidang.

TED-Ed_Final

 Salah satu program yang baru diluncurkan TED adalah TED-Ed atau TED-Education. Situs TED-Education merupakan sebuah “perpustakaan” yang menyediakan video-video dengan konten pengetahuan umum dan berbagai bidang pendidikan. Anda dapat mencari video melalui kolom search atau memilih dari kategori-kategori yang tersedia.

Ada empat hal yang dapat Anda lakukan pada tiap video, yaitu watch (menonton), think (menjawab pertanyaan seputar video), dig deeper (membaca artikel mengenai fakta yang lebih mendalam seputar video), dan discuss (mendiskusikan materi yang dibahas dalam video). Video dapat ditonton oleh setiap pengunjung situs TED, namun, untuk memilih think, dig deeper, dan discuss, Anda terlebih dahulu harus mendaftar sebagai member.

Selain ketiga pilihan di atas, tersedia juga menu flip, yaitu memberi judul dan keterangan pada video tersebut sesuai kebutuhan Anda. Hasil flip kemudian dapat digunakan sebagai media untuk mengajar. Anda juga dapat mengirimkan materi Anda sendiri dalam format teks dan audio, dan tim TED-Ed akan memasangkannya dengan video untuk kemudian dimuat dalam “perpustakaan” mereka.

Berikut adalah dua contoh video yang tersedia di situs TED-Ed: 

 

Eyes on the Stars

Video animasi mengenai kehidupan Ronald E McNair, seorang astronot Afrika-Amerika yang meninggal dunia dalam misi NASA STS-51-L saat roketnya meledak 73 detik setelah diluncurkan.

The simple story of photosynthesis and food

Video mengenai proses fotosintesis yang dibawakan oleh Amanda Ooten, seorang pendidik,  Video ini juga menjelaskan mengenai hubungan fotosintesis dengan karbohidrat dan serat yang kita konsumsi, dalam bentuk animasi yang lucu dan menyenangkan.

 

Menarik, bukan? Anda bisa mengunjungi situs TED-Ed di http://ed.ted.com dan mencobanya sendiri! 🙂

 

 

1,446 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar